Back-up Phonebook dan Data di Sony Ericsson [2]


Ads:

Mem-backup Phonebook pada SIM Card
Jika sudah terbiasa dengan tool phonebook synchronize yang dimiliki oleh Sony Ericsson, atau software third party seperti Floats Mobile Agent, maka bisa melakukan langkah ini untuk membuat back-up dari phonebook.

Langkah sederhana yang dapat dilakukan tanpa bantuan komputer adalah memindahkan semua phonebook dari memori handphone ke dalam memori SIM card. Sehingga jika proses flashing selesai dilakukan, maka phonebook ini dapat dikembalikan lagi ke dalam memori handphone, meskipun harus melakukan beberapa perubahan lagi seperti pada kategori, ringtone pribadi, image caller, dan lain-lain. Namun perlu diingat bahwa e-mail address, contact picture, contact voice dialing dan beberapa item multimedia phonebook lainnya tidak dapat disimpan ke dalam SIM card.

Untuk membuat back up ke dalam SIM card, Masuklah ke phonebook, pilih “Options”, kemudian Advanced” lalu “Copy To SIM” dan “Copy All”. Pilih “Yes” jika muncul pilihan agar semua contact disimpan ke dalam SIM Card. Sedangkan untuk mengembalikan data setelah proses flashing, gunakan langkah yang sama, namun di langkah akhir pilihlah “Copy From SIM”.


Mem-backup Phonebook pada Ms. Outlook
Langkah pilihan kedua adalah dengan membuat backup phonebook ke dalam format Microsoft Outlook. Untuk langkah ini diperlukan PC yang memiliki fasilitas/dongle Bluetooth dan software Microsoft Outlook yang sudah teristall pada PC.
Buatlah Microsoft Outlook sebagai program default untuk menyusun address book pada PC. Untuk melakukan hal ini, Masuklah ke menu Options pada Outlook, dan klik check box pada pilihan “Make Microsoft Outlook my default program for e-mail, contacts and calendar”.

Sekarang Masuklah ke menu phonebook pada handphone, pilih ”Options”, kemudian “Advanced” lalu “Send All Contacts”, pilih “Via Bluetooth”. Jika handphone telah berhasil melakukan pairing dengan komputer, kemudian pilih “Send”. Ketika proses telah selesai, lihatlah dalam Outlook bahwa semua nomor kontak pada phonebook telah tersimpan di sana.

Untuk mengembalikan data dari komputer kembali ke handphone, pastikan Bluetooth pada handphone dalam keadaan aktif. Masuklah ke address book pada Outlook, pilih semua contacts dan pilih “File”, “Send To Bluetooth” kemudian klik nama handphone dalam daftar device yang dikenali.

Mem-backup Data
Caranya mudah, cukup pasang kabel data pada handphone dan hubungkan dengan PC. Maka handphone akan dikenali sebagai “Removable Disk”, misalnya “Removable Disk (F:)”.
Sekarang gunakan Explorer Windows untuk menjelajahi isi dari file-file yang ada dalam handphone. Di sini menggunakan variabel “E” untuk mewakili nama drive dari handphone yang dikenali sebagai “Removable Disk”.

- E:\DCIM\100MSDCF - dimana file-file foto yang diambil menggunakan kamera tersimpan di dalam direktori ini
- E:\MSSEMC\Media Files\theme-theme yang tersimpan dalam handphone E\MSSEMC\Media Files\image – file image yang tersimpan dalam handphone
- E:\MSSEMC\Media Files\audio – file audio, biasanya ringtone, yang tersimpan dalam handphone.

Ketika sudah menemukan file yang akan di-Save, pilih kemudian copy, dan paste ke lokasi yang diinginkan dalam hard disk. Lebih baik jika membuat direktori dengan struktur yang sama dengan direktori aslinya seperti pada handphone. Misalnya “Phone backup\MSSEMC\Media Files\theme\.”. Dengan demikian maka akan lebih mudah untuk mengembalikan file-nya setelah proses flashing.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

1

yah,orang phonebooknya kesimpen di hp semua...!!!!!!!!

Anonymous said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.