Kamus : Handphone & Internet


Ads:

MMAPI: Singkatan dari Multi Media Application Programming Interface. Merupakan istilah dalam teknologi bahasa pemrograman Java. MMAPI memungkinkan peranti keras berbasis Java bisa menjalankan file audio dan video. Beberapa ponsel Java mulai mengadopsi MMAPI untuk mendukung fitur multimedia.

JAR: Singkatan dari Java Archive. Kat .jar (titik jar) biasanya menjadi akhiran sebuah file. Pengiriman file berbasis Java akan lebih mudah jika filenya berbentuk atau berakhiran .jar. Aplikasi, game, dan konten untuk ponsel biasanya berformat .jar, sehingga gampang dipindahkan dari dan ke ponsel.

JAD: Singkatan dari Java Application Description. Ini merupakan pasangn..jar. Setiap men-download aplikasi berbasis Java biasanya ada dua apket file: berakhiran .jar dan .jad. File .jad berisikan informasi teknis mengenai aplikasi atau program (berakhiran .jar).

Itulah sebabnya ketika ponsel men-download file dari Internet yang diklik pertama kali adalah file berakhiran .jad. Begitu file .jad itu masuk ke ponsel, ketika diklik maka ponsel langsung terhubung ke sumber file sebenarnya (berakhiran .jar). Sumber itu kemudian akan mengirimkan file .jar ke ponsel untuk diinstalasi.

Bandwidth: Kapasitas data yang dapat ditransmisikan berdasarkan ukuran waktu. Untuk peranti digital, besaran bandwidth biasanya dinyatakan dalam bit per second (bps). Sedangkan pada peranti analog besarannya dinyatakan dalam cycle per second atau Hertz (Hz).

Web: Secara harafiah bisa diartikan sebagai jaring. Di dunia Internet, web diartikan sebagai hubungan jalin menjalin yang membentuk komunitas situs Internet secara global.

Browser: Merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna komputer yang terkoneksi ke Internet menjelajahi berbagai alamat situs web. Contoh aplikasi browser antara lain Internet Explorer yang terinstalasi di komputer Windows. Beberapa browser dikembangkan secara independen, misalnya, Netscape Navigator, Opera, Mosaic, Hytelnet.

WAP: singkatan dari Wireless Application Protocol. WAP merupakan standar internasional untuk aplikasi yang menggunakan teknologi nirkabel, khususnya yang menggunakan saluran telepon seluler. WAP dimaksudkan untuk memungkinkan layanan yang setara dengan jaringan web pada PC. Selain digunakan untuk mengakses jaringan Internet, WAP juga digunakan sebagai salah satu dasar untuk MMS.

RSS: Really Simple Syndication/Rich Site Summary/RDF Site Summary. Format file yang digunakan untuk sindikasi berita suatu situs web. File dalam format RSS biasanya berisi judul, ringkasan berita dan link ke versi lengkap. Link ke file ini disebut kanal RSS (RSS feed).

Agregator RSS: aplikasi yang digunakan untuk membaca kanal RSS. Dengan menggunakan agregator RSS pengguna tidak perlu mengakses situs untuk mengetahui update berita terbaru.

ADSL: Singkatan dad asymmetric digital subscriber line, yaitu teknologi komunikasi data yang menyediakan akses kecepatan tinggi kendati menggunakan jaringan kabel telepon biasa yang berbasiskan kabel tembaga. Melalui teknologi ADSL ini, sebuah modem konvensional masih dapat difungsikan untuk megkoneksi jaringan berkecepatan tinggi tersebut.

HTML: Singkatan dari hyper text markup language, yaitu sebuah bahasa pemrograman untuk menyusun berbagai informasi, baik berbentuk teks maupun gambar, agar dapat diakses melalui web di Internet.

PTT: Singkatan dari Push-To-Talk, yaitu layanan komunikasi satu arah yang memungkinkan dua ponsel sating berbicara seperti pembicaraan pada dua pesawat walkie talkie atau handie talkie (HT).



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

1

book

Anonymous said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.