Backup Data di Sony Ericsson [3]


Ads:


Handphone sekarang ini secara teknologi keadaannya tentu sudah sangat berbeda dibandingkan empat tahun yang lalu. Dahulu, handphone merupakan sebuah alat yang sangat diandalkan untuk berkomunikasi. Kendala utama yang ditemui pada waktu itu hanyalah daya tahan baterainya dan jangkauan sinyal yang masih kurang. Namun sekarang ini, seringkali terjadi kasus matinya sebuah handphone secara mendadak. Hal ini sebenarnya bisa diakibatkan oleh penggunanya sendiri yang menggunakannya dengan sembarangan atau masalah lain yang tidak diketahui.

Untungnya, kebanyakan handphone yang rusak tersebut dapat diperbaiki dengan mengembalikan semua pengaturan sistem ke factory default. Namun, hal tersebut
biasanya akan berujung pada hilangnya semua data yang terdapat dalam handphone. Untuk mengatasi hal tersebut, lakukanlah fungsi backup pada handphone, sama seperti sebuah PDA ataupun PDAPhone.

Untuk pengguna handphone Sony Ericsson, PC Suite yang terdapat pada CD paket bawaan sebenarnya sudah lebih dari cukup. Akan tetapi, aplikasi tersebut hanya bisa disandingkan dengan Microsoft Outlook saja untuk menyimpan data-datanya. Sebaiknya, jika ingin lebih fleksibel, gunakan saja aplikasi backup lainnya yang kini banyak tersedia di pasaran. Salah satu aplikasi tersebut adalah MyPhoneExplorer.

Aplikasi ini memiliki ukuran file yang kecil, yaitu hanya sebesar 2 MB saja. Bandingkan dengan Sony Ericsson PC Suite yang memiliki ukuran file sekitar 30 MB. Salah satu keunggulan yang dimiliki aplikasi ini adalah user interface-nya yang sangat user friendly. Jadi tidak perlu mempelajari atau pun melakukan pengaturan-
pengaturan rumit di dalamnya karena semua tombol sudah memiliki icon-icon yang besar dan dengan tulisan yang jelas pula.

Pada awalnya, aplikasi ini hanya dikembangkan untuk Sony Ericsson K700 saja. Namun, karena pengembang aplikasi ini terus menerus meng-update kompatibilitasnya, handphone SE K750, W800 dan tipe java yang lebih baru juga bisa menggunakan aplikasi ini, meskipun beberapa feature-nya berbeda untuk beberapa handphone, seperti transfer file dari memory card. Namun, handphone-handphone seperti S700 dan tipe sebelumnya dapat bekerja tanpa masalah dengan aplikasi ini.

Apabila ingin menghubungkan handphone dengan aplikasi ini, pertama harus mengetahui posisi port COM terlebih dahulu, untuk digunakan oleh hardware Bluetooth komputer. Untuk mengetahui hal ini, cukup masuk ke dalam “Control Panel”, lalu pilih “Bluetooth devices”. Lakukan pairing dengan handphone lalu masuk ke layar “Properties” dari handphone yang dimaksud dan pilih tab “Services”. Pada layar tersebut Anda akan menemui beberapa port yang digunakan oleh komputer. Masukkan nilai port tersebut ke dalam window “Settings”’ pada MyPhoneExplorer.

Selain menjadi sebuah aplikasi back-up, dapat juga membuat jadwal-jadwal pada aplikasi ini untuk dikirimkan ke dalam handphone. Dengan layar “Calendar” yang informatif, dapat membuat jadwal menjadi mudah dan tertata rapi. Salah satu kekurangan aplikasi ini adalah tidak mampu menyimpan tanggal dan waktu pengiriman sms ketika disimpan ke dalam PC. Waktu dan tanggal yang tercatat adalah ketika SMS di-backup ke dalam komputer.

klik untuk download >> MyPhoneExplorer



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Backup Data di Sony Ericsson [3]”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.