Menonton Video di UIQ 2.x


Ads:

Berkat format 3GP, menonton video pada Smartphone memang sangat menghibur.
Dengan format tersebut, setiap ponsel maupun Smartphone yang sudah dilengkapi
prosesor berkemampuan menengah dapat menonton video dengan kualitas baik. Akan tetapi, kekuatan 3GP yang bersifat universal juga menjadi titik kelemahan yang fatal. Format 3GP cenderung memiliki kualitas yang rendah dari segi visual.

Tentu saja, kualitas tersebut tidak dapat ditingkatkan begitu saja, mengingat video 3gp harus dapat dimainkan pada ponsel dengan prosesor kemampuan menengah. Hal ini menjadi tidak menyenangkan apabila memiliki ponsel atau Smartphone dengan
kemampuan proses data yang tinggi. Dengan kemampuan prosesor yang tinggi, seharusnya dapat menikmati video dengan kualitas yang lebih baik pula.

Smartphone Sony Ericsson P910 contohnya. Smartphone ini memiliki prosesor kelas tinggi sehingga harusnya dapat memainkan video dengan kualitas yang lebih baik lagi. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah kualitas tersebut, terpaksa harus keluar dari format 3GP. Lalu, dengan menggunakan aplikasi converter konversi video tersebut untuk memperoleh kualitas visual yang lebih baik.

Untuk P910i, pilihan player yang mengizinkan menonton video di luar format 3GP jumlahnya sangat sedikit. Apabila mencari sebuah player video yang dapat digunakan dengan fleksibel, pilihan biasanya tertuju pada The Core Portable Media Player (TCPMP). Namun, sebenarnya ada satu konverter lagi bernama SmartMovie.

Pada kesempatan kali ini, akan menguji dua aplikasi player video untuk P910i tersebut (SmartMovie dan TCPMP) sekaligus memberikan trik-trik konversi terbaik untuk menghasilkan kualitas video yang baik. Meskipun dibanderol dengan harga US$ 26.99, Smartmovie merupakan software terbaik karena menyertakan converter
sederhana. Dibandingkan dengan aplikasi converter full-range seperti Virtualdub,
converter yang disertakan dalam Smartmovie merupakan aplikasi converter yang
sangat sederhana.

Meskipun begitu, converter ini mampu melakukan konfigurasi codec-codec yang akan digunakan. Sayangnya, resolusi yang tersedia hanya terbatas pada resolusi native P900/910 (352 x 240 pixel). Sementara itu, TCPMP dipilih karena player tersebut merupakan player paling fleksibel yang tersedia untuk P900/910. Keunggulan TCPMP yang utama terletak pada kemampuannya untuk memainkan
file video dengan berbagai ukuran (Smartmovie hanya bisa memainkan video dengan
resolusi native P900/910).

Adapun keunggulan yang tak kalah hebatnya dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk memainkan file video selain format 3gp, seperti MPEG, MPG4, MKV, AVI, dan DivX tanpa harus dikonversi. Keunggulan lainnya adalah TCPMP dapat diperoleh secara cuma-cuma.

Video tanpa konversi yang dijalankan dengan TCPMP masih terlihat adanya frame skipping. Oleh sebab itu, harus melakukan konversi dengan bantuan converter eksternal lainnya. TCPMP dapat menjalankan dengan baik file berukuran QVGA (320 x 240 pixel) berkualitas 100 kbps dengan codec DivX 5.2.1. Untuk kualitas diatas 200 kbps, video mulai terlihat patah-patah sehingga kualitas video terbaik dapat diperoleh pada rentang 100-150 kbps.

Adapun konfigurasi converter untuk TCPMP juga berlaku untuk Smartmovie, karena converter Smartmovie mengizinkan pengubahan codec.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Menonton Video di UIQ 2.x”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.