Manajemen Memory Handphone


Ads:

Bila handphone mengalami freeze(hang) saat digunakan bermain game atau menjalankan aplikasi, maka satu-satunya jalan yang bisa dilakukan mungkin dengan melakukan restart handphone. Kejadian ini, biasanya disebabkan tidak stabilnya sistem pengelolaan RAM handphone.

RAM (Random Access Memory) adalah memori internal yang digunakan oleh aplikasi atau program di handphone untuk menjalankan aktifitasnya. Beberapa aplikasi membutuhkan ruang memori besar. Diantaranya yaitu game, pemutar musik, video dan aplikasi office. Kadang-kadang kapasitas RAM yang tersedia tidak bisa mengakomodasi proses tersebut. Akibatnya, proses berhenti dan handphone hang.

Dengan beberapa aplikasi bantuan, kita bisa memantau sekaligus mengumpulkan kembali (recovery) RAM / memori yang telah terpakai sebelumnya.

Download dan Install aplikasi MemoryUp Mobile RAM Booster. Aplikasi java ini dibuat oleh MobiStudio untuk handphone Symbian S60 versi 2 dan 3.

Aplikasi ini memungkinkan pemantauan sekaligus recovery RAM yang tersebar selama jalannya beragam proses aplikasi/menu di handphone termasuk pula menata dan mengalokasikan RAM untuk masing-masing program / aplikasi yang terinstal di handphone, guna mendapatkan performa terbaik.

1. Untuk melakukan recovery RAM, pilih Option > Quick boost. Selanjutnya handphone akan menjalani proses boosting (defrag, recovering Ram), yang hasilnya akan memperlihatkan jumlah Ram yang berhasil di-recovery.

2. Agar proses boosting RAM berjalan otomatis dalam periode waktu tertentu, bisa mengaturnya di menu Setting. Caranya klik Option > Setting.

3. Di menu ini juga bisa menghapus file-file temporary yang tidak diperlukan selama proses boosting. Misalnya saja cache, dan lain-lain.

4. Untuk melihat hasil kerja aplikasi ini dalam tahapan recovery lihatlah di menu View log (option > View log).

Aplikasi lain untuk Symbian S60 adalah Psiloc Space Doubler. Aplikasi ini berfungsi untuk mengkompresi memori yang terpakai oleh aplikasi. Dan secara otomatis terdekompresi bila menjalankannya. Jadi, terorganisir hingga mampu mencegah freeze (hang).

Aplikasi ini mampu menghemat memori handphone, yang selanjutnya bisa pula memangkas RAM yang terpakai. Tak sekedar mengkompres aplikasi, Space Doubler bisa pula digunakan untuk memampatkan file-file pesan (message) dan kontak.

1. Download dan jalankan aplikasi ini, kemudian akan terlihat daftar aplikasi yang terinstal di handphone pilih aplikasi yang akan dikompres, pilih option > pack.

2. Agar aksi kompresi / dekompresi berjalan otomatis, diperlukan melakukan pengaturan, pilih options > setting.

3. Pada pilihan ‘auto compress’ pilihlah ‘new applications’ yang akan mengkompresi aplikasi-aplikasi yang baru terinstal. Selain itu, aplikasi ini bisa pula membantu kinerja handphone dalam hal mengoptimalkan proses multitasking ataupun kecepatan (speed) dalam menjalankan aplikasi.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Manajemen Memory Handphone”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.