Menggunakan template di Nokia s60


Ads:

Banyaknya dari pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang. Misalnya ketika menjawab pesan singkat secara formal, biasanya memanfaatkan template yang tersedia pada pesan singkat. Template merupakan sarana dimana dapat meletakkan rangkaian kata atau kalimat yang memungkinkan untuk mengkopinya saat dibutuhkan.

Sayangnya template yang biasanya sudah disediakan handphone lebih diperuntukkan untuk mengirim SMS, dan tidak dapat dipindahkan ke aplikasi pengolah kata lain di handphone, semisal notes atau aplikasi sejenis. Adalah 'Multiclipboard' yang memungkinkan untuk memanfaatkan template di banyak aplikasi. Aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan SMS, to do list atau pengolah kata lainnya yang tersedia di handphone.



Multiclipboard dijalankan dengan memanfaatkan tombol kunci tertentu. Jadi ketika hendak mengirim SMS berisi kata yang sama, bisa memanfaatkan Multiclipboard. Cara menjalankannya :

1. Download dan install aplikasinya, lalu buka menu > pilih multiclipboard > open

2. Aktifkan ‘multiclipboard’ dengan menekan ‘turn on’

3. Untuk membuat template baru, buka options > Template > New > ketikan kata, nomor telepon atau kalimat yang ingin dijadikan template.

4. Untuk merubah tombol kunci buka options > set hotkeys > select > tekan tengah joystick pada posisi ’Call hotkey’.

5. Untuk merubah template yang telah dibuat, buka option > template > pilihan template > edit > rubah kata atau kalimat tersebut.

6. Untuk menjalankannya pada aplikasi pesan singkat, buka menu > , pilih messaging > options > open > new messaging > text message >tekan ‘pen + 0’ (ini merupakan tombol kunci default aplikasinya).

7. Untuk menjalankannya pada to-do note kurang lebih sama dengan pada pesan singkat yaitu buka aplikasinya dan jalankan tombol kunci

8. Aplikasi ini dapat ditutup kapan saja. Ketika diaktifkan dan kemudian aplikasi ini berjalan di belakang layar, maka 'multiclipboard' akan tetap berjalan. Untuk menghentikan programnya maka diharuskan menon-aktifkan sebelum keluar dari aplikasi.

Multiclipboard merupakan aplikasi penghemat waktu yang memungkinkan langsung mendefinisikan sejumlah nomor, kalimat pesan atau catatan di notes layaknya melakukan copy-paste tanpa perlu untuk mengetikkan berulang-ulang. Jadi aplikasi ini dapat dijalankan pada semua aplikasi yang terinstal pada handphone sepanjang aplikasi tersebut menyediakan tempat untuk tulisan.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Menggunakan template di Nokia s60”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.