Membandingkan UIQ 3.x dengan 2.x


Ads:

VERSUS

Perbedaan utama dan terbesar antara UIQ 3.x dan 2.x terletak pada tampilan awalnya. Sebelumnya, UIQ 2.x memiliki tampilan yang sangat sederhana, hanya menampilkan sebuah tampilan dengan tombol virtual dan beberapa baris data saja, pada bagian fungsi teleponnya. Namun pada UIQ 3.x, kini muncul sebuah shortcut layar penuh informasi yang diberi nama Today!.

Terkandung didalamnya adalah shortcut dan informasi singkat mengenai pesan yang masuk, panggilan yang tak terjawab, kejadian pada kalender dan hal-hal yang harus dilakukan. Perbedaan ini cukup besar karena tidak perlu lagi masuk ke dalam menu dan sub menu untuk mengetahui sesuatu.

Hal ini sebenarnya merupakan jiplakan langsung dari fungsi Today pada Windows Mobile. Akan tetapi, tidak seperti layar Today, Today! memiliki fungsi langsung untuk dinonaktifkan, sehingga layar utama ponsel tidak selalu dipenuhi dengan informasi.

Dari segi penggunaan, UIQ 3.x berusaha untuk menawarkan penggunanya sebuah interface baru yang tidak memerlukan penggunaan layar sentuh untuk navigasinya. Sebelumnya, layar aplikasi utama dari UIQ 2.x hanyalah sebuah menu singkat yang di bagian atasnya dihiasi shortcut ke aplikasi tertentu yang dapat diubah.

Layar utama UIQ 3.x kini tidak hanya dilengkapi dengan feature Today! namun juga dilengkapi dengan shortcut menuju aplikasi yang dapat diubah. Sebelumnya, shortcut aplikasi ini hanya dapat dipilih dengan bantuan layar sentuh, namun pada UIQ 3.x dapat memilih shortcut aplikasi-aplikasi tersebut dengan bantuan jog-dial saja.

Pada layar utama ini, penggunaan jogdial 3 arah (sebelumnya 5 arah) tidak menjadi suatu masalah seperti yang dikhawatirkan banyak pengguna P900/910.

Memang jog-dial 3 arah membatasi gerakan menjadi atas bawah saja, tapi dengan UIQ 3.x, tampilan menu yang tersusun rapi menjadikan jog-dial 3 arah sebuah alat navigasi yang tepat guna.

Layar Today! ini menjadi pusat informasi dari hampir semua fungsi yang dimiliki oleh UIQ 3.x. Pemberian feature ini tampaknya sebuah hal yang cukup lumrah karena aplikasi pihak ketiga yang banyak dibeli untuk UIQ 2.x sebelumnya adalah Handy Day. Aplikasi tersebut memiliki fungsi untuk menampilkan informasi seperti layaknya layar Today pada Windows Mobile.

Namun dengan Today! sudah memiliki sebuah fungsi yang sebelumnya hanya tersedia dari pengembang software pihak ketiga. Pesan singkat dan e-mail Perubahan signifikan juga terjadi pada bagian pesan singkat dan e-mail. Sebelumnya, hanya diberi tampilan singkat mengenai pesan singkat dan e-mail yang masuk, kemudian harus masuk ke dalam menu pesan yang bersangkutan (email, SMS, atau MMS) dan melihat pesan apa yang masuk.

Message
Pada UIQ 3.x, menu pesan sudah diminimalisir sehingga lebih nyaman digunakan. Semua pesan, baik MMS, SMS, atau file yang diterima akan masuk ke dalam folder inbox. Sayangnya, meskipun menjadi lebih mudah dilihat (dengan ukuran teks yang jelas), beberapa pengguna UIQ 2.x pasti tidak akan menyukai pencampuran pesan yang masuk, karena membuat harus menyortirsecara manual pesan-pesan tersebut.

Salah satu kekurangan yang tidak dijawab oleh UIQ 3.x adalah tidak adanya kemampuan “filter” pesan. Dengan konsep filter ini, pesan yang masuk secara otomatis dipindahkan ke dalam folder yang telah ditetapkan sebelumnya. Tampaknya, feature ini sengaja ditinggalkan UIQ untuk memberikan kesempatan pada pengembang aplikasi pihak ketiga untuk menjawab kebutuhan tersebut.

UIQ 3.x memberikan salah satu feature terpenting dalam konsep memasukkan data berupa teks. Sebelumnya, hanya beberapa device yang mendukung konsep “predictive text input”, yaitu kemampuan smart phone yang menggunakan UIQ untuk memprediksi kata-kata berikut yang akan ditulis oleh penggunanya.

Predictive text input pada UIQ 3.x, (minimal pada M600i) sebenarnya adalah konsep prediksi kata-kata yang memakai perbendaharaan kata dari bahasa yang dipilih oleh sistem. Akan tetapi, perbendaharaan kata tersebut akan ditambahkan secara otomatis oleh UIQ 3.x sehingga tidak perlu khawatir mengaturnya secara manual.

Bahkan, seiring dengan upgrade firmware yang tersedia, fungsi predictive text input ini semakin cepat memilih kata yang sering digunakan. Salah satu kekurangan pada fungsi pesan dan email ini adalah backup secara offline tidak dapat dilakukan, seperti halnya fungsi kalender dan contacts.

Padahal pesan singkat dan email sekarang ini merupakan sebuah keperluan yang mendasar dan tak terelakkan. Mungkin UIQ sekali lagi menginginkan pengembang software pihak ketiga untuk secara aktif berpartisipasi dalam mengembangkan platform UIQ 3.x. Oleh karena itu, beberapa feature terkesan sengaja tidak diikutsertakan.

Next... Bagian Kedua



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

2 comments to “Membandingkan UIQ 3.x dengan 2.x”

mas w950i bisa nginstal .sis g????? bwat game-game yang .sis bs g????(the sims2,dll)....kaya d nokia s60 3rd edition....plzzzz blsss

Felix said...
on 

Bisa, tetapi yang khusus untuk UIQ3

Medoho said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.