Berbagai cara menggunakan Kartu Memori di PC


Ads:

Mengakses Kartu Memori
Untuk mengakses kartu memori ponsel dari PC, perlu cara yang berbeda-beda. Ini karena slot koneksi masing-masing tipe ponsel juga berbeda-beda. Berikut adalah beberapa media koneksi yang biasa digunakan :
- Kabel DKU-2
Ponsel-ponsel Nokia yang memiliki slot memori eksternal dan didukung koneksi POP-port, biasanya menggunakan kabel DKU-2 sebagai sarana penghubung ke PC. Fungsi kabel ini tidak hanya untuk membaca memori, tapi bisa juga untuk sinkronisasi, mengaktifkan fungsi modem, mendownload konten dan lain-lain.
Penggunaan kabel DKU-2 pada ponsel tertentu seperti Nokia E51 tidak memerlukan driver. Jadi ketika ponsel dihubungkan dengan PC (Windows XP), PC langsung mengenalinya sebagai removable disk (drive baru). Sedangkan pada tipe lain seperti E90, PC tetap memerlukan driver, yang sudah disertakan ketika Anda menginstal software PC suite-nya.

- Mini USB
Kabel jenis ini banyak digunakan pada kamera digital, hard disk eksternal, memory card reader, dan lain sebagainya. Ponsel-ponsel yang menggunakan kabel ini diantaranya N-Gage, Siemens SX1, Motorola E398 dan beberapa tipe Motorola lainnya.
Kabel mini USB mudah didapat. Anda bisa membelinya di took-toko perlengkap komputer. Penggunaannya pun terbilang mudah. Tinggal tancap ke port USB PC, ponsel Anda langsung terbaca sebagai drive tambahan (pada WinXP)

- Memori Card Reader
Perangkat lainnya yang juga mudah digunakan adalah memory card reader. Harganya pun murah, bervariasi mulai 25ribuan. Selain itu, card reader bisa digunakan hingga 8 tipe memori atau lebih (all in one).

Cara Aman Mencabut Kartu Memori dari Card Reader
Mencabut kartu memori dari memory card reader tidak boleh sembarangan. Gunakan cara aman yakni dengan menggunakan menu ‘Safety remove hardware’ (pada WinXP). Caranya, klik ikon ‘Safety remove hardware’ yang terdapat pada kanan bawah layar monitor Anda. Setelah muncul jendela baru, klik tombol ‘Stop’ hingga muncul informasi ‘Safety remove hardware’, baru Anda boleh mencabutnya.

Mengamankan Kartu Memori
Di ponsel-ponsel Symbian seri 60, tersedia menu untuk mengaktifkan password kartu MMC. Gunanya agar isi dari kartu tersebut tidak bisa dibuka sembarang orang. Aktivasi password ini terdapat pada menu ‘option’ di ‘Extra’ > ‘Memory’. Perlu diperhatikan, Anda harus benar-benar mengingat password. Jika lupa, Anda akan kesulitan mengakses MMC.
Nah, jika terlanjur lupa, ada cara mudah untuk menampilkan password Anda, yakni menggunakan aplikasi file manager Fexplorer. Caranya, masuk ke drive C:/system dan buka file ‘mmcstore’, akan terlihat password Anda.

Memformat Kartu Memori
Pada awal pemakaiannya, setiap kartu memori baru wajib diformat. Tujuannya agar bisa berfungsi sesuai dengan sistem storage (penyimpanan) data perangkat yang digunakan. Cara yang paling baik untuk memformat kartu memori adalah langsung dari ponsel.
Untuk memformat kartu memori melalui ponsel Symbian seri 60 dapat dilakukan melalui menu ‘Exstras’ > ‘memory’. Setelah memori terbaca, klik ‘Option’ dan pilih ‘format mem. Card’.
Untuk ponsel-ponsel Symbian UIQ, dapat melalui menu ‘control panel’ dan cari menu ‘format disk’. Kemudian Anda diharuskan memilih drive memori yang akan di format. Biasanya kartu memori berada di drive ‘D’.


Related Post:
Tips Menghapus Permanen File di MMC
Tips Mudah Membuka Handphone Terkunci
Cara Membuka MMC terkunci
Manajemen Memory Handphone
Mengenal Jenis-Jenis Kartu Memori



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

1

Apakah setiap merk HP bisa di isi memori yang lebih besar dari sebelumnya?
thx

Spare Part HP said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.