Cara Menginstal Aplikasi & Games di BlackBerry


Ads:

Jika ponsel Java dianggap sebagai ponsel dengan tingkat kerumitan yang paling rendah karena kita bisa dengan mudah menginstal aplikasi, maka BlackBerry pun bisa dibilang setara, namun dengan beberapa mekanisme unik.

Pada dasarnya aplikasi-aplikasi BlackBerry merupakan aplikasi berbasis Java. Hanya saja format yang biasa didapatkan dari penyedia aplikasi terbatas pada beberapa format. Saat mendownload aplikasi BlackBerry, akan menemukan tiga format aplikasi seperti berikut ini.
- *.alx
- *.cod
- *.jad

Khusus untuk format *.jad, biasanya hadir bersama format *.cod. Ketiga format file tersebut bisa diinstal melalui beragam cara.

Instalasi Aplikasi Berformat *.alx via PC
Ketika Anda mendownload file aplikasi via PC, maka sebagian besar memiliki format *.alx. Cara menginstalnya pun dapat dilakukan langsung di PC. lni merupakan cara paling mudah dan standar.

- Pastikan di PC anda sudah terinstal BlackBerry Desktop Manager (DM). Jika belum Anda bisa menginstalnya terlebih dahulu. Instaler DM ada di CD/ DVD bawaan BlackBerry. Atau jika hilang, Anda bisa mendownLoadnya di http://na.blackberry.com/eng/services/desktop/.


  • Hubungkan BlackBerry Anda dengan PC. Lalu buka DM. Tunggu hingga ponsel Anda terbaca.
  • Pilih Application Loader.
  • Klik Start di Add/remove Applications. Tunggu sebentar saat sistem mencoba mendokumentasi semua aplikasi yang ada di ponsel.
  • Klik Browse untuk menambahkan aplikasi (format alx). Cari di folder dimana Anda menyimpannya > klik Open.
    Periksa daftar aplikasi tadi dan pastikan aplikasi yang dimasukkan tadi sudah berada di dalamnya. Pastikan untuk mencentang kotak kecil yang ada di samping kirinya. Lalu ada tulisan Install di kolom Action. Klik Next.
  • Akan muncul jendela Summary, lalu klik FINISH. Sistem akan melakukan pekerjaan yang ada dalam summary tersebut. Selesai.


Instalasi file Jad via Ponsel BlackBerry
Jika Anda menemukan sebuah file hasil download yang berformat jad, maka cara paling mudah untuk menginstalnya adalah langsung via perangkat BlackBerry Anda.

Jika file jad hasil download diikuti oleh file-file lain berformat cod, letakkan dalam satu folder, beri nama sesuai dengan nama aplikasinya. Kirim folder tersebut ke MicroSD. Lalu pasang MicroSD ke BlackBerry. Caranya bisa dengan menghubungkan via card reader atau langsung merubah profil USB untuk mengakses data MicroSD (mass storage).

  • Di BlackBerry Anda, masuk ke menu Media > klik tombol BlackBerry > pilih Explore
  • Temukan folder aplikasi tadi, dan cari file jad-nya.
  • Klik file jad tadi, dan akan muncul halaman download OTA. Klik Download. Tunggu hingga muncul notifikasi bahwa aplikasi telah terinstal.
  • Jika dalam folder sudah ada file cod, maka sebenarnya Anda tidak mendownload aplikasi, namun hanya menginstalnya via MicroSD.


Instalasi Aplikasi via OTA
Cara ini merupakan cara paling mudah karena tidak mengharuskan Anda berhubungan dengan PC. Cukup cari aplikasi terpercaya melalui browser BlackBerry lalu klik download, maka selanjutnya akan dibawa ke sebuah mekanisme download dan install OTA.

Beruntung, portal khusus untuk mendownload aplikasi-aplikasi terpercaya langsung dari BlackBerry pun sudah bisa digunakan oleh semua pengguna BlackBerry, yakni BlackBerry App World. Anda bisa menginstal aplikasi ini dengan mengetik http://www.blackberry.com/appworld di browser ponsel anda. Beberapa aplikasi gratisan bisa Anda dapatkan dari portal ini.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Cara Menginstal Aplikasi & Games di BlackBerry”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.