Memperbaiki Kartu Memori yang Corrupt


Ads:

Kartu memori tergolong barang yang mudah rusak. Banyak faktor penyebabnya. Panas yang berlebih, pengaruh medan magnet yang kuat, kerusakan fisik karena kesalahan waktu mencabut atau memasukkannya ke slot memori, adalah diantaranya. Kerusakan kartu memori juga bisa disebabkan karena sering dipindah-pindahkan ke perangkat lain. Misal, kartu MMC ponsel Anda juga sering dipasangkan pada kamera digital. Kerusakan pada kartu memori diistilahkan memori corrupt. Kerusakan ini terjadi karena rusaknya sistem file (bukan kerusakan fisik) ciri-cirinya, memorinya tidak terdeteksi, atau terdeteksi tetapi tidak bisa dibuka.

Menggunakan card reader yang terhubung ke PC. Caranya, Format Lewat menu Windows Explorer.
1. Cabut kartu memori dari ponsel, masukkan ke memori card reader. Perhatikan : jangan sembarangan mencabut memori dari ponsel. Khususnya pada ponsel dengan slot memori hotswap seperti pada N70, gunakan menu “Remove Memory” untuk mencabut memori ketika ponsel aktif. Untuk ponsel tanpa menu “Remove Memory”, sebaiknya nonaktifkan ponsel terlebih dahulu.
2. Cari drive kartu memori (lihat di menu Windows Eksploler), misalnya pada drive (D,E,F,G,H atau lainnya). Jika memori sudah terbaca, klik tombol kanan mouse, dan pilih menu ‘Format’. Selanjutnya muncul pilihan jenis format (FAT, FAT32 dan NTSC), pastikan Anda memilih sistim format file FAT.
3. Klik tombol ‘Format Now’ dan tunggu hingga selesai. Jika muncul pesan ‘error’ kemudian PC tidak bisa memformat lagi, gunakan cara lain yakni format lewat menu Command link.

Format lewat Command line
1. Di PC, klik ‘start’ > Run, dan ketik CMD. Jendela Command akan terlihat pada mode DOS prompt.
2. Selanjutnya ketik FORMAT h: / FS:FAT (h=drive letak kartu memori, jika kartu memori terletak di drive g, maka tulis g)
3. Tunggu hingga selesai. Jika masih muncul masalah pada kartu memori, silahkan gunakan memory card reader lain. Tetapi jika memang sudah tidak bisa dipulihkan kembali, terpaksa kartu memori tersebut harus ditukar dengan penjualnya, jika masih bergaransi.

Format dengan Software
Selain dengan cara diatas, format kartu yang bermasalah bisa juga dilakukan dengan menggunakan software khusus. Misalnya untuk kartu MMC tersedia software MMCmedic.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

4 comments to “Memperbaiki Kartu Memori yang Corrupt”

Mas saya mw tanya. Kartu memori saya rusak, terus saya coba cara yg mas berikan. Kartu memorinya udah normal tapi kalau di isi file lagi, rusak lagi. Kalau kartu di buka di pc, ada file2 banyak yg huruf namanya tidak jelas dan berukuran besar. Saya coba hapus tidak bisa, saya scan pakai macam2 antivirus jg gak bisa. Gimana mas ya? Duw4n@yahoo.Com

Duan said...
on 

memory saya d format tmn tp malah rusak bs d benerin gug

ndyrush said...
on 

Mas klo memory saya walaupun kartu memorynya di lepas v tetep dlm hp masih ada tulisan memory corupted padahal kartu memorynya sudah di cabut

dedy said...
on 

Terimakasih sob. kartu memori gue udah bener lagi

aLwes said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.