iPod Nano 16 GB


Ads:

Kita sudah mengenal pemutar musik portable buatan Apple yang disebut iPod. Bisa jadi Anda sudah memilikinya saat ini. Namun Apple sebagai produsen selalu dinamis, meluncurkan setiap produk lamanya dengan disain dan tambahan fitur yang menarik. Salon satunya pada iPod I Nano versi baru 16 GB kali ini.
Dari sisi ukuran, iPod Nano baru, memang mengalami reduksi. Namun soal kemampuan tak perlu Anda ragukan. Berikut adalah tes singkat yang dilakukan PULSA terhadap salah satu variannya, yang dilengkapi dengan flash memori sebesar 16 GB.

User Interface
iPod Nano 16GB ini tetap menampilkan bentuk batangan dengan desain empat persegi panjang seperti para pendahulunya. Hanya saja, bentuk empat persegi panjang ini memiliki lengkungan layaknya sayap pesawat. Dengan ukuran dimensi 38,7 x 90,7 x 6,2 mm serta berat 36,4 gr, gadget ini masih tergolong kecil dan ringan. Lapisan tubuh gadget ini terbuat dari bahan aluminium yang mengkilap (glossy).


Dengan layar TFT 2,2 inchi (diagonal), gadget ini memiliki resolusi 240 x 376 piksel. Jadi lumayan besar untuk menampilkan video. Yang membedakan iPod Nano ini dari produk sebelumnya adalah ditambahkannya video kamera. Video kamera yang ditambahkan yaitu H.264 VGA video, dengan resolusi 640 x 480 piksel, dengan kemampuan perekaman hingga 30 fps dengan dukungan AAC audio. Video berformat MP4 hasil rekaman pun lumayan bagus. Tidak ditemui gambar yang terputus atau patah-patah. Demikian pula dengan audio yang menyertainya.


Untuk menjalankan menu, seperti para pendahulunya, tetap menggunakan `click wheel' (roda klik) untuk berpindah dari satu menu ke menu lainnya. Tersedia lima tombol utama yang terdiri dari tombol menu/back, play/pause, forward dan backward serta satu tombol 'Ok' yang berada di tengahnya. iPod Nano ini didesain dengan pilihan sembilan warna ceria, yakni ungu, biru, hijau, oranye, kuning, merah, merah muda, perak, dan hitam.

Multimedia
Fitur utama yang tersedia pada iPod Nano ini tentu saja pemutar musik. Berbeda dengan MP3 player yang umumnya langsung melakukan `drag and drop' untuk menambahkan daftar lagu ketika terkoneksi pada PC/komputer, iPod Nano membutuhkan sinkronisasi antara player ini dengan komputer melalui aplikasi iTunes. Jadi, mau tidak mau, Anda harus memiliki aplikasi iTunes yang harus diinstal pada PC.

Tampilan player musik gadget ini tergolong kurang atraktif dan kaku. Tidak tersedia 'visualisasi spektrum analizer', pengaturan skin atau pengaturan lainnya bila kita bosan dengan tampilan tersebut. Namun, gadget ini masih menyediakan 'bar progress' ketika sebuah lagu sedang berjalan. Selain itu tersedia fitur Genius Mixes, yang mampu membuat 12 campuran lagu otomatis dari koleksi iTunes.

Untuk kualitas audio, gadget ini tidak perlu diragukan. Alunan musik terdengar nyata antara bass, treble dan tone. Sayangnya earphone yang tersedia pada paket pembelian tidak berubah, masih seperti pendahulunya yang hanya menyediakan pilihan warna putih.

Sinkronisasi antara iPod Nano dan PC lewat iTunes tidak hanya digunakan untuk menambahkan file musik, tetapi juga image/photo serta podcast. Inilah yang menjadi ciri khas iPod. Gadget ini menyediakan juga radio FM sebagai sarana hiburan tainnya. Dengan tampilan mirip radio mobil analog, mencari gelombang demikian mudah. Berbeda dengan radio FM gadget lain yang rata-rata menggunakan RDS (radio data system), iPod menyediakan fitur favorite pada radio FM dengan sinkronisasi iTunes tentunya.

Konektivitas
Apple mendisain iPod hanya bisa bekerja dengan aplikasi iTunes, yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan sinkronisasi antara PC/komputer dan iPod. Kelebihannya terletak pada kemampuan iTunes yang secara langsung dapat menyelaraskaniPod dengan koleksi lagu, gambar, RSS atau dengan seluruh koleksi yang dimiliki penggunanya pada saat iPod tersebut tersambung ke komputer via USB 2.0. iPod Nano menyediakan fitur tambahan seperti alarm, kalendar, jam, daftar kontak, fitness, game, notes, stopwatch dan memo suara.

Aplikasi dan Instalasi
Seperti yang sudah dijelaskan. Gadget ini sudah memiliki akselerometer. Makanya tidak heran bila aplikasi 'spedometer' dapat dijalankan. Gadget ini menyediakan 3 buah game. Salah satunya adalah 'maze' yang dapat dijalankan secara atraktif karena merupakan 'motion game'. Selain itu, masih tersedia aplikasi memo suara yang merupakan aplikasi 'voice recording' dengan tampitan cukup menarik karena dapat menampilkan besaran desibel suara yang keluar.

Hardware
Meskipun tidak tersedia keterangan berapa mAh baterai yang digunakan, baterai gadget ini tetap mampu mampu memutar musik sampai 24 jam atau memutar video selama lima jam dengan sekali isi sampai penuh. Jadi, bila memori 16GB diisi penuh lagu dan koleksi lainnya, Anda tidak perlu khawatir akan kemampuan baterainya. Untuk memperjelas suara yang keluar dari musik atau rekaman video, iPod generasi terbaru ini dilengkapi dengan speaker dan mikrofon internal.

Gadget ini tampil sedikit berbeda dari pendahulunya dengan beberapa kelebihan. Mulai dari tampilan glossy menawan, memori internal 16 GB, kemampuan akseterometer hingga video kamera. Meskipun harga yang relatif mahal, namun gadget ini memang bukan barang murahan dengan kualitas rendah.




Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

1

Lapisan tubuh gadget iPod nano ini terbuat dari bahan aluminium yang mengkilap (glossy) sehingga ringan namun terlihat berkelas dan gagah.

pintu kusen aluminium said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.