Tips Membeli Ponsel Smartphone


Ads:

Saat ini harga jual Smartphone memang sudah cukup bersahabat. Ini mungkin karena gempuran produk-produk smartphone dari berbagai vendor dan Blackberry. Nah sebelum menentukan Smartphone mana yang akan Anda beli, silahkan perhatikan hal-hal berikut:

Platform
Ada beberapa platform atau sistem operasi yang digunakan di perangkat Smartphone. Masing-masing adalah Windows Mobile, PalmOS, Linux, dan Symbian. Saat ini Sistem operasi Linux di Smartphone seperti 'nyaris tak terdengar'. Keberadaannya kalah pamor dibanding Windows Mobile dan Symbian.

Dukungan Aplikasi
Smartphone berbasis Windows dan Symbian memiliki lebih banyak dukungan aplikasi dibanding OS lainnya. Selain itu, biasanya, produk-produk ini juga telah dibundel dengan aplikasi sinkronisasi dan office suite. Meski hampir semua Smartphone terkini telah memiliki fasilitas sinkronisasi dengan PC, namun Smartphone Windows lebih mudah disinkronisasikan dengan desktop PC karena memilik platform yang sama. Fitur lain yang juga patut diperhitungkan adalah faktor Java Environment. Dengan adanya Java, Smartphone Anda bisa juga diinstal aplikasi berbasis Java.

CPU
Sama seperti halnya komputer, Smartphone memiliki prosesor yang bertugas memproses data yang masuk dan mengeksekusinya. Saat ini setidaknya ada 3 nama CPU yang kerap dipakai oleh Smartphone, yaitu ARM, Xscale, dan Samsung. Ketiganya sama baiknya, namun yang perlu diamati saat membeli Smartphone adalah kecepatan prosesornya. Kecepatan prosesor biasanya dicantumkan dalam satuan MegaHertz (MHz). Secara teori, makin tinggi kecepatan prosesor, maka cepat kinerjanya. Tapi pertu diingat, makin cepat prosesor, harganya pun semakin mahal.

RAM (Random-Access Memory)
RAM adalah memori di dalam smartphone yang digunakan sebagai tempat 'loading' aplikasi atau program, sekaligus mengeksekusi tugasnya. RAM ibarat pipa ledeng tempat mengalirkan air dari kolam utama. Makin besar RAM, maka makin cepat air mengalir.

Memori
Yang dimaksud memori adalah tempat penyimpanan data. Mirip hardisk atau disket pada komputer Anda. Bagi Anda yang suka menyimpan musik MP3 atau gemar menginstal aplikasi, harus memperhitungkan besaran memori yang akan digunakan, termasuk menyisihkan sebagian dana Anda untuk membeli memori eksternal.
Ada dua jenis memori, yaitu memori internal dan eksternal. Memori internal adalah memori yang tertanam dalam Smartphone Anda dan kapasitasnya tidak dapat berubah (dalam besaran Mb, sama seperti RAM). Sedangkan yang dimaksud memori eksternal adalah memori dalam bentuk keping fisik yang dapat dipasangkan ke Smartphone melalui slot memori.

Konektivitas
Konektivitas termasuk fungsi penunjang penting sebuah Smartphone. Dengan koneksi yang memadai, data yang kita buat di Smartphone (misalnya dokumen, excel, image hasil kamera ponsel) dapat dipindahkan dan diedit melalui komputer atau perangkat Smartphone lain.
Perangkat koneksi paling konvensioanal adalah kabel data, diikuti dengan inframerah dan Bluetooth. Perangkat paling mutakhir yang disajikan dalam Smartphone adalah Wi-FI.
Jika kebutuhan Smartphone Anda hanya sebagai sebuah organizer, maka fungsi WiFi tak perlu Anda masukkan sebagai bahan pertimbangan. Namun jika Anda sering melakukan perjalanan jauh dan sangat tergantung dengan layanan internet, maka fitur Wi-Fi menjadi faktor penting yang harus Anda perhitungkan dalam membeli Smartphone.

Baterai
Smartphone memerlukan sumber daya yang cukup besar. Ada Smartphone yang harus selalu dicharge tiap harinya. Ada juga yang bisa bertahan sampai 2 hari. Kapasitas baterai dinyatakan dalam mAh (miliamperehour), misalnya 800mAh, 1200mAh dan sebagainya.

Input
Anda menginginkan Smartphone berlayar sentuh, berkeyboard QWERTY, atau cukup puas dengan Smartphone berjoystik saja?
Saat ini ada banyak pilihan input yang dimiliki oleh Smartphone. Anda bisa menggunakan layar sentuh, keyboard QWERTY, dan joystik navigator seperti yang dimiliki Nokia Communicator. Ada pula flip keyboard.

Layar
Berapa besar layar yang Anda butuhkan? 160 x 160 piksel, 240 x 320 piksel, atau 320 x 480 piksel. Layar lega sangat cocok buat Anda yang mementingkan fitur multimedia dan office seperti pemutar film, video, word, spreadsheet atau sejenisnya Jika hanya fungsi organizer yang dibutuhkan, pilihlah layar berukuran sedang. Layar kecil kurang direkomendasikan, karena kurang mendukung fungsi Smartphone itu sendiri

Fitur penunjang
Kamera, radio, GPS merupakan faktor penunjang yang sifatnya tidak wajib dimiliki. Jika Anda memiliki dana lebih, tentu bisa membeli Smartphone dengan semua kelengkapan tersebut. Akan tetapi jika isi dompet terbatas, fitur-fitur sejenis ini lebih baik tidak dimasukkan sebagai faktor penentu.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

1

I can feel that you have put in hard efforts. Good job!!

answering service said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.