Nokia C5


Ads:

Disain simple dengan penggunaan sistem operasi Symbian seri S60 didalamnya akan menjadi daya tarik bagi pengguna ponsel. Meski popularitasnya tak segemerlap ponsel-ponsel QWERTY yang beredar saat ini.
Ponsel ini mempunyai harga yang cukup terjangkau dengan dukungan fitur multimedia yang lengkap dan koneksi yang maksimal. Seri `C' merupakan ponsel Nokia bersistem operasi Symbian yang ditujukan ke segmen harga yang lebih kompetitif .

Nokia C5 menggunakan desain candybar, mirip dengan ponsel seri Nokia 6303i. Bedanya, Nokia C5 mengandalkan dimensi lebih ramping dan panjang. Nokia juga meniadakan sudut tajam dengan sentuhan yang lebih membulat. Material logam mendominasi seluruh bagian depan dari ponsel.
Tombol-tombol menggunakan material plastik. Di bawah layar, Nokia memasang tombol navigasi dan beberapa tombol untuk keperluan pengguna mulai dari softkey, call, end hingga tombol home. keypadnya bermateri plastik padat namun cukup nyaman saat dipakai mengetik.



Untuk menunjang tampilannya C5 menggunakan User interface Symbian S60 3rd edition FP2. Menu ikon khas Symbian dapat ditemukan di sini. Selain support homescreen, shortcut dan theme dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan.
Homescreen memunculkan notifikasikan email, pesan dan panggilan melalui layar 2,2 inci pada layar TFT 16 juta warna, 240x320 piksel, tampilan layar terasa halus dan cerah.


Nokia memasok kamera berkekuatan 3.15 MP yang dilengkapi dengan lampu LED flash. Dengan kekuatan ini maka ponsel ini mampu menghasilkan foto dengan ukuran maksimal 1536 x 2058 piksel.
Untuk membantu kualitas hasil foto, C5 memiliki pengaturan kamera seperti: Night mode, Selftimer, White Balance, efek dan yang lainnya. Sayang C5 melupakan tombol shutter kamera khusus, untuk memudahkan pengguna dalam mengakses fitur ini.

Dengan pengaturan yang ada hasil foto terbilang memuaskan. Selain memiliki respon cepat terhadap object, hasilnya juga nampak tajam dan jernih meski tidak dilengkapi dengan autofokus. Sedangkan dalam kondisi indoor, lampu LED flash-nya mampu memaksimalkan pencahayaan sehingga hasilnya tetap tajam meski masih dihiasi sedikit noise.
Selain kamera utama, C5 juga menempatkan kamera sekunder berkemampuan VGA yang juga bisa dipakai untuk mengambil gambar dan melakukan video call. Bagusnya lagi kedua kamera ini bisa dipakai merekam video hingga ukuran VGA @15 fps.

Selain kamera, C5 juga memiliki fitur multimedia lainnya seperti musik player dan video. Pemutar musik dan videonya tampil maksimal dengan interface serta pengaturan seperti ponsel highend Nokia. Di dalam musik playernya sudah dilengkapi dengan pengaturan suara/equalizer.

Dukungan built in loudspeaker di bagian belakang menghasilkan output suara cukup tajam dan jernih meski tak terlalu nyaring. Pengguna juga dapat menggunakan headset yang ada dalam paket penjualan. Bass dan treble lebih terasa.
Port audio 3,5 mm memudahkan pengguna untuk menghubungkan ponsel ini dengan perangkat audio lainnya.

Selain musik dan video player pengguna juga disuguhkan dengan fitur radio FM yang sudah mendukung RDS. Cukup menghubungkan headset sebagai antena pengguna dapat menikmati siaran radio dengan baik.


Koneksi Nokia C5 dilengkapi dengan jalur 3G yang ditunjang HSDPA dan HSUPA untuk akses internet. Pengguna jadi lebih mudah dalam mengakses internet via browser yang sudah mendukung HTML dan XHTML.
Untuk transfer data, ponsel ini menyediakan banyak sarana menarik mulai dari ketersediaan Bluetooth yang sudah dilengkapi dengan profile A2DP dan port microUSB sehingga pengguna dapat melakukan sinkronisasi data via PC suite dan Ovi Sync. GPS reciever pada ponsel ini dilengkapi dengan OVImaps.

Aplikasi khas Nokia mulai dari Ovi Store, Ovi Maps v 3.03 yang dilengkapi dengan navigation gratis. Selain itu ada juga DO Share, Ovi Music, Nokia Chat hingga email.

Bagi yang suka mengakses situs jejaring sosial, Nokia C5 juga menyediakan aplikasi Facebook khusus serta klien ke berbagai situs jejaring sosial lain seperi Friendster, hi5, MySpace, dan YouTube. Untuk Aplikasi multimedia disediakan RealPlayer atau Nokia Search.

Untuk membantu dalam pekerjaan, Nokia C5 memasukan aplikasi QuickOffice (viewer). Selain itu ada juga Adobe PDF dan aplikasi zip file. Belum lagi termasuk aplikasi standar seperti kalkulator, kalender, stopwatch, alarm clock hingga notes.

Juga kehadiran game Bounce Tales dan Brain Challenge. Penggunaan sistem operasi Symbian OS S60 versi 9.3 dan dukungan platform java memudahkan bagi nokia C5 untuk menambahkan dan memperbaharui aplikasi.

C5 dilengkapi prosesor ARM11 600 MHz, sehingga kegiatan multitaksing (membuka beberapa aplikasi bersamaan) terasa lebih optimal. Tersedia memori internal 50 MB, plus slot tambahan MicroSD. Nokia menyertakan memori 2GB dalam paket penjualan.
Baterai lithium ion 1050 mAh mampu menghidupi C5 hingga 3 hari dalam kondisi pemakaian normal.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Nokia C5”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.