Huawei U9130 Compass HSDPA


Ads:

Dengan dukungan HSDPA dan kemampuan navigasi A-GPS yang tangguh, Huawei U9130 Compass nampaknya bakal mendobrak dominasi ponsel QWERTY merk lokal. Apalagi, banderolan harganya pun tak jauh beda dan cukup terjangkau. Disainnya pun tergolong mewah dan cantik. Hanya saja, U9130 Compass tak dibekali teknologi Dual On.
Di sisi multimedia, ponsel ini pun tampil prima. Ada kamera 2 MP, pemutar musik/video, radio FM serta beberapa fitur keren lain. Sayang, aplikasi bawaan yang dibawa U9130 Compass memang tak terlalu komplit. Tak ada link Facebook, Twitter maupun aplikasi chatting. Namun, lewat platform Java MIDP yang didukungnya kita bisa menambahkan semua itu via proses download.

Nampaknya, ponsel multimedia berkonsep bisnis kian merangsek pasar ponsel global. Buktinya sebagian besar vendor ponsel bermain di semen mi. Tak hanya merk lokal, produsen besar pun kian gencar menelurkan produk di kategori ini, satu diantaranya Huawei. Tercatat, sudah beberapa tipe yang ikut dipasarkan, dan yang paling baru adalah Huawei U9130 Compass.

Dari penamaan, U9130 Compass jelas mengunggulkan kemampuan data yang rata-rata dimiliki generasi `U'. Tapi tak hanya itu, embel-embel `Compass' yang juga dibawa nampaknya jadi andalan berikutnya yang menonjolkan kemampuan navigasi. Dalam hal ini diidentikkan dengan dukungan GPS (Global Positioning System). Namun, bagaimana dengan performa sejatinya? Berikut ulasan lengkapnya.

Disain dan Interface
Bentuk fisik Huawei U9130 Compass memang tengah digandrungi, apalagi buat pecinta ponsel messaging. Ya, full QWERTY dengan diagonal layar yang juga luas. Namun dibanding ponsel QWERTY lokal, bahan cover Huawei U9130 tergolong lebih baik. Padanan warna putih bersepuh lis metalik membuat tampilannya elegan dan mewah. Jika dirunut dari konstruksi, sisi ergonomic bodinya serupa ponsel bisnis Nokia E71 maupun E63.
Untuk keypad, teksturnya terasa enak dan nyaman saat diraba. Bentuknya agak menyembul, untuk memudahkan proses pengetikan. Respon tombol untuk mengenali karakter alfanumerik pun tergolong baik. Begitu pula dengan D-pad konvensionalnya. Hanya, strukturnya saja yang agak kurang kompak. Sayang, backlight di beberapa tombol terlihat kurang terang. Alhasil, bakal banyak kendala saat mengakses menu dan shortcut.

Di sektor interface, Huawei U9130 Compass menyematkan LCD matriks aktif 65 ribu warna beresolusi QVGA. Lumayan terang untuk menampilkan struktur menu grid, dengan ikon khas ponsel multimedia bisnis. Secara model, karakternya tak jauh beda dengan konsep antarmuka ponsel lokal. Semua fitur tergambar dengan jelas dan dikelompokan sesuai fungsi masing-masing.
Soal platform software, Huawei U9130 Compass sudah didukung Java MIDP 2.0. Alhasil, kita bisa menambahkan beragam aplikasi/ game pihak ketiga yang kompatibel. Sayang, masih banyak pula ditemukan kasus-kasus seputar file Java yang tak bisa diinstal ke ponsel ini.

Jaringan dan Navigasi
Untuk kategori entry level, fitur yang dibawa Huawei U9130 Compass tergolong tangguh. Tengok saja, dengan harga sekitar Rp 1,4 juta-an ponsel ini sudah didukung jalur data HSDPA. Alhasil, buat keperluan browsing internet dan menyambangi portal jejaring social Facebook, Twitter serta chatting bakal Lebih lancar dan cepat. Termasuk untuk streaming video dari portal YouTube. Namun, speed akses jalur HSDPA-nya masih sebatas 3.6 Mbps.
Saat dijajal membuka halaman situs internet, prosesnya cukup cepat dan tanpa kendala, meskipun tetap tergantung jaringan si operator. Menariknya, interface browser Huawei U9130 Compass menyertakan pilihan minimal. Jadi, kita bisa membuka beberapa tab sekaligus.

Buat yang kepingin menjadikan Huawei 09130 Compass sebagai modem internet PC, jalur data HSDPA yang didukungnya bakal jadi kanal menarik. Apalagi, proses setting-nya pun tergolong mudah (plug and play). Tapi, tetap harus melakukan pengaturan khusus di PC.
Selain jalur data, U9130 Compass juga punya fitur jagoan lain, yakni A-GPS. Untuk peta digitalnya, Huawei menanamkan aplikasi Google Maps. Sesuailah dengan nama yang diusungnya `Compass'. Jadi, buat yang hobi traveling atau sekadar mencari panduan navigasi saat berkendara, bisa memanfaatkan fitur ini. Sayang, tingkat keakurasiannya masih belum maksimal. Pasalnya, A-GPS mengandalkan informasi yang didapat dari transmisi BTS operator. Dan tentu saja, bakal menguras pulsa.

Multimedia
Meski lebih menonjolkan sisi data dan navigasi, Huawei U9130 Compass tetap menyertakan sarana multimedia yang cukup oke. Sebut saja kamera dan audio/video player. Sayang, Huawei U9130 Compass tak dilengkapi dengan radio FM sebagai sarana hiburan alternatif.

Kamera
Resolusi kamera yang dibawa U9130 adalah 3.2 MP dengan ukuran gambar maksimal 2048x1536 piksel. Sayang, untuk fasilitas tambahannya tercatat sangat minim. Tak ada flash, autofocus serta pengaturan professional lainnya. Namun, untuk kualitas jepretan sih sudah cukup bagus. Hasil foto terlihat tajam, bening dan pewarnaan yang nampak sesuai aslinya.
Selain foto, kamera U9130 Compass juga bisa merekam video. Format rekamnya adalah 3gp. Untuk kualitas, klip videonya tergolong tajam namun terlihat kurang mulus alias masih patah-patah. Tapi, buat sekadar aksi saja sih sudah cukup mewakili kebutuhan.
Hasil foto maupun rekam video bisa langsung bisa dikirimkan via Bluetooth, message atau email. Prosesnya pun tergolong mudah dan cepat. Namun, tak tersedia pilihan untuk mengirimkannya langsung ke portal upload foto/ video semisal Flickr atau Picasa.

Audio/Video Player
Ini merupakan fitur standard dan wajib hukumnya untuk sebuah ponsel. Tanpa media ini, ponsel jadi terasa kurang menarik. Umumnya, player media yang ditanamkan ke ponsel menengah sudah dilengkapi dengan pengaturan file serta playlist yang kompleks. Seperti di Huawei U9130 Compass ini. Kita bisa mengkategorikan file lagu berdasarkan tracks, artis, albums, playlists, recent added serta recent played.
Namun soal interface dan performa sejatinya sih tergolong biasa saja. Tak ada sesuatu yang paling menonjol. Performa output audio yang disemburkan speakernya pun datar, meski cukup keras untuk ukuran ponsel sejenis. Untuk meningkatkan performa audio, hanya disediakan beberapa pilihan equalizer. Menariknya, kita bisa menyalurkan dendangan musik via profile A2DP ke Bluetooth speaker stereo.

Koneksi
Buat bertukar file, Huawei U9130 Compass menyediakan Bluetooth dan kabel data miniUSB. Kedua media koneksi ini sudah didukung profile yang lengkap. Sebut saja A2DP yang disupport Bluetooth, serta kemampuan untuk menjadikan ponsel sebagai mass storage maupun modem internet PC via kabel data. Menariknya, pengaturan untuk menjadikan ponsel sebagai modem terbilang mudah. Pasalnya, kita hanya tinggal mengkoneksikan ponsel dengan PC via kabel data. Dan secara otomatis, driver USB pun akan terdeteksi sekaligus menginstal dan menampilkan 'Huawei PC Option", yang isinya berupa pilihan File transfer, PC assistant dan Huawei mobile connect via the phone.
Ketika dijajal mengirim file foto ke perangkat lain via Bluetooth, proses pairing-nya pun cepat dan tanpa kendala. File yang dikirim pun dengan mulus dan lancar berpindah tempat.

Aplikasi
Seperti disinggung sebelumnya, U9130 Compass sudah didukung platform Java MIDP 2.0. jadi, kita bisa dengan mudah menambahkan beragam aplikasi/game ke dalamnya. Untuk defaultnya, hanya disediakan beberapa pilihan diantaranya Nimbuz dan AOM7 (aplikasi client untuk push mail).
Untuk fitur bawaan lain, U9130 Compass juga dilengkapi dengan kemampuan merekam percakapan telepon. Sama seperti kebanyakan ponsel merk lokal. Fasilitas ini sebenarnya cukup menarik dan bisa dijadikan alat untuk memata-matai atau merekam bukti percakapan, tanpa lawan bicara mengetahuinya. Kita bisa menemukannya di menu opsi saat percakapan berlangsung.
Bagi penggemar situs jejaring sosial, bisa menambahkan client alias launcher Facebook atau Twitter berbasis Java ke ponsel. Pasalnya, Huawei U9130 Compass tak menyediakannya secara default.

Memori
Huawei U9130 Compass menyediakan ruang memori internal buat keperluan menyimpan file sebesar 175.6 MB. Selain itu, ponsel ini juga menanamkan slot kartu memori ekspansi berjenis microSD jika internalnya tak bisa menampung file lagi. Sayang, kita harus membeli kartu microSD ekstranya secara terpisah.

Baterai
Buat menopang kinerja ponsel, Huawei U9130 Compass didukung baterai lithium polimer 1500 mAh. Kapasitas dan jenis baterai ini tergolong tangguh. Jadi, jangan takut boros baterai. Untuk standby saja sih bisa sampai 4 hari lebih.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

1

alo kk, sy mau beli hp ini saat ini dimana yaa..trims

Admin said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.