Nokia C6-01, dengan Gorilla Glass dan Clearback Display


Ads:

Nokia kian rajin menggelontorkan ponsel premium berplatform Symbian3 dan terus bergerilya membidik pengguna segmen menengah ke atas. Kali ini Nokia C6-01 yang didelegasikan mewakili misi tersebut. Masih mengusung embel-embel 'community', ponsel ini dijejali beragam fitur andalan khas ponsel cerdas. Penasaran?

Masih dalam tampilan memikat dan berkelas, Nokia C6-01 lahir dalam balutan material stainless, tampak kokoh dan nyaman saat masuk genggaman. Dimensi 103.8 x 52.5 x 13.9 mm terasa pas untuk ukuran kontur tangan. Harus diakui kolaborasi volume dan estetika fisik tak pernah dilupakan vendor asal Finlandia ini. Sedikit lebih tebal dari sang kakak Nokia C7, membuat ponsel ini justru terasa solid dan elegan. Dengan kata lain, baik saat digenggam satu tangan atau pun dua tangan, kenyamanannya tetap terjaga.

Menyisir kelengkapan tombol, di sisi kiri akan kita dapatkan beberapa jajaran tombol yang masing-masing berfungsi sebagai (+/-) audio maupun zoom, unlock, serta shutter camera.


Pada bagian muka persis di bawah display tersemat tombol berupa bar panjang yang berfungsi mengakses. menu utama yang diapit primary key hijau dan merah yang seolah tertanam di bawah kaca casing. Tombol merah juga berfungsi sebagai tombol power (on/off) ponsel.
Microphone, port USB, jack audio 3,5 mm serta port charger tersembunyi di jajaran paling bawah bodi ponsel. Sedangkan bagian belakang ponsel didominasi perangkat pengambil gambar berupa lensa kamera berkekuatan 8 megapiksel dilengkapi flash yang bersanding dengan speaker stereo.

Masuk pada sektor tampilan muka, Nokia C6-01 menyematkan teknologi layar sentuh kapasitif bertipe AMOLED. Ponsel ini mampu mendalami 16 juta warna dalam visualnya dengan resolusi 360x640 piksel. Layarnya cukup lapang berdiagonal 3,2 inci dilengkapi sensor for UI auto-rotate guna mengakomodasi perubahan orientasi layar dari portrait ke landscape dan sebaliknya.
Sektor display memang menjadi nilai plus Nokia C6-01 display. Komposisinya sama seperti kakak kelasnya yang telah menyematkan gorilla glass sebagai pelindung gores pada layar, suntikan clearback display yang mampu memberikan tampilan warna optimal (tidak buram) saat tersorot langsung cahaya matahari.

Serupa dengan C7, Nokia C6-01 juga menampilkan tiga panel pada desktop utamanya. Desktop pertama terhiasi oleh beberapa widget yang didominasi layanan online. Pada desktop kedua kita temui beberapa widget fitur favorit serupa news dan akses multimedia. Sedangkan widget yang mengakomodasi konektivitas, web searching maupun schedule terpapar pada desktop ketiga.
Semua widget maupun wallpaper dapat kita atur sesuai keinginan pada penyetelan homescreen.
Lebih jauh saat masuk ke wilayah menu, tak banyak yang berubah pada bagian ini semuanya nyaris sama seperti sang pendahulunya, C7.

Kamera 8 megapiksel (3264 x 2448 piksel), fixed focus dan dual-LED flash jadi senjata andalan Nokia C6-01. Dukungan fitur geo-tagging dan face detection semakin memperkaya sektor pengabadian gambar. Ketika diuji, penyelarasannya cukup baik, penyerapan cahaya maupun warna yang disajikan cukup optimal. Terlebih dengan kolaborasi clearback display, Anda akan tetap tidak mendapatkan masalah saat memotret dalam cuaca terik sekalipun. Secara teknis baik menggunakan lampu flash atau tidak, ponsel ini mampu memperoleh gambar maksimal.
Pada sisi rekam, Nokia C6-01 dapat diandalkan dalam me-record gerakan saat kondisi cahaya redup. Apalagi dengan bantuan penerangan dua led, video yang dihasilkan pastinya lebih optimal. Selain berjalan dengan 720p pada 25fps, dukungan video stabilization semakin menambah nilai plus jajaran rekam.

Bagi yang narsis dan hoby self potrait, kamera dapat menjadi opsi cukup menyenangkan, baik untuk foto maupun rekam video. Hasil gambar yang hanya beresolusi VGA (640 x 480 pikset), dianggap cukup untuk hanya sekedar upload foto/video ke facebook atau youtube.

Nokia C6-01 suport menjalankan video dalam format DivXfXviD/ MP4/H.264/H.263/WMV. Dengan cukup berlimpahnya multiformat tadi, dijamin kekayaan format video yang kian beragam dapat dinikmati melalui layar lanskap (horizontal) ponsel ini.
Beberapa fitur yang tersemat pada bagian ini cukup untuk mewakili kepentingan audio visual, Akses-akses semisal youtube, national geographic, movie teasers bahkan CNN video semuanya cukup disentuh untuk menikmatinya. Kurang puas? OVI store menyediakan variasi lain melalui layanan download.

Walau masuk di jajaran kelas 'C' ponsel ini tak melupakan porsinya di ranah bunyi. Pemutar musik untuk menikmati tembang favorit bisa menjalankan format MP3/ WMA/WAV/eAAC+. Semuanya bisa dinikmati optimal dengan dukungan equalizer melalui headphone maupun speaker stereo.

File audio yang tersimpan tadi tentunya dapat dijadikan ringtone maupun personal ringtone. Namun sayang semuanya hanya dapat berjalan pada format MP3. Setingkat di bawah C7 yang mampu mendukung format WAV.
Layanan fasilitas download musik melalui OVI music memberikan kemudahan bagi kita yang hobi belanja musik. Selain penyematan radio FM yang mendukung RDS serta perekam audio dengan durasi unlimited semakin memperkaya sektor ini.

Selanjutnya review pada Nokia C6-01



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Nokia C6-01, dengan Gorilla Glass dan Clearback Display”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.