Tips Cermat Memilih Tablet Lokal


Ads:

Tablet PC saat ini memang tengah booming dan semakin gencar membanjiri pasar. Setiap bulan ada saja tablet PC banu yang hadir menyambangi pecinta gadget. Tidak hanya tablet bikinan vendor berskala global macam Apple, Samsung, LG maupun Huawei namun bisnis ini sudah merambah pula ke pemain pemain lokal.

Jelas fenomena tablet lokal cukup mengusik perhatian mengingat banderol harga yang jauh lebih murah dibanding tablet global. Berbicara tentang tablet lokal umumnya anda akan merasa bingung mengingat keseragaman fitur yang dimiliki tablet-tablet tersebut. Namun bila ditelisik lebih dalam ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat anda mulai mengarahkan target buruan ke tablet lokal.

Berikut faktor-faktor yang perlu dicermati dalam memilih tablet lokal :

Versi Software Bawaan
Hal pertama yang harus dilihat adalah sistem operasi bawaan dari si tablet. Karena hampir sebagian besar tablet yang beredar mengusung Android, pastikan bahwa tablet yang anda pilih sudah mengadopsi OS terbaru Android yakni Android v2.3 (Gingerbread). Kalaupun tablet masih berjenis Froyo, pastikan apakah tablet tersebut dapat di upgrade ke Gingerbread.
Hal ini cukup penting mengingat OS baru umumnya akan memberikan optimalisasi yang lebih baik terhadap kinerja perangkat termasuk prosesor dan VGA yang digunakan. Performa sang tablet tentunya akan meningkat apabila sudah dibenamkan.

Koneksi
Apabila anda tidak hanya menginginkan tablet untuk hanya diajak buat browsing atau mantap dipakai bekerja, lihat juga spek yang ditawarkan apakah tablet tersebut mengakomodir pula kemampuan untuk telepon.
Meski dengan bentuk ukuran yang lebih luas dan agak kurang umum melakukan komunikasi suara lewat tablet. Tapi kemampuan ini patut jadi rujukan mengingat tablet sebenarnya adalah perwujudan dari telepon yang memiliki kemampuan diperluas dengan ukuran layar yang diperbesar.

Yang juga perlu diperhatikan adalah kelengkapan sarana koneksi data yang dimilikinya. Apakah sudah mendukung kanal HSDPA, HSUPA atau hanya sekedar jalur WiFi saja yang sudah disiapkan. Tentu saja tablet yang sudah mensupport kanal selain WiFi memiliki keunggulan yang lebih baik tatkala anda berada di luar jangkauan area hotspot atau di daerah yang tidak terkover WiFi.

Selanjutnya pastikan ada koneksi bluetooth di mana terkadang pada tablet lokal hanya menyediakan widget saja tapi tidak menyediakan fitur tersebut. Termasuk dalam hal ini adalah beberapa port penghubung yang bisa disiapkan untuk koneksi ke perangkat lain. Seperti halnya port ethernet/LAN, port HDMI atau port micro USB.

Kecepatan Prosesor dan Kapasitas Memori
Kecepatan prosesor dan kapasitas memori yang digunakan juga turut memegang peranan. Dengan prosesor yang lebih baik pastinya kemampuan tablet dalam mengeksekusi ragam menu menjadi lebih optimal. Ditambah lagi kalau tablet tersebut sudah mengusung kemampuan berotak ganda alias dual core, dijamin kecakapannya dalam membuka banyak aplikasi secara bersamaan/multitasking tidak perlu
diragukan lagi.

Manfaat yang paling jelas dengan memiliki prosesor dual-core memungkinkan tablet melakukan berbagai hal lebih cepat, lebih efisien dan efektif. Tablet tersebut dapat memproses dua tindakan sekaligus, yang berarti lebih mudah bagi sistem operasi perangkat untuk menjalankan berbagai aplikasi maupun browsing yang intensif.

Android Market
Sejatinya tablet Android memiliki fitur Android Market. Hal ini pasti bisa dijumpai pada tablet besutan merk ternama. Tapi hal ini tidak selalu bisa ditemukan pada tablet lokal. Ada yang hanya menaruh layanan App Market sebagai toko online yang bisa di download untuk tablet. Pastikan bahwa tablet memiliki fitur Android Market resmi yang bisa digunakan sehingga anda dapat men-download aplikasi aplikasi penting.

Kemampuan Layar
Sektor layar juga patut menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Ada 2 jenis layar umum yang digunakan yakni jenis kapasitif dan resistif. Layar sentuh yang nyaman dan oke digunakan adalah yang berjenis kapasitif. Tentu saja tingkat akurasi dan kenyamanan si layar dalam merespons setiap perintah patut diperhatikan.
Dengan layar sentuh kapasitif, anda hanya dapat menggunakan jari untuk memainkan navigasi di layar. Hal ini memungkinkan fitur seperti dukungan multi-touch berjalan lancar dan akan membuat layar bekerja cepat dan efisien.
Sementara layar sentuh resistif sensitif terhadap sentuhan apapun, karena sangat bergantung pada tekanan. Tetapi pada saat bersamaan memiliki fungsi multi-touch yang lemah. Beberapa tipe tablet lokal kini sudah menerapkan layar kapasitif dengan mematok harga jual yang tidak terlampau mahal.

Layanan service
Penutup tentunya anda harus memperhatikan layanan purna jual atau after sales. Percuma saja anda mendapatkan harga murah namun saat tablet rusak anda kerepotan saat memperbaiki tablet yang rusak.
Layanan servis center disini juga harus berada di lokasi sentra perdagangan gadget terkemuka seperti di Mall Ambasador, ITC Roxy Mas atau ITC Cempaka Mas. Apabila berada di luar Jakarta, seperti di Bogor misalnya layanan purna jual tersebut terletak di Plaza Jambu Dua.

Beberapa kriteria tersebut dapat memberikan sedikit pencerahan bagi anda yang ingin membeli tablet lokal. Paling tidak dengan faktor-faktor diatas anda bisa mendapatkan gadget idaman yang tidak hanya oke secara harga namun juga dapat bersaing secara kualitas.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

1

klo cari tablet yang udah bisa buat main game plus wireless tapi harga dibawah 1,5jt ada gak ya?

Toko Komputer Jogja said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.