Smartfren Andro, Android CDMA EVDO Rev.A RUIM


Ads:

Smartfren Andro, Android CDMA EVDO Rev.A RUIMTerbatasnya smartphone yang mengusung jaringan CDMA, ternyata tidak mengurangi pertumbuhan pengguna data di jalur ini. Nyatanya, Smartfren meluncurkan produk Smartphone terbaru yaitu Smartfren Andro yang merupakan smartphone Android CDMA EVDO Rev.A RUIM berlayar 4 inci pertama yang hadir di Indonesia. Penasaran?

Disain
Saat pertama kali Anda melihat HP ini, kesan kokoh dan elegan segera tergambar. Memiliki dimensi yang cukup besar dalam geggaman, yakni 125.5 x 64 x 10.8 mm. Casing yang membungkus bodinya terbuat dari material plastik solid. Smartfren Andro, Android CDMA EVDO Rev.A RUIMCukup beresiko bagi HP layar sentuh yang di mana penampang layarnya berukuran cukup besar. Selain rawan gores, juga mudah kotor. Untuk mengantisipasi licin atau slip di tangan, back casing dilapisi dengan bahan karet doff yang kesat di tangan. Untuk penempatan tombol dan port, Smartfren Andro masih bergaya HP Android yang butuh cukup banyak tombol seperti tombol volume di samping kanan, tombol power di atas berdampingan dengan jack audio 3.5mm, port microUSB di bawah dan port microSD disembunyikan di balik casing belakang yang sayangnya posisinya terhalang oleh baterai sehingga tidak dapat dilakukan hotswap.

Untuk penampang visual, Smartfren Andro mengkaryakan layar IPS (In Plane Switching) yang biasa digunakan di Samsung Galaxy Tab 10.1 dan iPad. HP ini memiliki resolusi WVGA (480x800 piksel) yang mendukung multi-touch hingga lima sentuhan. Warna yang dipancarkan cukup tajam dan dan komposisi warnanya bagus. Sudut pandang layarnya cukup leluasa, dan nyaman dilihat dari berbagai sudut. Layar capacitive touchscreen-nya responsif. Saat Anda melakukan perpindahan halaman ke halaman, baik dengan menggeser, tapping, maupun pengetikan cepat di virtual keypad. Hal ini tidak lain disebabkan karena Smartfren Andro memiliki kinetic scrolling yang enteng. Luasnya layar, membantu Anda dalam membuka aplikasi multimedia seperti film dan game HD seperti tagline nya yakni watch, play, fast. Menurut situs Hisense, prosesor grafis yang ditanam untuk kinerja grafis adalah Adreno 205. Kecerahan layar dapat dimaksimalkan dengan melakukan settingan.

Smartfren Andro, Android CDMA EVDO Rev.A RUIMSmartfren Andro, Android CDMA EVDO Rev.A RUIM

Smartfren Andro, Android CDMA EVDO Rev.A RUIMSmartfren Andro, Android CDMA EVDO Rev.A RUIM

Smartfren Andro yang handset aslinya bermerk Hisense HS- E910 ini merupakan produk kesekian setelah Smartfren Wide, dan Samsung Galaxy Y, ditawarkan dengan banderol di bawah Rp.1,5 juta. Cukup murah, dengan prosesor yang dimiliki oleh Smartfren Andro yang menggiurkan yakni Qualcomm dengan clock speed 1.0 GHz dan memiliki GPU Adreno 200 yang cukup kuat untuk memainkan game-game berteknologi layar HD. Sistem Operasi yang dijalankan pun Android Gingerbread v2.3.6. Memori memilih jenis ROM dan RAM sama-sama 512 MB. Tidak ditemukan kendala berarti dalam soal kecepatan dan penambahan aplikasi. Kinerja processor ini sangat menunjang keseluruhan kemampuan smartphone ini dalam memainkan multimedia, berselancar di dunia maya, dan aktivitas lainnya dapat dilakukan tanpa menemui kendala.

Smartfren Andro, Android CDMA EVDO Rev.A RUIMKoneksi
HP ini mengandalkan teknologi CDMA 2000 lx EVDO Rev A, bukan B sebagaimana yang menjadi Portable Hotspot (WiFi Tethering) untuk berbagi internet ke perangkat lain lewat jaringan FVFM-nva Cth iva HP prosesnya terbilang cepat dan lancar. Hasil speedtest ( speedtest.net), menunjukan angka 3.09 Mbps (download) dan 0.80 Mbps (upload). Namun, saat digunakan untuk internetan langsung di HP, speed data menunjukan angka 1.659 Mbps (download) dan 1.402 Mbps (upload). Mengenai ketersediaan data,

terdapat bonus free data sebesar 12 GB selama 12 bulan dengan mekanisme free 1 GB untuk setiap isi ulang minimal Rp 50 ribu dan berlaku untuk 12 kali isi ulang selama 12 bulan (akumulatif). Anda juga gratis mengakses Facebook dan Twitter, dan memiliki masa aktif yang panjang yaitu 365 hari atau 1 tahun penuh.

Kemampuan lain yang dimiliki Smartfren Andro ini adalah mampu dijadikan sebagai modem untuk hotspot. Jadi Anda tinggal mencolokkan ke PC dengan kabel data, dan pilih Data Koneksi. Akan tertampil di screen PC, akses ke internet dengan background khas Smartfren, dengan meng-klik Connect. Dan perangkat lain langsung bisa berinternet dengan lancar. Selamat mencoba ya Anda.

Kamera dan Video
Di sektor multimedia, Smartfren Andro dilengkapi dengan kamera beresolusi 3MP. Beragam personalisasi kamera disematkan di dalamnya, mulai dari EV, effect color, BW, picture quality, dan beragam piliha resolusi (VGS, 1 MP, 2MP, dan 3MP). Meskipun memiliki resolusi yang cukup besar, namun gambar yang dihasilkan masih berbintik-bintik dan sedikit berkabut. Sedikit berbeda jika Anda melakukan pengambilan objek pada luar ruang yang di mana pasokan sinarnya besar. Geser tombol kamera ke video. Settigan di dalamya tidak jauh berbeda dengan kamera biasa. Hasil rekam video masih terlihat jeda sedikit, namun dengan ukuran layar yang luas, cukup menyenangkan di sisi visualisasi.

Tak hanya sebagai perangkat hiburan ternyata Smartfren Andro ini juga menyediakan aplikasi office. Hal ini akan mempermudah para pekerja kantoran jika ingin mendapatkan kiriman file dari klien yang berupa Word, Excel ataupun juga PDF. Anda masuk ke Menu dan mendapati ikon X-Office. Sayangnya hanya bisa membaca kiriman file dari berbagai format office.

Butuh hiburan audio? Tenang Anda, Smartfren Andro dilengkapi dengan pemutar musik yang ternyata tidak beranjak jauh dari pemutar musik ala Cina kebanyakan. Pada halaman audio playernya, terdapat panel audio, durasi, judul, nama penyanyi, dan nama album dari lagu yang sedang diputar. Di tengah-tengah layar, terdapat gambar cover album. Tapi jika cover albumnya tidak dikenal atau unknown, gambarnya adalah piringan hitam. Kualitas suara yang dihasilkan nyaring dan kuat.

KESIMPULAN
Sebagai referensi, HP ini dapat dijadikan pilihan yang tepat karena merupakan produk Cina yang dapat bersaing soal harga, dan tak mengecewakan soal kinerja, keragaman aplikasi dan fitur serta dibalut disain yang apik. Smartfren Andro patut waspada dengan competitor sengitnya yakni AHA Touch yang banderolnya selisih lebih murah Rp. 500 ribu, dengan kecepatan prosesor 500 MHz dan OS Android v2.2.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Smartfren Andro, Android CDMA EVDO Rev.A RUIM”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.