Tips memilih Ponsel Android dual SIM


Ads:

Kecenderungan pengguna HP di Indonesia memang unik. Sebagian besar konsumen di negara kita menggunakan lebih dari satu kartu sehingga hal ini ditangkap oleh vendor baik lokal maupun global untuk menciptakan HP dual SIM. Bahkan sampai mengeluarkan HP triple SIM atau quad SIM. Dan sepertinya fenomena HP ber-SIM ganda ini tidak hanya merambah HP non OS tapi juga mulai menyusup ke ranah HP pintar macam Android dual SIM.

Meski pasar pengguna Android dual SIM belum terlalu besar. Namun ke depannya bisa jadi hal ini akan jadi tree menarik-melihat dari kecenderungan pengguna HP di Indonesia. Lalu hal-hal apa sih yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli Android dual SIM. Berikut ulasannya:

1. Kemudahan Memilih Layanan Operator
Bagi Anda yang punya lebih dari satu kartu, adanya Android dual SIM jelas sangat menguntungkan. Hal ini akan memberikan kesempatan Anda untuk memilih layanan dari masing-masing operator. Layanan disini bisa berupa percakapan maupun sms. Anda dengan mudahnya bisa menggunakan paket layanan yang cocok dan sesuai dengan promo yang sedang dilakukan oleh operator. Kartu pertama bisa digunakan untuk memanfaatkan promo percakapan sementara kartu kedua bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan promo sms.

2. Kelengkapan Fitur Koneksi Data
Anda juga perlu memperhatikan kelengkapan sarana koneksi data yang dimiliki. Percuma saja punya HP canggih dual SIM namun tidak memiliki koneksi data mumpuni. Jalur data seperti 3G, HSDPA atau WiFi mutlak dipunyai. Untuk jaringan CDMA, Android tersebut harus punya teknologi EVDO minimal Rev.A yang bisa dipacu hingga kecepatan 3.1 Mbps. Sejauh ini teknologi 3,5G masih jadi tren bagi sebagian besar pengguna seperti halnya teknologi HSDPA yang sanggup menyajikan kecepatan hingga 21 Mbps.

3. Adanya Paket Layanan Data
Anda perlu secara cermat memilih paket layanan data yang diberikan operator. Dengan adanya paket layanan data, Anda tak perlu direpotkan dengan segala macam hal tentang layanan data yang terkait dengan koneksi ke jaringan internet. Apalagi gadget Android yang terbilang rakus akan konsumsi data. Ada yang memberikan Iayanan data gratis selama 3, 6, bahkan sampai 12 bulan. Jadi, Anda dapat mengoptimalkan segala macam kecanggihan dan aplikasi yang ada dalam Android tersebut.

4. Perbandingan Spesifikasi dengan Harga
Hal lain yang jadi bahan pertimbangan adalah mengenai kesesuaian harga dengan spek yang dimiliki sang Android. Spek disini bisa berupa otak bawaan atau prosesor dan grafis yang diusung Android tersebut. Ibarat otak manusia, prosesor adalah fitur terpenting dimana prosesor yang tinggi jelas memberikan aksi yang lebih responsif dalam menjalankan menu Android sehari hari.
Sementara dengan punya spek grafis yang tinggi, kecakapan memainkan game ataupun tampilan visual di Android pada umumnya lebih baik. Sisanya Anda bisa memperhatikan fitur pelengkap lain macam kamera, video, kapasitas RAM, bahkan sampai jenis layar yang digunakan Android tersebut.

5. Versi Android
Setelah itu perlu dilihat versi Android bawaan HP tersebut. Usahakan HP Android yang dipilih sudah mengusung versi Android Gingerbread. Android Gingerbread punya beberapa fitur perbaikan diantaranya input text lebih cepat, fitur copy-paste, peningkatan pada manajemen power maupun penambahan kamera sekunder.
Adanya fitur NFC (Near Field Communication) pada beberapa tipe tertentu juga memungkinkan fitur tersebut digunakan sebagai layanan transaksi perbankan via mobile atau akses ID. Juga layanan VOIP yang digunakan sebagai layanan suara atau video via internet. Dan akses untuk multiple kamera sehingga Anda dapat menggunakan kamera depan untuk alat bidik.

6. Kapasitas Baterai
Titik perhatian lain mengenai kapasitas baterai yang dipunyai si Android. Android yang hanya mampu menampung satu kartu saja sudah rakus akan komsumsi daya. Apalagi buat Android dual SIM. Semakin besar kapasitas mAh yang dimiliki HP, tentunya Anda tak perlu khawatir akan habisanya daya baterai saat digunakan. Beberapa aplikasi penghemat baterai bisa pula digunakan sebagai alternatif supaya baterai tidak boros.

7. Fitur Tambahan pada Android Lokal
Nah ini dia kelebihan yang dimiliki Android dual SIM lokal. Disini Anda akan mendapatkan fitur yang belum dipunyai Android global. Salah satunya adalah fitur TV analog seperti halnya yang dimiliki oleh Beyond B800 dan DGtel 555. Meski kedua HP masih membenamkan Android Froyo namun harganya terbilang ramah di kisaran kurang dari 1 juta.

KESIMPULAN
Faktor- faktor diatas bisa jadi bahan pertimbangan Anda sebelum membeli Android dual SIM. Tentu ke depannya akan semakin banyak beredar HP-HP Android sejenis yang memiliki fitur canggih nan menawan namun lebih bersahabat bagi isi kantong. Paling penting adalah Anda dapat menikmati layanan data yang disediakan operator berbeda tanpa harus membawa HP lebih dari satu. Android dual SIM, why not?



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

1

kalau saya cari dual sim supaya enak dalam pengaturan akses data. jadi kalau pas ada operator promo akses inet murah dan kebetulan sinyal dapat bagus maka masukkan pada slot kartu ke dua. tanpa mnggangu nomer phone utama.

agen pulsa elektrik said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.