Asus MemoPad ME172V penerus Nexus 7


Ads:

Terlahir sebagai penerus Nexus 7, tidak heran jika desain Asus Memo Pad mirip dengannya. Mulai dari dimensi Memo Pad (196.2 x 119.2 x 11.2 mm) dan Nexus 7 (198.5 x 120 x 10.5 mm) berselisih tipis. Asus membuat konsep desain simple dengan balutan casing yang dinamis. Dengan bobot 358 gram membuat tablet ini cukup portabel untuk dibawa saat bepergian. Untuk penggengaman satu tangan juga masih dapat dilakukan dengan baik.



Seluruh casing termasuk layar, terbuat dari bahan plastik. Pada bagian back casing, terdapat desain doff bertekstur diamond (permata) dengan pola anti licin dan tak mudah tergores. Sisi kiri tablet hanya diisi lubang mic, untuk sisi kanan terdapat tombol lock/power dan tombol volume. Untuk bagian atas terdapat port headset 3.5mm, sedangkan bagian bawah terdapat slot kartu memori microSD dan port micro USB.

Kualitas layar ini cukup baik karena mampu menampilkan gambar dengan cerah. Namun sedikit kurang nyaman saat digunakan di bawah terik matahari karena menghasilkan glare (pantulan).

Sementara untuk antar muka, Asus Memo Pad memberikan "sentuhan" baru di dalamnya. Anda pernah dengar floating apps? Floating apps di Memo Pad memuat (browser, calculator, video player, dan lainnya). Jika Anda terburu-buru dan ingin segera membuka aplikasi yang ada di Floating Apps, cukup sentuh ikonnya, lalu seret cepat aplikasi yang ingin Anda jalankan ke tengah layar. Ini sangat memudahkan bagi Anda daripada mencari dan masuk ke ragam menu.

Pada modus lockscreen memang tidak jauh berbeda dengan ICS masih bersistem slider lingkaran, namun di Jelly Bean disajikan tambahan pilihan selain membuka layar dan kamera, yaitu jalan pintas ke aplikasi Google Now.

Masuk ke Homescreen tersedia 5 slide sheet dengan jumlah statis yang dapat dipersonalisasi dengan wallpaper dan widget-widget favorit. Bar bawah terisi dengan empat buah tombol yaitu back, home, recent apps, dan tombol untuk memunculkan floating apps. Masuk ke drawer aplikasi, tampilan disini terlihat sama dengan tampilan stok dimana terbagi dalam dua tab (aplikasi dan widget). Ikon-ikon menu tersusun 6 x 5 secara grid.

Dalam kondisi default, input teks disediakan dua pilihan yaitu Android keyboard dan Asus keyboard yang lebih memiliki banyak fitur.

Asus Memo Pad diperkuat prosesor singel core VIA WM8950 dengan clock speed 1GHz. Untuk menunjang aplikasi grafis, ada chip GPU berbasis Mali-400 yang akan membuat pengalaman menjelajah internet dan membuka menu video menjadi lebih lancar tanpa hambatan. Sedangkan untuk memaksimalkan kinerja tablet, Memo Pad menyediakan internal memory 8/16 GB (untuk Memo Pad yang diuji kali ini memiliki internal memory 8GB), RAM 1 GB, dan ekspansi penyimpanan eksternal up to 32GB. Ruang penyimpanan sebesar ini tergolong cukup besar jika dibandingkan dengan tablet di kelas yang sama.

Memo Pad hanya membekali diri dengan kamera depan beresolusi 1MP (1200x1600pikset). Tanpa LED Flash, autofocus, dan settingan kamera. Katau melihat dari peruntukannya, keberadaan kamera depan lebih efektif untuk video call. Uniknya, hasil foto dapat langsung diedit (baca: dicoret-coret) dan kemudian di share ke jejaring sosial. Kualitasnya cukup balk, terutama digunakan di dalam ruangan, terlihat detail dan cerah. Perekaman video (dengan format file MP4) dengan kualitas HD 720p. Untuk antarmuka hanya terdapat store location dan time lapse. Tidak banyak ragam format video yang dapat diputar di tablet ini tercatat hanya MP4 hingga resolusi 1080p, M4V, MKV (tidak lancar dan tanpa subtitle). Pemutar video juga minim pengaturan hanya ada panel share dan play/pause.

Tinggalkan buku diary custom Anda. Atau bahkan jika Anda hobi membuat scetch-(sketsa), Memo Pad menyediakan aptikasi bawaan yang seru, yakni Super Note, Notebook dan My Painter. Saat awal masuk ke My Painter, Anda akan diminta untuk memilih template yang akan Anda gunakan untuk melukis (misty white, pastel blue, baby pink, light yellow, greeting card, birthday card, christmast card, dan gallery). Anda dapat menggambar dengan pensil, kuas, crayon, spidot, dan brush. Tiap tool diberikan tingkat ketebalan hingga 4 grade. Anda juga bisa menambahkan pop up-yang diisi dengan comment seru. Dan langsung di-share ke BuddyBuzz, Picassa, MyBitCast, Google+, Gmail, dan Dropbox.

Karena tidak didukung oleh jaringan operator, untuk aktivitas berinternet Anda hanya mengandalkan koneksi via WiFi 802.00 13/gin. Proses settingan dan scanning network WiFi berjalan dengan mudah dan mulus. Browsernya mampu membuka 15 tabs sekaligus. Memo Pad menyediakan semua kebutuhan konektivitas layaknya sebuah smartphone. Anda bisa melakukan transfer data ke perangkat lain melalui port micro USB dan bantuan kabel OTG yang hanya bisa membaca data-data di flash disk, tapi saat diujicoba untuk koneksi dengan modem tidak bisa terdeteksi.

Hibur diri Anda dengan MP3 Player bawaan Asus. Saat Anda masuk ke album list, tampilan cover album disajikan dengan secara tersusun. Terdapat settingan musik saat Anda personalisasikan, pemutar MP3-nya mampu menyemburkan suara yang bulat dan mantap melalui lubang speaker yang terletak di bagian belakang tablet. Jika storage lagu Anda tersimpan di microSD, pemutar MP3 dapat langsung membaca data Anda dengan cepat, tanpa reset tablet.

Sayangnya, tablet ini tidak memiliki FM Radio sebagai alternatif hiburan audio.

Punya data banyak, dan kewalahan menyimpan data? Jangan khawatir, karena Asus Memo Pad selain memiliki storage internal sebesar 8GB dan eksternal storage hingga 32GB lewat slot microSD yang tersedia. Jika masih tidak mencukupi, Asus memiliki aplikasi unik bernama WebStorage berbasis cloud dengan kapasitas 5GB. Uniknya, layanan penyimpanan tersebut bisa dimanfaatkan oleh pengguna selama-lamanya, tanpa batasan waktu. Di dalamnya, Anda selain bisa menyimpan data, juga terdapat fitur WebStorage Office yang bisa membaca, mengedit, lalu menyimpan dokumen-dokumen Microsoft Word, Excel, ataupun PowerPoint tanpa perlu melakukan instalasi software di perangkat yang ia gunakan untuk mengakses WebStorage.

Pengujian menggunakan aplikasi Quadrant menghasitkan skor 2173 dan menempatkan tablet ini di atas HTC Desire HD. Dengan pengujian menggunakan Antutu, Asus Memo Pad memperoleh skor 4410 dan berhasil mengungguli posisi Samsung Galaxy S .



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

2 comments to “Asus MemoPad ME172V penerus Nexus 7”

keren banget gila,,,, fiturnya hampir menyamai I Pad

judi Bola Online said...
on 

bagaimana cara untuk membuka asus memo pad yang terkunci kerana lupa pattern lock? bantu saya kerana saya amat memerlukan data di dalamnya. terima kasih.

Anonymous said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.