Nokia N76


Ads:

Penampilan Nokia N76 memang sekilas mengingatkan kita akan ponsel tipis pertama RAZR V3 bikinan Motorola. Tipis, melebar namun tetap terlihat kokoh. Siapa sangka dalam ponsel tipis Nokia tersebut, fitur yang disediakan tetap khas seri N. RAZR V3 pun harus angkat topi untuk ini.

Disain
N76 memang sedikit lebih tipis ketimbang V3. Bahkan bisa juga disebut lebih ramping, karena memiliki lebar yang lebih kecil Tapi soal panjang, jangan ditanya. Baik saat flip terbuka maupun tertutup, N76 akan lebih panjang ketimbang V3.

Bahan dasar N76 adalah plastik keras menyerupai logam. Kekerasan yang dimilikinya mampu menciptakan kesan solid di ponsel ini. Tapi kalau bicara logam sebenarnya, maka anda bisa mendapatkan bahan seperti ini di bagian tombol alfanumerik.

Namun, meski tercipta dari logam, keypad masih enak digunakan. Pasalnya bagian permukaan logam dibuat beralur sehingga terkesan tidak rata dan tidak licin.

Saat flip tertutup, Anda akan melihat sebuah bentukan cermin yang agak lebar. Cermin ini berfungsi sebagai pemans dan menutupi bagian layar eksternal. Tapi kalaupun Anda berniat menggunakannya sebagai cermin rias, tak akan menjadi masalah. Yang pasti, saat layar eksternal aktif, cahayanya akan menembus bagian cermin ini dan tampilan layar akan terekspos dengan baik.

Masih di bagian flip atas, anda pun akan menemukan tiga tombol multimedia untuk mengaktifkan player musik sekaligus mengontrolnya tanpa harus membuka flip.

Software dan User Interface
Nokia N76 didukung oleh sebuah sistem operasi bernama Symbian S60 v.9.1 3rd Edition. Hampir semua seri N yang dikeluarkan Nokia menggunakan OS jenis ini. Artinya, semua kegiatan ponsel ini akan diatur oleh sebuah OS versi terbaru, yang pastinya sudah mengalami beberapa perbaikan di sana-sini

Dengan penggunaan OS ini, maka UI yang disajikan pun akan sama dengan ponsel-ponsel Symbian 3rd edition lain. Salah satunya adalah tampilan utama yang sudah dilengkapi dengan informasi catatan kalender dan beberapa shortcut ke menu-menu pilihan (layaknya menu today di Windows Smartphone).

OS yang digunakan juga berpengaruh pada fitur-fitur yang disediakan. Terutama di sisi PIM alias personal information manager, semacam kalender, notes, to do list, alaram dan sebagainya.

Teknologi Jaringan
Nokia N76 sudah siap 3G. dengan dibenamkannya teknologi WCDMA 2100 MHz, maka ponsel ini bisa digunakan dalam jaringan 3G untuk melakukan akses data yang lebih cepat, video telephony, video streaming dan berbagai layanan 3G lainnya.

Ketika jaringan 3G tidak ditemukan, masih bisa menggunakan jaringan GSM. Tidak tanggung-tanggung, Nokia menyediakan 4 band sekaligus, sehingga cakupan negara yang bisa dijelajah akan semakin besar.

Fitur Unggulan
Nokia Music Player
Selain desain, Nokia N76 juga menjadikan pemutar musik bawaan sebagai salah satu fitur unggulan. Kali ini, N76 tetap setia pada Nokia Music Player. Aplikasi ini sudah ada di ponsel-ponsel Nokia seri N terdahulu.

Sebenarnya tidak ada kelebihan di sisi tampilan dan kemampuan, namun standar pemutar musik sudah dimiliki pemutar musik ini. Hadirnya kemampuan membuat playlist dan teknik sorting file yang sudah lebih baik adalah beberapa diantaranya. Jadi, anda bisa lebih mudah menemukan file musik berdasarkan informasi yang ada file tersebut. Semisal, berdasarkan judul lagu, penyanyi atau album.

Suara keluaran sangat memuaskan. Terutama saat Anda menggunakan headset atau speaker aktif eksternal. Dengan adanya port audio stereo 3,5 mm, hampir semua headset yang ada di pasaran bisa digunakan di sini.

Sebenarnya speaker internal ponsel sudah mampu menghasilkan suara stereo yang baik, mengingat ukurannya yang kecil. Namun Anda akan mendapatkan kualitas asli player musik ini bila menggunakan speaker eksternal, atau headset bawaan.

Dalam paket penjualan, Anda akan mendapat sebuah VCD asli dari penyanyi Anggun. Anda bisa memindahkan lagu dari CD ini ke dalam ponsel dengan sistem DRM yang ketat. Jadi, hanya yang memiliki sertifikat bisa melakukannya.

Air Album
Software ini sudah sering hadir di ponsel Nokia. Tapi kurangnya sosialisasi dari pihak vendor membuatnya jarang digunakan oleh pengguna ponsel Nokia. Disamping itu, kurang pekanya beberapa penikmat musik di Indonesia akan hak cipta, kadang memaksa fitur ini terbengkalai begitu saja.

Di N76 air Album memiliki kegunaan yang tidak kalah penting dari fitur lain. Dengan fitur ini kita bisa membeli lagu secara online, bukan bajakan, dan lebih dari itu cukup di rumah saja, tanpa harus ke toko kaset.

Real Player
Fitur pemutar file multimedia ini dulu sering digunakan oleh ponsel-ponsel Nokia. Namun dengan kehadiran Nokia Music Player, maka hanya kemampuan pemutar videonya saja yang kini masih digunakan.

Format video populer untuk perangkat portabel MP4 bisa dimainkan dengan baik oleh Real Player. Demikian juga dengan 3gp dan beberapa format audio, semisal MP3 dan ARM.

Kamera 2 Megapixel
Sebenarnya tidak ada yang menarik di kamera. Baik dari segi resolusi maupun hilangnya ketersediaan atofokus, kamera N76 memang sama seperti kamera-kamera 2 megapixel ponsel lain.

Namun dengan software yang diperbaiki, kamera N76 mampu menghasilkan gambar yang lebih baik ketika digunakan di dalam ruangan. Hal ini tidak lepas juga dari peran lampu flash yang mampu memberikan cahaya pada obyek foto, meski cahaya ruang kurang baik.

Video recorder
Anda bisa mengambil gambar bergerak hingga 15 fps dalam resolusi QVGA dan format MPEG-4. Artinya, Kamera Nokia buatan Toshiba ini bisa menghasilkan sebuah video rumahan dengan durasi tak terbatas (tergantung memori) dan kualitas VCD yang cukup baik bila ditampilkan di Televisi.

Konektivitas dan Internet
Nokia N76 memiliki port mini USB sebagai kanal data antar ponsel PC. Sebuah keputusan yang pintar, mengingat kabel jenis ini memiliki kemampuan yang lebih universal, dan yang paling penting lebih mudah didapatkan dengan harga murah.

Sebagai sarana koneksi nirkabel, ada Bluetooth versi 2.0. sayangnya tidak ada profil A2DP di ponsel yang dicoba. Padahal sebagai ponsel musik, hal ini sangat penting meskipun sudah menyediakan port audio 3,5 mm.

Sedangkan untuk melakukan browsing ada Nokia Web Browser. Kemampuannya sudah teruji di ponsel-ponsel Nokia terdahulu. Dan dengan kecepatan 3G, maka browsing internet bisa dilakukan dengan cepat. Baik didalam ponsel maupun sebagai modem.

Baterai
N76 menggunakan baterai berkapasitas kecil yaitu hanya 700 mAh. Untuk itu, dalam sekali charging, paling-paling ponsel ini akan mampu bertahan 2 hari saja. Apalagi kalau kita kerap menggunakannya sebagai pemutar musik. Bisa-bisa kita melakukan charging setiap hari.

KeSimPuLan
Disain tipis memang manis. Meski bukan dikhususkan untuk kaum wanita, ponsel ini sangat cocok untuk dibawa oleh ibu-ibu. Tinggal pilih warna yang sesuai dengan tas Anda, tampilan gaya bisa langsung didapat.

Soal meniru V3 atau tidak, bisa langsung dijawab oleh N76 dengan ketersediaan fitur yang jauh lebih banyak. Terutama pada kemampuan multimedia yang lengkap.

Sayang profil A2DP tidak disertakan dalam ponsel ini. Alhasil Anda akan sering terlihat ‘berkabel’ ketika menikmati musik. Semoga di versi software berikutnya profil ini dimunculkan. Dan yang paling penting, pemilik N76 bisa mendownloadnya secara gratis. (A.Sanusi)

Nokia N76 picture gallery



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Nokia N76”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.