Meningkatkan Kinerja Nokia Communicator


Ads:

Siapa tak kenal ponsel pintar berperawakan bongsor ini. Selain memiliki fitur yang lengkap, harganya yang relatif tinggi juga dijadikan ukuran prestise bagi sebagian orang. Tak heran banyak pebisnis menjadikan perangkat ini sebagai teman beraktivitas sehari-hari.

Buat pemilik Communicator ini, sayang rasanya jika fitur-fiturnya tidak dimanfaatkan dengan optimal. Seperti ketahui, di Communicator banyak fitur “kantoran”. Mulai dari Internet, dokumen, sampai ke fax. Soal hiburan, kemampuannya tak ketinggalan dengan ponsel lain.
Berikut adalah beberapa tips memaksimalkan Nokia Communicator.

Nokia 9210/i Communicator
A. Mengakses Aplikasi Favorit dengan Cepat
Langkah ini untuk memudahkan mengakses aplikasi-aplikasi yang sering digunakan. Bukan hanya itu, juga bisa memindahkannya di grup-grup yang sudah tersedia seperti Internet, Desktop, Extras dan Office. Jadi tak usah bingung lagi mencari aplikasi yang sesuai. Setingan ini disebut ‘Preferred’ dan berada di menu ‘Tools’ di masing-masing grup tadi.

Setelah masuk ke menu ‘Preferred’, akan terlihat daftar aplikasi yang diinginkan dan pilihlah grup yang tersedia, sebagai tempat meletakkan aplikasi tersebut disertai dengan menekan tombol ‘Ctrl’. Hasilnya, untuk mengaksesnya cukup menekan tombol ‘Ctrl’ plus tombol ‘Extras’.


B. Membuat Screenshot
Screenshot adalah kemampuan ponsel untuk memotret layar. Walaupun jarang digunakan namun sekali waktu bisa memanfaatkan untuk keperluan dokumentasi. Caranya cukup mudah, tinggal menekan tombol Ctrl+Shift+Chr+S. Setelah itu akan muncul pilihan dimana file gambar layar tadi akan disimpan. Gambar hasil screenshot akan berformat MBM (MultiBitMap) agar bisa dilihat di komputer bisa mengkorversinya ke format lain seperti JPG/BMP.

Sedangkan di Nokia 9500/9300/i, gambar akan tersimpan dalam format BMP. Format ini bisa langsung dibuka di komputer.

C. Menghapus file INI
Menghapus file INI diperlukan ketika Nokia 9210 mengalami masalah dan tidak tahu apa penyebabnya sehingga ada beberapa fungsi yang tidak bekerja dengan semestinya. Ini bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada beberapa file setting system.
Langkah perbaikan yang paling mudah tanpa harus memformat seluruh internal drive yakni dengan menghapus file INI. Cara ini mempersingkat waktu perbaikan dan mencegah hilangnya aplikasi pihak ketiga yang sudah terinstal. Begitu juga dengan data dan setingan ponsel.

Berikut langkah-langkahnya:
- Copot dan pasang kembali baterai
- Tekan dan tahan tombol Ctrl+Shift+I
- Berikutnya akan muncul tampilan “About to delete all INI files. Are you sure”
- Tekan “Delete”
- Ponsel otomatis akan mati kemudian hidup kembali (reboot).

D. Menampilkan ‘Z’ drive (ROM)
Basis file sistem operasi Nokia 9210 Communicator terdapat di drive Z atau disebut ROM Drive. Drive ini tersembunyi sehingga tidak bisa dilihat oleh pengguna. Namun bisa dilihat dengan aplikasi Zip Manager Pro, tetapi tidak bisa menjelajahi isi drive-nya.

Dengan kode rahasia, drive Z juga bisa ditampilkan di File Manager, dan pun bisa menelusuri file yang ada. Caranya:
- Aktifkan File Manager dan ketik kode ++sp. Tulisan ++sp berwarna hijau akan tampil di layar sebelah kanan atas. Jika tidak berhasil, bisa jadi karena versi firmware-nya lebih baru, coba ketik ++rom.
- Tekan tombol ‘menu’ dan pilih ‘setting’ dari menu ‘tool’. Berikutnya akan melihat jendela dengan dua pilihan ‘Show system directory’ dan pilihan ‘Show ROM’, ubah menjadi ‘Yes’.
- Tutup ‘File Manager’ dan aktifkan sekali lagi. Nah, sekarang sudah bisa melihat drive ‘Z’.

Catatan: Drive ‘Z’ tidak bisa dirubah (write protected). hanya dapat membacanya tetapi tidak bisa memodifikasi kontennya. Hal ini dibuat guna melindungi sistem operasi.

E. Mengetahui kode pengaman
Kode pengaman (security code) ponsel Nokia yang masih orosinil (sebelum dirubah) adalah 12345. Kode ini bisa saja dirubah sesuai selera. Repotnya, jika lupa dengan kode yang baru. Nah, untuk mengetahui kode pengaman tersebut bisa menggunakan software Nokia Logo Manager. Kode tersebut akan tampil ketika masuk ke menu ‘Phone info’ di menu ‘option’.

Nokia 9500/9300/i Communicator
A. Menampilkan Menu Garansi
Nokia 9500 dan 9300/i memiliki menu garansi tersembunyi (warranty menu) di layar eksternalnya. Yakni dengan menekan kode *#92702689# (atau *#war0anty#).

Menu ini menyediakan tiga informasi:
1. Call timer atau lamanya ponsel dipakai untuk menelpon dalam menit.
2. Call counter atau informasi yang menunjukkan beberapa kali ponsel tersebut dipakai untuk menelpon.
3. Standby timer yakni lamanya ponsel tersebut aktif pada mode stand-by.

Informasi ini berguna jika berniat membeli Communicator second (bekas) atau untuk mengetahui apakah ponsel tersebut memang benar-benar baru.

B. Memanfaatkan Multitasking
Kelebihan lain ponsel Symbian adalah kemampuan multitasking atau bisa membuka lebih dari satu aplikasi, dalam satu waktu. Multitasking ini bisa dimanfaatkan terutama jika sering membuka aplikasi tertentu. Pertimbangannya adalah waktu membuka aplikasi baru akan memakan waktu sekitar 3 detik. Jadi untuk mempercepat akses ke aplikasi tersebut, sebaiknya jangan tutup aplikasi tersebut, hingga benar-benar yakin tidak akan memakainya lagi.

Dengan begitu, bisa berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, lewat menu di sebelah kiri atau dengan menekan tombol shortcut. Bisa juga dengan menekan tombol ‘Desk’ dan pilih aplikasi yang diingikan.

C. Memperbesar Kapasitas Cache
Jika sering menggunakan fasilitas Internet, ponsel membutuhkan RAM yang lebih luas. Nokia 9500 memiliki kapasitas RAM yang lumayan besar. Masalahnya tinggal memperbesar kapasitas cache. Caranya, masuk ke menu ‘setting’ dan set “Maximum cache size” misal dari 2000 menjadi 3000 kb. Makin besar cachenya, makin leluasa dalam berinternet. Namun jangan sampai lupa untuk menghapus file cache-nya secara berkala.

D. Mengirim Fax
Mengirim fax di Nokia 9500 sangat mudah, syaratnya operator yang gunakan mendukung fitur ini. Jika hanya sekedar mengirim fax, bisa menggunakan layanan IM3 Smart atau Matrix. Sedangkan untuk bisa mengirim dan menerima fax, pilih kartuHALO.
Cara mengirim fax sebagai berikut:
- Buka dokumen office misal Ms. Word, Excel atau Power point yang akan dikirim.
- Klik tombol ‘menu’ dan pilih ‘File’>’Send’>’Via fax’
- Isi nomor fax tujuan dan klik tombol ‘Send’

E. Cermati Perkembangan Firmware Terbaru
Agar Communicator selalu up-to-date, jangan lupa untuk selalu memantau perkembangan firmware terbaru. Informasi firmware bisa dilihat disitus resmi Nokia www.nokia.com atau dengan bergabung di forum-forum Communicator.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Meningkatkan Kinerja Nokia Communicator”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.