Install & Un-install Aplikasi/Games Java di MOTOROLA


Ads:




1. Siapkan Kabel data mini USB Motorola




2. Download software Motorola di http://www.mottomodder.com/
- Motorola USB drive for windows XP
- Motorola PST versi 7.1.1
- Motorola MIDway
- Jad generator (jika file games/aplikasi yang dimiliki hanya berekstensi *.jar)




3. Download program pembuka kompresi WinRAR (www.download .com)




4. Motorola USB driver yang kita download masih terkompresi dengan ekstensi RAR. Gunakan aplikasi WinRAR untuk mengektrak file-file di dalamnya menjadi satu folder, maka dalam folder hasil ekstraksi tersebut akan muncul 3 buah file yaitu p2k.inf.sys dan USBT2000.inf



5. Untuk menginstalnya dengan mudah, kami sarankan anda menginstal Motorola PST terlebih dahulu. Caranya klik dua kali file PST_7.1.1_general.exe dan ikutilah langkah-langkah selanjutnya yang tertampil di layar hingga terinstal dengan sempurna.
Setelah itu jalankan program Motorola PST tersebut dari komputer dengan menekan menu Start>Program>Motorola PST>phone programmer. Terlebih dahulu anda harus menghubungkan handphone dan PC dengan perantara kabel data.
Selanjutnya jalankan phone programmer, maka PST akan mencoba mencari handphone Motorola yang terhubung dengan komputer. Dan langsung muncul perintah untuk menginstal driver-driver Motorola yaitu Motorola modem driver, Motorola aksesoris dan data Motorola Data Logger, arahkan secara manual untuk mencari driver-driver tersebut ke folder yang telah anda ekstrak tadi.



6. Untuk software Motorola Midway Tool, ekstraklah ke dalam satu folder dengan menggunakan aplikasi WinRAR seperti pada drive Motorola diatas. File 2_8.exe. Untuk memudahkan saat akan digunakan, Buatlah shortcut di desktop dengan cara mengklik kanan file tersebut di Windows Explorer, pilih Send To – desktop – create shortcut. Selanjutnya anda dapat mengakses file tersebut dari desktop komputer tanpa perlu mencarinya terlebih dahulu.



7. Supaya Game Java dapat terinstal di handphone Motorola, harus ada menu tambahan pada handphone Motorola yang namanya Java Apps Loader. Tanpa menu tersebut, tidak mungkin aplikasi dan game/aplikasi Java dapat terinstal dengan baik.



8. Untuk mengeluarkan menu tersebut, hubungkan handphone Motorola yang dalam keadaan hidup dengan PC melalui kabel mini USB. Setelah itu, jalankan Phone Manager di PC melalui menu Start – Program – Motorola PST – Phone Programmer. Selanjutnya pilih New – Kjava Files. Pada jendela progran, akan muncul menu untitle dengan tombol-tombol yang masih disable atau belum berfungsi.



Selanjutnya Masuklah ke menu Phone Read. Anda akan melihat proses pembacan data di handphone anda oleh program PST Phone Manager. Jika gagal atau tampil pesan "phone not connected. Please connect and power up the phone", maka cabut terlebih dahulu handphone anda, tutup aplikasi phone Manager kemudian ulangi kembali langkaha di atas.



Jika proses ini berhasil, anda akan melihat menu enable/disable Java App Loader Menu" menjadi berfungsi. Klik menu tersebut sampai terlihat pesan "Java App Loader menu is Now Enabled". Setelah itu masuk ke menu phone restart untuk merestart handphone anda. Setelah itu lepaskan handphone dari kabelnya. Selanjutnya perhatikan handphone anda. Pada menu setting – java Tool, akan muncul sebuah menu setting – Java Tool, akan muncul sebuah menu baru yaitu Java App Loader. Motorola anda telah siap diinstall berbagai aplikasi game java!.



9. Pertama kali kita harus melakukan langkah untuk konfigurasi software midway. Buka software Midway kemudian Masuklah ke menu File-Setting-. Pada AT command, ketik AT untuk konfigurasikan COM port yang akan digunakan untuk mentransfer file dari komputer ke handphone, pada desktop komputer Masuklah ke menu device kanan ikon My computer-properties-hardware-device manager. Cari menu Motorola USB modem (biasanya di bawah menu modem)- Properties-Advanced-Advanced Port Setting-dan silahkan diingat nomor port COM yang tertera disitu.



10. Pada handphone klik menu Java App Loader dibawah menu setting – Java setting. Setelah mincuyl perintah "insert cable now", masukkan ujung kabel mini USB yang telah terhubung ke komputer ke dalam port mini USB handphone. Setelah berhasil akan muncul pesan "JAL Link Active". Jalankan MIDWay 208 setelah itu pilih menu file – setting dan rubahlah nomor COM Port sesuai dengan nomor Port Com pada langkah konfigurasi sebelumnya. Dari file pilih "Open JAD atau klik ikon Open JAD pada toolbar. Pilih JAD yang nada inginkan dengan mencarinya pada jendela browser. Ingat bahwa file Java biasanya terdiri dari 2 jenis yaitu file JAD dan JAR.



11. Pastikan kedua file tersebut berada dalam folder yang sama. Jika hanya terdapat file JAR, anda dapat membua file JADnya dengan bantuan software JAD generator. Klik tombol "seed JAD". Beberapa informasi tentang file tersebut akan muncul di handphone Jika pada tombol kanan muncul pilihan "More:, klik kemudian proses mendownload file JAD dari komputer ke handphone. Setelah proses download selesai, disambung dengan proses instalasi berhasil, pada layar handphone akan mucul perintah "Run (nama aplikasi atau game yang telah diinstal) dengan pilihan YES atau NO. Selesai.



12. Semua aplikasi dan game Java yang kita install akan berada pada menu "games & Application".



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

5 comments to “Install & Un-install Aplikasi/Games Java di MOTOROLA”

bagus banget nih infonya, untuk tambahan games nya bisa download di http://se-games-themes.blogspot.com/ gratis coy

Padang Setiarno said...
on 

infonya mantab bos keep blogging..thanks

Anonymous said...
on 

thanks juga

Medoho said...
on 

makasih infonya. kemaren aku gak bisa instal motorola game ku, sekarang udah bisa heheheheh. sebegai tanda makasihku tak kasih link game yang udah tak download gratis dan baru2 pokoknya siiip.
http://se-games-themes.blogspot.com/

Padang Setiarno said...
on 

makasih infonya. kemaren aku gak bisa instal motorola game ku, sekarang udah bisa heheheheh. sebegai tanda makasihku tak kasih link game yang udah tak download gratis dan baru2 pokoknya siiip.
http://se-games-themes.blogspot.com/

Padang Setiarno said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.