Menggunakan Push Email Operator


Ads:

Sistem pengiriman pesan (messaging) mobile makin berkembang. Jika dulu anda biasa menerima pesan di ponsel sebatas sms atau mms, kini anda bisa menikmati pesan email langsung di ponsel.

Melalui sebuah layanan push email, konten ( dalam hal ini email) bakal lasngsung ‘diantar’ ke target pengguna. Lengkap dengan notifikasi layaknya sms biasa.

Di Internet, banyak tersedia layanan push email gratisan. Diantaranya yakni emoze ( www.emoze.com ) dan flurrymail.com ( www.flurrymail.com ). Namun seperti kita tahu, beberapa operator dalam negeri sudah menyelenggarakan layanan berbasis data ini. Ada You’ve got mail, ventus, Blackberry, I- Memo-va dan mobile m@il.

Berikut beberapa layanan push email operator tersebut, termasuk pengguna yang bisa memakainya.


TELKOMSEL
1. Telkom Ventus. Ditujukan untuk pelanggan pasca bayar. Jenis ponsel yang mendukung layanan ini hanya ponsel symbian dan PDA (windows mobile).

2. You’ve got mail. Push email ini bisa dinikmati pelanggan prabayar dan pascabayar. Tipe ponsel yang mendukung layanan ini yakni hampir semua ponsel J2ME berfitur email (Nokia S40, S60, dan S80, Sony Ericsson, Motorola, dan lain-lain ) dan windows mobile.

3. You’ve Got Mail merupakan layanan push email pertama di Indonesia yang dapat mengakses hingga lima account sekaligus dari berbagai email account popular seperti Hotmail, Yahoo!, Google mail, AOL, dan CBN. Bahkan beragam email protocol POP3/IMAP4.

INDOSAT
1. Blackberry
Layanan ini lebih ditujukan bagi pelanggan korporat.

2. I-Memove
Pesan email yang terkirim dalam bentuk pesan MMS, dengan kapasitas maksimal 50 kb/MMS. Untuk registrasi, ketik REG ke 6789 via MMS

3. I-Mofis
Layanan ini serupa Blackberry, hanya saja berjalan di ponsel ber-OS windows mobile.

PRO-XL
1. Blackberry Internet Service
Layanan push email untuk individual dan usaha kecil memudahkan anda menerima dan mengirim email sampai 10 email account yang berbasis POP3/IMAP, termasuk 1 email account yang otomatis didaftarkan xl.blackberry.com

2. Blackberry Enterprise Server
Layanan ini didesain untuk corporate yang menggunakan platform Microsoft Exchange, Lotus Domino or Novel Wise. Dibutuhkan server yang akan dihubungkan dengan mail server perusahaan, menyediakan anda akses wireless ke email kantor, contacts dan kalender.

3. Mobile M@il
Layanan push email ini ditujukan bagi pengguna kartu XLMail (Username@xlmail.co.id) dengan kapasitas 15 MB. Selain itu, anda bisa mendaftarkan 4 akun email POP3 atau IMAP lainnya, seperti CBN, yahoo.co.id, Radnet, Gmail, Hotpop dan lain-lain sehingga anda bisa membaca dan membalas email XLMail dan email POP3 anda lainnya melalui ponsel anda.
Registrasi bisa dilakukan melalui situs wap http://wap.xl.co.id. Klik, logo XL mobie m@il dan sign up.


Contoh langkah menikmati push email telkomsel ‘You’ve Got mail’ (YGM)

1. Di ponsel anda tekan *969#. Selanjutnya, tekan tombol call. Anda akan mendapatkan halaman menu registrasi. Pilih ‘Berlangganan’ (nomor 1)

2. Anda akan menerima wap push berisi alamat WAP untuk mendownload apliokasi YGM. Jadi, pastikan setingan GPRS anda benar.

3. Pada halaman wap, isi alamat email yang akan digunakan, dan setelah itu anda dapat mendownload aplikasi telkomsel You’ve Got Mail client. Bila telah terdownload, install di ponsel

Tahap Pengoperasian
1. Jalankan aplikasi Telkomsel YGM. Pilih access point yang anda gunakan

2. Login ke akun email anda

3. Pada halaman ‘Home’, anda bisa menulis pesan email layaknya mengetik email di akun email di versi PC, termasuk pula menambahkan attachment. Untuk menambahkan daftar kontak email di ponsel anda, masuk ke menu Contact>option>update.

4. Dan untuk pengaturan lainnya akseslah menu setting.
(disarikan dari tabloid PULSA)



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Menggunakan Push Email Operator”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.