Tutorial Membuat Slideshow DVD untuk Foto HP


Ads:

Enggan Handphone dipenuhi dengan koleksi foto yang menumpuk? Kenapa tidak dijadikan saja album foto digital dalam format DVD. Nantinya, album foto tersebut bisa ditonton di TV. Dengan kapasitas DVD sebesar 4,7 GB, ribuan foto bisa tertampung di dalamnya. Berikut langkah-langkah untuk membuatnya :

1. Untuk membuat album foto dalam format DVD, bisa menggunakan Ulead DVD MovieFactory 6.

2. Install software tersebut dan ikuti tampilan proses penginstalan hingga selesai. Pada jendela wizard “TV System”, pilih opsi [Select the video standard you are using] [PAL/SECAM]. Buka aplikasi di [Start] [All Program] [Ulead DVD MovieFactory 3 Disc Creator].

3. Pada jendela aplikasi yang muncul, pilihlah opsi [Create Slideshow Disc]. Di jendela Create Slideshow Disc, pilih [new project:], lalu klik [DVD] [OK]. Di jendela selanjutnya, klik [Add Slideshow] dan tunggu tampilan boks Add Slideshow.

4. Cari dan klik folder penyimpanan koleksi foto di panel kanan atas. Isi folder akan tampil di panel kiri. Ubah tampilan file gambar menjadi thumbnail dengan mengklik tombol [Thumbnail/List View]. Atur ukuran thumbnail di tombol [Select thumbnail size].

5. Seleksilah foto-foto yang akan dimasukkan dalam album foto dengan mengklik foto sambil menekan [Ctrl] di keyboard. Klik [Add Photo]. Jika ingin memasukkan semua foto dalam folder, klik [Add All]. Hampir semua format file foto bisa digunakan.

6. Foto yang terpilih akan masuk dalam ruang di tengah jendela aplikasi. Beri nama slideshow, di kotak isian “Slideshow title”. Jika ingin memutar arah foto, tinggal pilih salah satu foto, lalu klik tombol [Rotate right] atau [Rotate left].

7. Ingin mengurutkan foto sesuai selera? Klik tombol [Arrange] ber-icon “123”. Boks dialog Change Order akan muncul. Untuk menggunakannya tinggal geser-geser urutan foto dengan pointer.

8. Untuk membubuhi teks di setiap foto, pilih foto dan klik tombol [Add/Edit text] berikan huruf “T”. Ketik dan atur teks pada boks dialog yang muncul. Pada boks dialog ini bisa memberi bayangan, transparasi, hingga mengatur posisi teks.

9. Jika ingin menyisipkan suara pada salah satu foto, klik tombol [Select an existing sound annotation to the selected photo] ber-icon folder. Pilih audio files pada boks Open Audio File. Format audio yang didukung yaitu CDA, MP3, WAV, dan WMA.

10. Beri narasi pada foto dengan langsung merekam suara. Pilih foto, lalu klik tombol ber-icon mikrofon. Klik [Start] pada boks Adjust Volume untuk mulai merekam hingga muncul boks dialog Audio Recorder. Klik kotak berwarna biru untuk berhenti merekam.

11. Tentukan durasi tampil setiap foto pada menu drop-down “Image duration”, dalam satuan detik. Waktu tampil setiap foto ini akan menentukan panjang durasi slideshow. Lihat info durasi pada keterangan “Total duration”.

12. Berikan musik latar pada keseluruhan slideshow dengan mengklik tombol ber-icon kunci nada, di depan teks “No background music”. Selanjutnya, pilih lagu dan klik [Open]. Centang opsi [Match slideshow duration with background musik duration].

13. Pilihlah efek transisi antarfoto dari menu drop-down “Transition”. Di menu tersebut juga bisa melihat tampilan setiap pilihan efek transisi pada kotak di samping menu drop-down.

14. Untuk melihat hasil keseluruhan slideshow, klik tombol [Preview] ber-icon segitiga biru. Slideshow akan ditampilkan di panel bagian atas. Klik tombol yang sama, untuk menutupnya.

15. Klik [OK] di bagian bawah jendela aplikasi jika proses pembuatan slideshow selesai, akan kembali ke jendela “Add/Edit Media”. Thumbnail dari slideshow buatan akan ditampilkan di bagian tengah.

16. Jika ingin menambah slideshow, klik lagi [Add Slideshow]. Di bagian bawah akan tampil keterangan kapasitas file yang sudah terpakai dan yang tersisa. Centangi opsi [Create Menu] jika ingin memunculkan menu navigasi saat DVD slideshow diputar.

17. Jika sudah, klik [Next>]. Selanjutnya, olahlah tampilan menu navigasi. Klik teks [My Title] dan gantilah teks tersebut dengan judul yang diinginkan pada boks dialog Edit Menu Heading yang muncul.

18. Pilih template tampilan menu dari panel di sisi kanan. Ubahlah tampilan template ini dengan mengklik [Customize…]. Dalam boks dialog Customize Menu, bisa mengganti tampilan bingkai thumbnail di menu navigasi. Klik [OK] jika sudah selesai.

19. Klik [Next>]. Tes menu navigasi dan tampilan slideshow di jendela Preview. Klik [Next>] untuk memulai proses burning. Di jendela Finish, centangi opsi [Record to disc] dan [Normalize audio]. Selanjutnya, klik [Output].

20. Di jendela terakhir, labeli keping DVD di kotak isian “Volume name”. Atur kecepatan Penyalinan data ke disk pada opsi kecepatan terendah di menu “Recording speed”. Klik [OK] untuk memulai dan tunggu hingga selesai.[ka]

Download : Jamunya Ulead DVD MovieFactory 6




Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Tutorial Membuat Slideshow DVD untuk Foto HP”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.