BlackBerry Pearl 3G 9105, review Suretype, Sistem Operasi, Koneksi dan Media


Ads:

Sebagai produk BlackBerry, Pearl 3G 91055 memiliki banyak hal yang ditawarkan, utamanya pada bidang disain dan tampilan (lihat review-nya). Namun sebagai ponsel biasa, dengan keypad biasa, maka harga yang ditawarkan rasanya terlalu mahal.
Penggunaan BlackBerry yang sebagian besar membutuhkan kecepatan mengetik alias texting belum bisa maksimal tanpa keyboard qwerty penuh. Namun jika Anda membutuhkan sebuah BlackBerry dengan tampilan yang unik, low profile, namun tetap elegan, 9105 adalah jawaban yang tepat.

Beberapa produk BlackBerry terakhir menyertakan teknologi Suretype dalam produknya. Terutama untuk produk-produk berlayar sentuh (ber-keyboard virtual), dan produk-produk yang tidak ber-keyboard qwerty fisik. Termasuk 9105 ini.
SureType adalah teknologi predictive input yang menyerupai fitur T9 pada ponsel-ponsel kebanyakan. Sayangnya, meski ada pilihan penggunaan, SureType kurang bermanfaat untuk input dalam Bahasa Indonesia, baik resmi maupun slang.

Bandingkan dengan predictive input milik iPhone 3Gs dan HTC Touch Pro misalnya. Selain memiliki kemampuan membangun kata-kata sendiri, ia juga mampu mengenali kata-kata yang sering digunakan, meski tidak dalam sistem bahasa default (English US/English UK).
Sejatinya, untuk input bahasa yang disokong (English, Francais, Deutsch, Italiano dan Espanol), SureType akan sangat membantu. Semisal kita ingin menulis "I Love You", maka kita tinggal tekan angka 4, 0, 5, 6, 8, 3, 0, 9, 6 dan 8, masing-masing sekali tekan.

Sistem Operasi
BlackBerry Pearl 3G 9105 menjalankan sistem operasi versi 5.0. Versi OS ini dikabarkan sudah siap di-upgrade ke versi 6.0. Namun untuk sementara, Anda harus puas dengan versi 5.0 ini. Sudah banyak hal yang positif di sini. Termasuk fitur penghemat daya yang sudah lebih baik dari versi sebelumnya.

Koneksi
Tak mau ketinggalan dengan saudara-saudaranya di seri Curve, Pearl pun ikut diperbarui dengan penambahan jaringan 3G HSDPA. Adalah Pearl 3G 9105 yang ada dites dan Pearl 3G 9100 (coming soon) akan mengawali revolusi Pearl di sisi jaringan tersebut. Apa yang berbeda? Anda akan merasakan peningkatan kecepatan ketika browsing dan mendownload aplikasi baru. Sementara untuk akses BlackBerry Messenger dan aplikasi chatting lain, hampir tidak ada perbedaan.

Demikian juga dengan WiFi. Kembali di Pearl 3G 9105, kita sudah bisa menggunakan fitur ini sebagai sarana koneksi alternatif, semisal untuk mengupgrade software secara online atau streaming video. Seperti yang diketahui bersama, menonton video streaming (sejatinya) membutuhkan biaya yang terpisah dari BIS. Jadi, jika ada jalur WiFi di daerah Anda, gunakan saja jalur ini untuk menonton video tersebut.
Atau Anda ingin mendownload file yang besarnya di atas 2.5 MB? Gunakan jalur WiFi, karena BIS akan membatasi besaran file untuk didownload hanya sekitar 2 mb-an saja.

Media
Meski tidak didukung layar lebar, ponsel ini tetap dipersenjatai fitur-fitur multimedia khas BlackBerry. Dalam folder Media, Anda akan menemukan semuanya, lengkap. Pemutar musik, video, picture, ringtones, voice notes, video camera dan voice note recorder.
Seluruhnya tidak mengalami penurunan performa ataupun tampilan jika dibandingkan milik BlackBerry lain yang ber-OS 5.0. Kemampuan yang setara ini ada di sisi player. Sementara di sisi tampilan, Blackberry Torch 9800 masih jauh lebih baik.

Jangan khawatir, walaupun secara fisik ponsel ini terbilang kecil, port audio stereo 3.5 mm masih dibawa. Masih cocok dengan headset favorit Anda.
Sebagai media penyimpanan, ponsel ini menyediakan slot MicroSD card di bagian dalam cover baterai namun tetap bersifat hotswap. Sayangnya, dalam paket penjualan, tidak ada MicroSD yang ditemukan. Namun secara teori, slot memori ini mampu menampung hingga 32 GB.

Ponsel ini memiliki pekerjaan yang amat berat. Tentu saja, karena ponsel akan selalu mencoba untuk terhubung dengan server guna mengupdate semua informasi terkait ponsel dan data-data pribadi Anda. Termasuk email, calender, facebook, Twitter dan sebagainya.

Kapasitas baterai 1150 mAh di perangkat lithium ion nampaknya sudah cukup mumpuni. Tapi dengan kemampuan yang dimiliki ponsel ini, jangan harap Anda bisa mendapatkan performa setara ponsel lain yang cenderung offline.


Lihat Review sebelumnya: Desain dan Display



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “BlackBerry Pearl 3G 9105, review Suretype, Sistem Operasi, Koneksi dan Media”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.