iPhone 4, review App Store, iPod, Koneksi, Kamera dan Baterai


Ads:

Melihat harganya yang masih mahal dan dengan melihat kenyataan bahwa belum ada operator resmi Tanah Air yang menggandengnya secara resmi, aman rasanya jika menahan dulu keinginan Anda untuk membelinya. Apalagi jika Anda sudah memiliki iPhone 3GS. Upgrade saja OS-nya ke iOS4 untuk merasakan fitur-fitur iPhone 4.

Kemampuannya yang khas iPhone memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Meski kadang terasa tertinggal beberapa tahun dari ponsel lain, hal-hal yang bersifat tampilan, misalnya desain dan display sudah mendapat perhatian lebih dari Apple.

App Store
Jika setahun lalu akun asal regional Indonesia tidak diberi keleluasaan mengakses iTunes Store, maka kali ini sudah bisa. Anda bisa mendownload video podcast, serial video pendek dan sebagainya dengan akun Indonesia. Tapi, masih ada tapinya lagi nih. Akun Indonesia belum bisa untuk mendownload konten musik berbayar milik iTunes. Alias masih sebatas mendownload podcast gratisan saja.

Sementara itu, tidak ada masalah di sisi App Store. Seperti biasa, Anda bisa mendownload aplikasi berbayar maupun tidak, lalu menginstalnya di iPhone Anda. Masih sama dengan pengalaman App Store di ponsel-ponsel Apple sebelumnya.

iPod
Setiap penggemar musik pasti kenal dengan yang namanya iPod. Perangkat pemutar musik bikinan Apple ini terkenal dengan kualitas playback dan display-nya. Seperti biasa iPhone menyertakan fitur ini sebagai salah satu unggulan utama.
Tidak banyak perkembangan di sisi kualitas musik ketimbang iPhone 3Gs, namun jika Anda bicara loud speaker, maka speaker iPhone 4 ini terasa sedikit mengalami peningkatan kualitas.

Koneksi
Ponsel ini dilengkapi koneksi yang lengkap. Ketika kita berada di jangkauan WIFi, maka gunakan WiFi berkecepatan tinggi 801.11 b/g/n. Apabila kita tidak dalam hotspot, maka pilihannya adalah menggunakan jaringan HSDPA. Yang pasti Anda harus selalu terhubung dengan internet untuk bisa memantau semua email dan messenger.

Kekurangan utama terletak pada ketidakmampuan ponsel ini dalam menerima dan berkirim file via Bluetooth. Pasrah? Jangan dong! Masih ada aplikasi yang memungkinkan hal ini terjadi, tapi kita harus membelinya dulu di App Store. Kabar gembiranya kita masih bisa mendengarkan musik via A2DP.

Lalu bagaimana dengan sifat koneksi USB-nya yang membutuhkan sinkronisasi dengan perangkat tertentu? Masih sih. Tapi dengan iOS4-nya yang baru ini, kita tidak lagi perlu kehilangan file musik ketika disinkronisasikan dengan perangkat komputer berbeda. Ada proses backup yang berlangsung. Tapi ya, kalau mau nambah musik masih sedikit repot.

Video Call
Teknologi ini sudah lama ada di ponsel-ponsel 3G generasi pertama. Bahkan ketika iPhone 4 muncul dengan fitur kamera depan, layanan video call rasanya sudah berkurang popularitasnya. Setidaknya untuk sebuah iPhone, ini adalah hal baru. Khusus di iPhone 4, layanan video call masih berbasis internet via jaringan WiFi. Mirip dengan Skype. Kabarnya Apple masih tengah mengupayakan agar fitur ini dapat berjalan di lingkungan 3G juga. Namun yang pasti dengan perangkat sekecil ponsel, maka ketika kita menatap mata lawan bicara di layar, seakan-akan Anda melihat ke kameranya yang berada di sudut sempit. Akan memproyeksikan muka Anda di layar lawan bicara yang tengah menatap mata mereka.

Bandingkan jika Anda melakukan video chat di komputer, ketika melihat lawan bicara, maka kita tidak melihat kamera, sehingga yang terlihat oleh lawan bicara, kita tengah menatap bidang yang lain.
Sayangnya fitur ini masih belum dapat digunakan di iPhone 4 kami, meskipun WiFi sudah aktif, dan nomor ponsel sudah tercatat. Apakah ini pertanda FaceTime belum bisa digunakan di Indonesia, atau membutuhkan iPhone 4 lain agar bisa terhubung, atau masalah ada pada operator yang digunakan.

Kamera
Sampai saat ini, besaran 5 megapixel pada kamera iPhone merupakan besaran resolusi kamera terbesar. Tapi tidak ada apa-apanya memang jika Anda membandingkannya dengan kamera ponsel dari pabrikan lain yang sudah mencapai 8 bahkan 10 megapixel. Tak ada yang dikeluhkan dari kemampuannya memotret.

Satu hal yang menarik adalah kemampuannya merekam video HD hingga 720p. Sejalan dengan diluncurkannya TV-TV HD, dan dukungan video HD di situs upload video seperti Youtube, maka ini adalah pertanda baik. Sayang memori yang dibutuhkan untuk menyimpan video HD lebih besar dari video kebanyakan. Terlebih ketika iPhone tidak menyediakan ruang tambahan untuk memori eksternal.
Untuk Anda yang masih membutuhkan informasi tentang keberadaan editor video atau foto di sebuah ponsel, di iPhone 4 ini sudah tersedia fitur editor video dengan melakukan trim. Tapi untuk foto, Anda perlu mendownload dan menginstal aplikasi yang lebih baik.

Baterai
Banyak faktor yang harus dipertimbangkan ketika mereview baterai. Secara kasat mata, baterai iPhone 4 sudah lebih baik dari iPhone 3Gs. Dengan pemakaian yang normal, plus email feed, messenger dan penggunaan kamera, ponsel ini bisa bertahan hampir dua hari. Hampir loh. Karena bagaimanapun jaringan HSDPA dan WiFi menyedot daya yang tidak sedikit. Bila dibandingkan dengan ponsel pintar dari kubu sebelah, semisal BlackBerry Bold 9700, maka pengalaman yang dirasakan, iPhone 4 memberikan daya tahan yang sedikit lebih baik. Sayangnya, seperti biasa kita tidak diberi keleluasaan untuk menggantinya dengan baterai cadangan misalnya.

Review sebelumnya: Disain, Retina Display dan Multitasking



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “iPhone 4, review App Store, iPod, Koneksi, Kamera dan Baterai”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.