Sony Ericsson E15i Xperia X8, review Kamera, Audio, dan Fitur


Ads:

Xperia X8 termasuk ponsel Android kelas menengah yang cukup menggiurkan. Dengan harga terjangkau, seri ini tergolong kaya fitur dengan inovasi interface untuk mempermudah penggunanya. Setidaknya, kalangan yang merindukan Android murah dengan fasilitas cukup mewah bisa memilihnya.

Dengan beberapa Android sekelasnya, Sony Ericsson Xperia X8 memiliki daya saing yang cukup tinggi. Namun, ada beberapa hal yang patut dicermati seperti kelemahan sektor kamera, kemampuan browser standar serta komponen casing standar.
Kamera
Pengaturan kamera ponsel ini hampir menyerupai X10 mini. Simpel dengan empat preset untuk foto (Auto, Beach/snow, Twilight dan Sports) dan dua mode kualitas untuk kamera (Normal dan For MMS). Dibandingkan X10 Mini (5 megapiksel), kamera X8 mengalami penurunan menjadi 3 megapiksel (2048x1536 piksel). Tapi harap dicatat, layar X8 lebih lebar dan resolusinya meningkat dua kali. Kualitas gambar setidaknya jadi lebih baik saat dilihat di layar.
Saat dijajal memotret dalam kondisi outdoor, memang cukup cerah dan fokus. Namun, tingkat ketajamannya kurang begitu baik. Sementara dalam kondisi dalam ruangan gambar cenderung kurang tegas dengan bintik noise menghiasi di sana-sini.

Soal video, kamera ponsel ini bisa merekam VGA video pada 30 frame per second. Tentu saja kualitasnya tergolong standar meski dalam kondisi bergerak Anda akan mendapatkan hasil yang kurang fokus.

Audio
Pemutar musik pada Sony Ericsson Xperia X8 sama dengan X10 Mini. Tak terlalu bagus lantaran fungsi yang ditawarkan terbatas. Tak ada equalizer preset atau skin alternatif pada pemutar musik X8. Hal menarik dari pemutar musik ini adalah keberadaan tombol Infinite yang bisa membantu mencari lagu langsung dari YouTube atau di PlayNow. Anda juga bisa memanfaatkan TrackID untuk mendengarkan contoh lagu dan mencari informasinya.

Anda bisa mendengarkan lagu yang diputar dari loudspeaker yang terletak di belakang bodi. Suaranya tergolong nyaring dan `nendang' untuk ukuran ponsel Android. Lebih puas lagi bila mendengarkan lagu via headset yang kompatibel dengan standar 3,5 mm. Uniknya, port audio 3,5 mm pada ponsel ini memiliki bentuk unik yang kabarnya didesain untuk mengakomodasi headset khusus Hi-Fi Sony Ericsson MH-810. Headset ini bisa beroperasi dengan remote kontrol khusus.

Radio FM menjadi pilihan yang tak kalah menggiurkan di sektor audio. Sebelum menyetelnya, Anda harus menancapkan headset yang berfungsi sebagai antenna. Seperti radio FM Sony Ericsson umumnya, fitur ini sudah mendukung RDS.

Fitur
Timescape menjadi aplikasi yang turut melengkapi user interface X8. Lewat fitur ini, tanpa harus mengakses menu Lain, pengguna bisa menampilkan update Twitter, Facebook, miscall atau email dari satu lokasi saja.

Untuk mengakses situs jejaring sosial, Sony Ericsson Xperia X8 juga sudah mengemas aplikasi Facebook. Lantas tersedia fitur GPS yang didukung aplikasi Google Maps. Juga tersedia fitur standar Android mulai dari GoogleTalk, Android Market, Gmail dan YouTube. Aplikasi pilihan lain seperti Data Monitor, CreateTouch, Navigation, WisePilot, RoadSync sudah melengkapi ponsel ini. Termasuk juga aplikasi standar yang biasa ditemukan dalam ponsel seperti kalendar dan kalkulator.

Untuk keperluan penyimpanan aplikasi tambahan, X8 sudah disupport dengan memori internal sebesar 170 MB. Jika dirasa masih belum cukup Sony Ericsson sudah menyiapkan slot kartu memori micro SD bertipe hot swap. Namun, Anda harus membuka casing belakang untuk menyisipkan kartu.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Sony Ericsson E15i Xperia X8, review Kamera, Audio, dan Fitur”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.