Samsung I5500 Galaxy 5 review Disain, Display dan Kamera


Ads:

Walau sudah memiliki sistem operasi sendiri, Samsung nampaknya mencoba realistis dengan mengikuti trend pasar Android yang kini sedang sangat berkembang. Jadi, daripada mereka memaksakan produk Bada-nya masuk ke pasar yang belum siap lalu malah jadi tenggelam, produk dengan OS Android dengan banderol murah akhirnya menjadi pilihan.

Disain dan Display
Desain Galaxy 5 tidak nampak seperti ponsel mahal, alias sesuai dengan harganya. Bahan yang digunakan adalah plastik yang agak licin di tangan, serta agak lebar. Mungkin ini dimaksudkan untuk mengakomodasi kebutuhan layar sentuhnya.
Namun begitu, bagian muka ponsel ini masih dilengkapi beberapa tombol seperti menu, home, back, Search, penjawab panggilan, penolak panggilan sekaligus tombol daya & kunci layar, serta tombol navigasi 5 arah, tombol navigasi ini paling berguna jika anda ingin mengoreksi karakter yang salah ketika sedang menulis pesan. Maklum, menyentuh bagian yang presisi di antara huruf-huruf yang kecil dengan jari tentu bukan perkara mudah.

Karena secara umum tampilan antarmukanya tergolong mirip dengan ponsel Android 2.1 lainnya, maka langsung saja memberikan penilaian terhadap satu hal mengganggu yang selama proses pengetesan berulang kali terjadi, yakni mengenai tombol kunci layar yang menyatu dengan tombol daya. Begini. Dari versi-versi awal hingga kini, Samsung memfungsikan tombol tersebut untuk kembali ke home alias layar utama secara cepat. Namun di ponsel Androidnya kali ini, berhubung Samsung tidak memisahkan tombol daya seperti di Galaxy S, maka jadilah tombol ini berfungsi juga sebagai pengunci layar.


Jika anda pengguna lama Samsung, mungkin anda akan mengalami seperti apa yang dialami saat pengetesan. Ketika sedang masuk menu dan ingin keluar, alih-alih kembali ke layar home yang terjadi malah mengunci layar. Memang, untuk keperluan ini sudah disediakan tombol khusus.
Namun namanya juga kebiasaan, pasti sedikit merepotkan untuk membiasakan diri dengan ponsel ini. Lebih jauh, prosesor 600 Mhz membuat kinerjanya terasa biasa-biasa saja.

Kamera
Kameranya hanya 2 MP, dan tanpa dilengkapi lampu kilat. Hasilnya pun tidak dapat banyak diandalkan. Kamera yang disematkan di Galaxy 5 ini mungkin lebih cocok untuk pelengkap dokumentasi aktivitas jejaring sosial anda. Karena dengan aplikasi khusus Android, mengunduh foto jadi begitu mudah. Apalagi dilengkapi dengan Geo-tagging sehingga lokasi tempat mengambil gambar bisa dilacak di kemudian hari.
Meski begitu bukan berarti hasilnya buruk. Misalnya ketika mencoba menangkap suasana di stasiun Gambir pada sore hari, hasil foto mampu menghasilkan gambar sesuai dengan yang diinginkan. Tentu ini tergantung angle dan beberapa faktor teknis lainnya.
Namun untuk foto dalam ruang, hasilnya nampak agak over, sehingga warna-warna yang keluar kurang natural. Anda bisa bersenang-senang juga dengan fitur smile shot-nya. Ketika dicoba, kamera akan membaca gerakan senyuman di wajah. Kalau belum berhasil, ulangi saja senyuman anda setelah hitungan ketiga, misalnya, lalu tahan beberapa saat. Pastikan juga obyek tidak terlalu banyak bergerak.


Selanjutnya review Audio, Konektivitas dan Fitur



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Samsung I5500 Galaxy 5 review Disain, Display dan Kamera”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.