Nokia C5-03 mungil berfitur lengkap


Ads:

Melengkapi pendahulunya Nokia C5, kembali pabrikan asal Finlandia ini merilis keluarga C5 baru namun dengan konsep layar sentuh. Tak seperti pendahulunya yang mengadopsi model lawas dengan papan akses alfanumerik, C5-03 memiliki tampilan teknologi layar sentuh khas smartphone. Secara keseluruhan, apa yang membedakan ponsel ini dengan pendahulunya, baik dari sisi fitur maupun inovasi?

Beberapa ponsel bergenre 'C' yang belakangan dirilis Nokia kini lebih banyak mengadaptasi teknologi touchscreen sebagai pendongkrak nilai jual, dan nampaknya hal tersebut telah menyasar pada semua segmen.

Kemasan Nokia C5-03 yang berdimensi 105.8 x 51 x 13.8 mm berbobot 93 gram, cukup ringan untuk smartphone kelas menengah. Wajar saja karena ponsel ini hadir dengan bodi berbahan plastik glossy dengan ukuran nyaman di genggaman maupun saku. Pada bodi ponsel tak ditemukan komponen berbahan dasar logam.

Menyisir sisi ponsel hanya tersemat port charger dan micro USB pada bagian atas serta switch zoom (+/-) dan lock/unlock pada sisi kanan. Simpel dan ergonomic.
Tampilan muka pun begitu, hanya layar lapang berdiagonal 3,2 inci menemani jajaran akses call, menu dan end/power (on/off).




Tampilan belakang cukup dihiasi kamera berkekuatan 5 megapiksel dan speaker stereo yang tampil pada grid bawah ponsel. Secara keseluruhan baik bentukan maupun akses fisik ponsel mengemas karakter minimalis.

Pada sektor interface alias antarmuka, C5-03 tampil dengan teknologi layar sentuh berkarakter TFT resistif, yang mengakomodasi 16 juta warna dengan kerapatan 360x640 piksel. Pada desktop utama, C5-03 membesut OVI profile (add), email, dan network dalam widget. Sedangkan ikon shortcut yang hadir adalah Messages, Ovi Maps, Ovi Store dan kamera.

Masuk pada jajaran menu, kita mendapati beberapa fitur khas Nokia semisal Ovi Store, Ovi Maps dan komunitas social networking yang di dalamnya dapat kita temui akses jejaring sosial semacam Facebook, Twitter maupun Friendster.

Selain itu beberapa aplikasi berbasis office juga disediakan C5-03 dalam memaksimalkan jajaran fiturnya. Diantaranya adalah Quick Office, Dictionary dan Converter. Tak hanya itu, tersedia juga toko online amazon.com secara default pada jajaran menu, ditambah kita bisa bercengkrama dengan mengoptimalkan Ovi chat sebagai sarana interaksi.

Smartphone mungil ini menyertakan kamera 5 megapiksel (2592 x 1944 piksel) sebagai sarana jepret gambar atau rekam gerak. Walau minus penyokong cahaya, ponsel ini cukup layak dalam menghasilkan rekaman gambar maupun gerak. Beberapa fitur seperti geo-tagging, editor foto dan variasi foto pun tersemat di dalamnya. Seperti pengaturan density (terang/gelap), light sense (iso), dan colour tone (sephia, BW, vivid, negative).
Ketika dijajal untuk melakukan sesi pemotretan, hasil foto di dalam dan luar ruangan tajam dan cerah. Namun semuanya harus didukung dengan pencahayaan memadai. Dari hasil pengambilan gambar kedua sesi tadi cukup menghasilkan keluaran warna yang natural.

Tak puas optimal pada sesi potret, jajaran audio ponsel ini juga dibekali speaker stereo yang mampu mengeluarkan suara cukup jernih, terasa nyaman baik saat menggunakan speaker maupun headphone. Mendukung beragam format seperti MP3/WAV/eAAC+i WMA, kita cukup leluasa menikmati lantunan audio beragam konversi.

Sebagai alternatif, kita dapat mendengarkan radio yang telah disematkan teknologi RDS. Guna merekam audio dari beragam momentum, ponsel ini juga menyediakan sarana audio recording yang mendukung format AMR. Dilihat secara keseluruhan fasilitas multimedia yang diterapkan ponsel ini cukup mewakili kebutuhan pengguna.

Tak mau kalah dengan sektor audio, pada ranah video player, ponsel yang mampu menjalankan format MP4/ 3GP/WMV ini membekali diri dengan tampilan fullscreen guna menikmati audio visual. Hanya saja fitur ini hanya dapat berjalan pada posisi landscape alias horizontal.

Ponsel yang membekali diri dengan HSDPA 10.2 Mbps dan HSUPA 2 Mbps cukup memberikan kelancaran dalam mengakses internet. Menjelajah ranah maya itu bisa dilakukan via jaringan operator maupun akses Wi-Fi. Selebihnya sarana kabel data dan Bluetooth menjadi andalan lain dalam melakukan koneksi tukar data.

Beberapa link yang terintegrasi dengan layanan online pun siap memberikan keasyikan selancar maya, baik untuk kepentingan jejaring sosial, chatting, pemetaan, GPS maupun belanja online. Nokia sendiri membenamkan aplikasi OVI (Ovi Mail, Ovi Chat, Ovi Maps, Ovi Store) secara lengkap pada ponsel ini dengan tujuan mengoptimalkan layanan online secara terpadu.

Walaupun canggih, ponsel ini masih berjalan pada platform Symbian S60 versi 5 sebagai penyokong kinerjanya. Dipersenjatai prosesor CPU ARM 11 600 MHz, cukup memberi greget dalam menjajal kelancaran aplikasi dan fitur.

Beberapa aplikasi penunjang semisal multimedia, office, community, maupun fitur khas dari Nokia bisa dijadikan sarana pengusir kebosanan. Kita pun sejatinya dapat membenamkan aplikasi favorit baik koneksi PC maupun download langsung via ponsel, semuanya tersimpan rapi dalam folder aplikasi.

Sebagai sarana penyimpanan data, Nokia C5-03 dibekali 40 MB storage dan 128 MB RAM sebagai kantong data internal. Apabila tak cukup, memori ekspansi bertipe microSD sebesar 16 GB pun bisa dijejalkan dalam ponsel ini.

Sebagai ponsel layar sentuh kelas menengah ke bawah, tampilan C5-03 yang ringkas termasuk menarik. Ditambah dengan fitur lumayan lengkap di kelasnya dan kehandalan kinerjanya berkat dukungan prosesor dan platform Symbian S60 5th edition versi terbaru.
Dengan kisaran harga di bawah $200, Nokia C5-03 adalah primadona baru untuk kelas ponsel layar sentuh segmen komunitas. Sejatinya baik harga maupun kemasan yang ditawarkan cukup rasional bagi kita yang bermimpi memiliki ponsel dengan paket lengkap dari vendor ternama.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

2 comments to “Nokia C5-03 mungil berfitur lengkap”

bikin ngiler aja nih nokia...

Steve said...
on 

harga segitu dah dapat samsung galaxy mini,

gandiwor said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.