BlackBerry Torch 9850 Monaco


Ads:

Setelah Bold Touch 9900 Dakota yang Kami uji di artikel lalu, kini lagi BlackBerry Monaco 9850 dengan sistem operasi terbaru RIM BlackBerry OS 7 telah hadir. Kali ini smartphone BlackBerry yang diuji berasal dari keluarga Torch. HP pintar ini adalah yang ketiga dari BlackBerry dengan desain tanpa keyboard.
Desain elegan serta performa apik BlackBerry OS 7 merupakan kombinasi menarik yang dibawa Monaco 9850. Namun ketiadaan tombol fisik bagi sebagian pengguan setia BlackBerry tentu mengurangi pesona HP ini terutama saat digunakan BBM-an. Di luar itu, segala fitur menarik dalam Monaco 9850 membuatnya layak dipilih meski beberapa diantaranya bisa ditemukan pada BlackBerry OS sebelumnya. Berikut ulasan untuk smartphone yang mengantongi nama keren Monaco ini.

BlackBerry Torch 9850 MonacoTanpa kehadiran keyboard fisik, Monaco 9850 tampil memanjang dan terkesan ramping. Secara fisik Kami menemukan kemiripan HP ini dengan Onyx terutama pada bodi bagian atasnya. List plastik berfinishing metal-look yang simetris dari bagian atas ke sisi bawah memperkuat image elegan yang dimiliki Monaco 9850. Sisi depan yang melindungi layar tersambung dari sebagian atas HP hingga ke bawah juga tak kalah menarik perhatian. Tutup baterai terbuat dari material logam dengan cat doff memberi kesan kokoh tanpa mengurangi cita rasa berkelas pada fisik HP ini.

BlackBerry Torch 9850 Monaco4 buah tombol fisik masing-masing call, menu (BlackBerry), back dan end/power mengapit optical trackpad tepat di bawah layar Monaco 9850. Di sisi atas HP, bertengger tombol pengunci yang secara kasat mata hanya diwakili simbol bergambar gembok. Disamping kanan, disematkan tombol pengatur suara, tombol play/pause dan tombol shutter menemani gerbang audio 3.5mm, sedang port microUSB ada tepat di tengah pada sisi kiri HP.

OS teranyar RIM ini secara umum nyaris tidak terasa perubahan pada tampilan antara BlackBerry OS 7 dari versi 6. Perubahan yang terlihat hanya dari ikon yang digunakan pada menu aplikasi. Pada versi 7 ini ikon-ikon yang digunakan lebih berwarna dengan bentukan yang mirip untuk memudahkan pengguna BlackBerry dengan OS versi terdahulu mengenali setiap ikon. Selebihnya tampilan kedua versi bisa dikatakan identik.

Juga seperti versi 6, tersedia 5 buah panel pada homescreen, all, favorites, media, downloads dan frequent. Pengguna dapat memilih untuk menghilangkan salah satu atau beberapa panel dengan menekan tombol menu, kemudian pilih "Manage Panels". Notifikasi yang perlu diperhatikan pengguna berkumpul tepat di bawah tampilan jam dan diapit tombol virtual profil dan search.

Salah satu perkembangan yang terdapat pada versi 7 adalah dukungan terhadap teknologi NFC (near field communication) yang memungkinkan transaksi, pertukaran data, serta hubungan nirkabel antara dua perangkat berbeda yang diletakkan berdekatan, namun fitur tersebut tidak dimiliki Monaco 9850.

Kita pasti setuju bahwa salah satu keunggulan perangkat BlackBerry dari para pesaingnya adalah fitur BlackBerry Messenger (BBM) yang sangat adiktif. Dan seperti halnya Bold Touch, Monaco 9850 juga dibekali BBM versi 6 secara default. Pada versi terbaru ini pengguna dapat mengintegrasikanBBM dengan aplikasi pihak ketiga yang memiliki fitur "BBM Connected". Hal ini memungkinkan pengguna untuk menikmati fungsionalitas BBM dari dalam aplikasi yang telah dihubungkan.

Selain BBM ada pula aplikasi Social Feeds yang memudahkan pengguna untuk terhubung dan berkomunikasi dengan teman-teman di jejaring sosial ataupun instant messaging client popular seperti Facebook, Twitter, Yahoo! Messenger, Windows Live dan Google Talk. Aplikasi ini sebenarnya sudah bisa ditemukan pada perangkat BlackBerry dengan sistem operasi versi 6. Ketiadaan keyboard fisik bagi sebagian orang juga akan mengurangi kecepatan bahkan menyulitkan ketika mengetik pesan.

Ukuran tombol pada virtual QWERTY keyboard HP ini jelas menyulitkan pengguna dengan jari berukuran besar. Untuk itu pengguna dapat mengubah tampilan keyboard dalam bentuk "reduce keyboard" yang memiliki ukuran tombol virtual lebih besar. Pengaturan ini dapat diakses melalui Setup>Keyboard, pilih reduced keyboard, klik tombol back, dan pilih save.

Tidak seperti 2 buah BlackBerry-tanpa- keyboard sebelumnya yaitu Storm dan Odyn (Storm 2), Monaco tidak menggunakan teknologi SurePress tak lain karena teknologi tersebut memang dianggap gagal menandingi layar sentuh pada iPhone dan investasi pengembangannya telah dihentikan oleh RIM sejak setahun lalu.

Mengikuti tren HP layar sentuh berukuran luas, display pada Monaco 9850 memiliki ratio widescreen pada posisi landscape. Kami juga merasakan responsifitas yang sangat baik saat menyapu layar menyusuri panel homescreen maupun memperbesar tampilan halaman situs web dengan pinch-zooming. Kesulitan mungkin akan pengguna temukan saat mencoba mengoreksi ketikan yang salah dan menempatkan kursor pada bagian tertentu menggunakan layar sentuh, namun dengan bantuan trackpad hal tersebut dapat dengan mudah diatasi.

Layar HP ini mampu menampilkan kualitas grafis yang sama baiknya dengan Bold Touch 9900. Untuk pengguna BlackBerry yang beralih ke Monaco 9850 dari perangkat BlackBerry lain dapat memindahkan segala data serta pengaturan yang tersimpan pada perangkat lamanya dengan menggunakan BlackBerry Desktop Software.

Cara lain yang menjadi alternatif adalah menggunakan kartu penyimpanan. Pengguna dapat mengakses fitur ini melalui menu setup>device switch>using media card. Namun untuk menggunakan metode ini, perangkat BlackBerry lama harus memiliki fitur yang sama. Sebenarnya ada cara lain yang dapat dilakukan yaitu menggunakan aplikasi BlackBerry Protect, namun untuk sementara aplikasi ini belum bisa digunakan di Indonesia menggunakan Monaco 9850.

Dari segi tampilan dan fitur, Kita mungkin tidak akan merasakan perbedaan anatara browser BlackBerry versi dengan OS 6 dan versi 7. Seperti halnya browser pada OS 6, browser milik Monaco 9850 juga telah dilengkapi kemampuan multi tab browsing dan pinch zooming.

Hal tersebut bukan berarti tidak ada pengembangan pada browser OS 7, sebab RIM telah mengintegrasikan JavaScript engine terbaru yang membuat browser HP ini mengalami peningkatan kecepatan hingga 40% dalam membuka halaman situs dibanding versi terdahulu disamping panning dan zooming yang Iebih halus. Dukungan terhadap video HTML 5 juga menjadi poin penting browser BlackBerry pada versi ini.

Juga senada dengan Bold 9900, Monaco 9850 juga dipersenjatai kamera dengan resolusi 5MP dan menggunakan fitur sama seperti 2 BlackBerry OS 6, Onyx 2 dan Torch. Gambar yang dihasilkan kamera ini juga balk berkat fitur apik semisal autofocus dan flash yang sangat membantu saat keadaan pencahayaan disekitar objek kurang mendukung.
Hal menarik yang juga bisa ditemukan pada sektor kamera HP ini adalah kemampuannya untuk mengabadikan gambar bergerak kedalam video beresolusi tinggi 720p. Dengan dukungan fitur image stabilization kamera video Monaco 9850 lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

2 comments to “BlackBerry Torch 9850 Monaco”

Masa copy paste artikel orang men, gak malu amat lu ah...

Anonymous said...
on 

Ya begitulah, jangankan blog ini, contohnya: detikinet, techno.okezone juga menyadur dari website orang lain... so anda ndak usah bingung... pagerank masih 3

Anonymous said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.