Mengenal Lebih Jauh Near Field Communication


Ads:

NFC merupakan akronim dari Near Field Communication, yaitu suatu teknologi yang merupakan pengembangandari teknologi kartu Radio Frequency Identification (RFID).
Secara prinsip RFID memiliki bentuk dan kegunaan yang sama dengan kartu ATM. Hanya saja bedanya dengan kartu ATM, untuk melakukan suatu pembayaran kartu RFID tidak perlu digesek ke suatu alat namun cukup didekatkan ke suatu alat yang disebut reader. Di Indonesia, kartu RFID sudah banyak digunakan seperti e-toll untuk pembayaran otomatis di gerbang tol.

Near Field CommunicationPada HP yang sudah ditanamkan chip NFC maka HP tersebut dapat bertindak sebagai alat pembayaran dan bisa juga bertindak sebagai reader. Untuk pertama kalinya teknologi NFC juga akan diintegrasikan ke dalam kartu SIM yang memungkinkan operator kartu untuk memasukkan layanan NEC langsung ke kartu itu sendiri. Dalam hal ini akan memudahkan untuk melakukan pertukaran data antar perangkat seperti memindahkan file gambar, data, dengan cara yang lebih sederhana dan nyaman.

Dan dalam penggunaan lain seperti informasi kartu kredit dapat dengan aman disimpan pada kartu SIM. Selain itu hanya cukup mendekatkan perangkat HP dengan mesin terminal pembayaran maka proses pembayaran dapat dilakukan dengan cepat dan lebih sederhana.

Semua perangkat NFC memungkinkan untuk membaca dan menulis informasi pada kecepatan tinggi (424 Kb/s). Koneksi NFC terjadi ketika ada sambungan antar perangkat yang kompatibel dengan Bluetooth dan Wi-Fi. Karena cara dan fungsi yang sangat terbatas itu maka akan menjamin komunikasi antar perangkat yang aman dari kehilangan data.
Beberapa fungsi yang dapat dijalankan melalui fitur NFC :
• Pembayaran Kartu kredit yang terintegrasi ke perangkat mobile/HP
• Pembayaran tiket elektronik untuk penggunaan transportasi
• Dokumen elektronik pribadi
• Download data seperti jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api
• Pembayaran tiket penerbangan dan pemesanan hotel
• Musik dan download foto dari kamera, HP dan pembaca multimedia
• Koneksi P2P (peer to peer) untuk transmisi informasi yang mudah antara perangkat nirkabel

Dengan teknologi Near Field Communication (NFC) akan membuat hidup menjadi lebih mudah dan lebih nyaman karena lebih mudah untuk melakukan transaksi, pertukaran konten digital dan penghubung antar perangkat elektronik secara cepat.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Mengenal Lebih Jauh Near Field Communication”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.