Layanan data di 2012 makin murah


Ads:

Jumlah pengguna internet di tanah air terus meningkat. Bahkan, Indonesia disebut-sebut masuk jajaran lima besar di Asia dalam pengguna internet. Tak berlebihan jika operator seluler kian fokus menggarap sektor Iayanan data dan tarifnya mulai semakin turun meski masih bersifat promosi.

Layanan data di 2012 makin murah
Di 2015 pemerintah menargetkan pengguna internet mencapai 50 persen dari total populasi penduduk. Untuk periode 2013-2014, pemerintah menargetkan terwujudnya masyarakat Indonesia yang informatif dan sadar terhadap pemanfaatan akses internet.

Data dari salah satu lembaga survei menyebutkan hampir setengah dari pengguna internet di Indonesia mengakses internet dari telepon genggam mereka. Disinyalir sekitar 48 persen pengguna internet di Indonesia menggunakan ponsel untuk mengakses internet.

Tingginya akses internet melalui ponsel mobile di Indonesia disinyalir berkat murahnya harga jual handset yang mengakomodasi layanan data. Selain itu, harga berlangganan internet mobile di Indonesia terus mengalami penurunan meski hanya dalam konteks 'promosi'.

Persaingan yang kian ketat di sektor layanan data memang mendorong operator terus menekan tarif internet. Ambil contoh Axis yang meluncurkan paket data hemat dan mudah yaitu paket Axis Eksis. Menurut Chief Marketing Officer Axis, Daniel Horan, Axis Eksis menawarkan pemakai internet terus terhubung melalui internet. Tarif yang ditawarkan adalah paket mingguan seharga Rp 9.900 per minggu dan Rp 29.900 per bulan.

XL pun meluncurkan program "Xmua 49" yang menawarkan kemudahan untuk mengakses internet dan Iayanan data, antara lain berupa Paket BlackBerry dan Internet Unlimited. Paket berlangganan XL Internet Unlimited juga bisa didapatkan pelanggan dengan harga Rp 49ribu/30 hari. Dengan berlangganan semurah itu, pelanggan akan mendapatkan Iayanan berkecepatan sampai to 512 Kbps.
Caranya sangat mudah, pelanggan hanya perlu membeli kartu perdana XL Internet Unlimited dan mengaktifkannya. Sementara itu bagi pelanggan lama cukup dengan cara mengaktifkannya melalui *123*400#. Paket Internet Unlimited Rp 49ribu/30 hari ini berlaku nasional selama ada jaringan XL

Telkomsel pun akhir bulan lalu menggelar promo simPATI Puas 2. Pelanggan dapat menikmati promo ini melalui akses *999*51# untuk internetan dan SMSan dengan tarif yang lebih murah bahkan GRATIS. Promo simPATI Puas 2 memberikan tarif hemat bagi pelanggan yang sering menikmati layanan internet dan SMS. Pelanggan yang gemar internetan, chatting, social networking, email, upload, dan download video hanya dikenakan tarif Rp 2/Kb. Setelah pemakaian akumulasi 3 Mb pelanggan dapat menikmati internetan GRATIS seharian.
VP Product Marketing Telkomsel Lindayanti Harjono mengatakan, "Promo simPATI Puas 2 merupakan salah satu upaya kami dalam mengakomodir kebutuhan tersebut dengan menghadirkan layanan komunikasi yang terjangkau dan berkualitas, seiring tingginya kepercayaan pengguna produk dan layanan Telkomsel yang kini telah mencapai 105 juta pelanggan."

Contoh di atas memperlihatkan bahwa paket data dan layanan internet operator semakin murah. Namun, soal tarif masih cenderung belum memuaskan. Pasalnya, setiap penawaran tarif murah, pelanggan harus siap kecepatan dikurangi dan mendapat kualitas seadanya.

Apalagi sampai sekarang tarif layanan data dan kualitasnya belum diatur secara ketat oleh pemerintah. Sehingga operator memiliki peluang untuk mencari celah dan mengakalinya. Janji pemerintah tarif internet bakal turun sampai 200 persen masih belum terealisasi. Bahkan belum ada regulasi yang mampu mendorong penurunan tarif internet.

Kendati begitu, lantaran kompetisi yang ketat di ranah layanan data, operator terus bermain dengan penurunan tarif. Hanya saja, seperti pernah disinggung sebelumnya, pelanggan harus rela berkompromi dengan penurunan mutu internet. Untuk saat ini sepertinya paket data internet tetap akan turun sedikit demi sedikit meski lagi-lagi masih dibungkus embel-embel 'promosi' atau masa berlaku.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Layanan data di 2012 makin murah”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.