Nokia 5800 Xpress Music


Ads:

Desain
Bila dibandingkan dengan ponsel ber-UI sejenis, 5800 bisa dibandingkan lebih ponsel. Artinya 5800 memiliki ukuran ponsel pada umumnya. Tidak berpatokan pada umumnya. Tidak berpatokan pada proporsi seri N namun tetap setia pada jalur Xpress Music yang memiliki ciri berukuran normal dengan aksen membulat di ujung atas dan bawah sehingga tampak seperti ouval.

5800 merupakan ponsel candybar tanpa deret keypad di bagian permukaan. Layar sentuh mendominasi bagian ini. Namun seperti biasa tombol call/end dan satu tombol yang didedikasikan sebagai tombol menu tetap hadir di bagian bawah. Hal yang sama seperti yang ditemukan pada iPhone ataupun Samsung Omnia.

Interface
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, 5800 memilih menggunakan layar sentuh sebagai sarana utama untuk berinteraksi. Layar sentuh TFT 16,7 juta warna resolusi 640 x 360 pixel (rasio 16:9) berukuran 3,2 inch sanggup menjalankan tugasnya dengan baik. Ikon-ikon menu ditampilkan dalam ukuran besar. Cukup besar hingga nyaman untuk diakses dengan menggunakan ibu jari. Atau pun bisa menggunakan media stylus Plectrum yang berbentuk mirip pick gitar dan stylus Pen untuk melakukan input handwriting.

Imbasnya, Nokia harus memutar otak untuk bisa mewujudkan perangkat seperti ini. Entah mana yang muncul lebih dulu, Symbian S60 edisi ke-5 atau disebut 5th edition mampu memfasilitasi kemampuan seperti ini. Sebelumnya, hanya Symbian semisal UIQ yang memiliki interface sentuh.

Keuntungan satu-satunya yang didapat dari interface baru ini adalah keunikan. Banyak hal baru yang bisa kita temukan. Semisal Media Bar, yang memuat sejumlah shortcut menuju fungsi multimedia. Kemudian hadirnya shortcut-shortcut tersembunyi yang bisa diakses dengan menyentuh ikon jam. Hingga adanya sensor pintar di bagian muka ponsel untuk menghindari tertekannya layar saat menerima telepon atau mengaktifkan mode silent dengan hanya menelungkupkan 5800.

Fitur Unggulan
Pemutar Musik
5800 adalah sebuah pemutar musik. Software yang ia gunakan merupakan software yang berbasis pada pemutar musik Symbian sebelumnya, yang biasa ditemukan di Nokia seri N. Seperti pada Xpress music lain, pemutar musik 5800 juga ditemani oleh sejumlah fitur pelengkap semisal music store dan transfer file music dari CD kesayangan.

Kualitas pemutar musik ini bisa dibilang memuaskan. Hampir semua fitur yang dimiliki pemutar musik digital terkini sudah ada di dalamnya. Bahkan dengan dukungan speaker stereo bercorong ganda dan sistem sound widening yang mumpuni, output suara masih bisa dibilang baik meski tanpa headset dan speaker tambahan.

GPS
Ponsel musik ber-UI sentuh ini juga telah dilengkapi receiver GPS dan Nokia Maps. Belajar dari pengalaman, Nokia telah memperbaiki map dan sistem navigasi yang dimilikinya. Ini akan mempermudah pemilik ponsel Nokia yang sudah dilengkapi GPS dan Nokia Maps versi terbaru. Sayangnya, untuk 5800 sendiri full navigasi hanya diberikan gratis selama 7 hari pemakaian.

Internet
Selain membawa browser khas sebuah ponsel Symbian S60, 5800 juga membawa sejumlah koneksi cepat. Diantaranya adalah HSDPA 3,6 mbps dan WIFI.

Dengan porsi layar widescreen layaknya lcd komputer rasio 16:9, maka kegiatan browsing akan lebih leluasa. Demikian pula kontrol melalui UI sentuh yang cukup membantu dalam menggeser sebuah halaman (panning).

Portal Blog
Dukungan HSDPA dan WIFI siap untuk mendukung proses uploading file, utamanya foto dan video langsung dari ponsel ke portal yang didikasikan, nokia memilih OVI sebagai sarana untuk berbagi secara online. Anda bisa melakukan ini dengan cara mengakses foto dan memilih opsi upload.

Kamera
Meski bukan resolusi tertinggi untuk saat ini, kamera 5800 cukup mumpuni dalam menghasilkan foto secara spontan. Cukup baik karena telah memiliki fitur autofocus dan pengaturan lanjutan lain.

Baterai
Sejumlah fitur yang dimiliki 5800 merupakan faktor pemboros energi. Untuk itu baterai yang mmpuni sudah disiapkan. Dengan jenis lithium ion dan kapasitas 1320 mAh, sepertinya semua itu tidak akan menjadi masalah. Namun kenyataannya kapasitas segini belum bisa mendukung seluruh fitur yang ada dengan maksimal. Dalam sekali charging ponsel ini hanya bertahan 2 hari dengan pemakaian yang normal.

KeSimPuLan
5800 memikul tanggung jawab yang tidak ringan. Mengusung interface anyar dan secara otomatis menjadi produk perdana dengan OS yang terbaru menjadikannya produk asing di tengah – tengah persaingan yang semakin ketat. Namun bagaimanapun UI sentuh masih memiliki daya jual tersendiri, kerena mampu menimbulkan faktor fun, terlebih ini adalah ponsel musik.

Kelengkapan koneksi dan GPS merupakan hal lain yang bisa Anda nikmati di 5800. Namun Anda akan membutuhkan sedikit waktu untuk terbiasa berinteraksi dengan ponsel ini. Kecuali jika Anda membelinya hanya untuk bergaya. [A. Sanusi]

Nokia 5800 Xpress Music picture gallery



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Nokia 5800 Xpress Music”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.