NOKIA E75


Ads:

Desain
Dibanding pendahulunya, E71, produk ini lebih ponsel. Artinya bentukan melebar seperti ponsel-ponsel Blackberry dan PDA dihilangkan. Keuntungannya bisa menikmati cara memegang ponsel kebanyakan, ya dengan satu tangan. Jika suatu saat membutuhkan keyboard yang lebih luas, semisal untuk mengetik dokumen dengan kecepatan tinggi, bisa menggunakan keyboard qwerty yang tersembunyi di bagian slider ponsel ini. Seperti biasa, tampilannya khas qwerty Nokia dimana Q,A dan Z berada dalam satu kolom yang sama. Sayangnya, keyboard qwerty ala Nokia E75 ini tidak membawa fungsi kontrol layaknya keyboard HTC Touch Pro. Jadi, untuk mengakses fitur-fitur lain, kita tetap harus menggunakan d-pad yang ada diponsel. Secara umum, ponsel disominasi oleh bahan metal sehingga nampak seperti pendahulu-pendahulunya. Namun ukurannya yang lebih kecil membuat ponsel ini jauh lebih enak digenggam dan diletakkan di saku celana.

Interface
Layaknya sebagian besar ponsel bisnis Nokia, E75 juga dipersenjatai OS Syimbian S60 3rd edition yang kali ini sudah mencapai feature pack ter-up to date. Ada sejumlah hal baru yang bisa ditemukan, salah satunya adalah tata letak menu yang berbeda dari produk-produk lain. Fungsi nya memang baik, yakni mengumpulkan beberapa fitur yang serupa ke dalam sebuah folder, namun justru sedikit membingungkan mereka yang baru pindah dari menggunakan E71. Namun seperti yang diketahui, tata letak ini bisa diedit sendiri, disesuaikan dengan kebiasaan. Khas Symbian S60.

Sebagai ujung tombak, layar khas Nokia high-en pun tetap setia menemani. Layar dengan jenis TFT 16 juta warnaini tertampil dalam diagonal 2,4 inchi dan resolusi QVGA. Sebagai perbandingan resolusi BlackBerry Bold sudah mencapai dua kali lipat resolusi ini, dan HTC Touch Pro sudah 4 kali lebih besar.
Sedangkan untuk sarana kontrol, ada d-pad ditemani keypad ditemani keypad alfanumerik di bagian muka dan keyboard qwerty yang tersembunyi di balik mekanisme slide.

Hardware
Lebih jauh E75, kita akan disuguhi otak dari segala kehebatan ponsel ini, yakni sebuah prosesor ARM 11 369 MHz. tidak semenjajikan produk lain memang. Tapi bisa dibilang setara dengan produk Nokia bisnis sebelumnya.
Sementara itu, di sisi memori E75 bisa dibilang mengalami penurunan. Hanya disediakan 50MB saja ruang memory kosong uantuk pengguna. Bandingkan dengan E71 yang memuat 2 kali lebih besar.

Fitur Unggulan
Nokia eMail
BlackBerry sudah diakui sebagai perangkat sekaligus layanan yang mampu mendukung fungsi push email dengan baik. Hal ini juga difasilitasi oleh operator dan tanpa terasa mulai menjadikan email sebagai salah satu cara mengirimkan pesan antar pengguna ponsel.
Nokia tak mau kalah. Setelah diumumkan beberapa bulan lalu, Nokia Email sudah bisa digunakan dengan penuh. Cara aktivasinya tidak sulit dan bisa dilakukan dengan cepat. Hanya saja, masih menggunakan APN operator sebagai sarana datangnya email ke ponsel. Saat dicoba, email bisa terkirimkan secara real-time. Tidak kalah dari BlackBerry.

Dan untuk sebagian orang yang tidak terlalu banyak menerima dan mengirimkan email per-hari-nya. Penggunaan APN operator justru lebih hemat ketimbang menggunakan APN BlackBerry. Hitung saja, jika sehari menerima 10 hingga 20 email, maka hitungan 5000rupiah perhari akan terasa sangat mahal.
Kekurangannya, Nokia Email hanya akan memfasilitasi email saja. Tidak sampai ke chatting antar pengguna Nokia atau memfasilitasi Facebook.

Mobile Office
Nokia telah berpengalaman dalam hal memfasilitasi file dokumen. Sejak keberadaan seri E lawas pun, dukungan Quick Office tidak henti-hentinya diberikan bagi pengguna ponsel jenis ini. Termasuk di E75. Tidak ada masalah dengan tampilan, karena bisa berubah ke posisi landscape yang akan memperluas area tampil file yang tengah dibuka atau edit.
Jenis format yang bisa dibuka pun masih sama, yaitu word, excel, dan power point. Sedangkan untuk PDF akan diatasi oleh fitur terpisah yang disebut Adobe PDF Reader LE.

Internet dan Konektivitas
Tidak ada yang bisa dikeluhkan di sisi ini. Semuanya disediakan untuk kemudahan berbisnis, baik jaringan data untuk internet dan email hingga jenis koneksi yang lengkap.
Teknologi 3G HSDPA yang memungkinkan transfer data berkecepatan 3,6 mbps merupakan senjata andalan ponsel ini. Dengannya, usaha berkirim email dan menonton tayangan streaming bisa dilakukan tanpa hambatan. Jika kebetulan berada di area ber-hotspot Anda pun bisa memanfaatkan teknologi lain, yakni WiFi dengan profil dan penggunaan yang dibuat mudah bagi siapapun.
Tidak seperti iPhone 3G, ponsel ini dilengkapi Bluethooth dengan profil lengkap, termasuk A2DP dan dapat digunakan berkirim file antar perangkat ber-Bluetooth.

Multimedia
Meski telah dinobatkan sebagai salah satu produk bisnis, E75 tetap dilengkapi dengan sejumlah fitur multimedia. Bukan sekedar pelengkap, mengingat kinerjanya yang diatas rata-rata. Keberadaan kamera digital 3,2 megapixel misalnya. Telah dilengkapi sejumlah fitur penting.
Seperti kemampuan autofocus dan lampu kilat. Minimal, kamera E75 bisa diandalkan untuk merekam momen-momen spontan dengan kualitas yang tetap terjaga.
Kamera E75 juga memiliki kemampuan merekam video beresolusi VGA dengan framerate 30 fps. Artinya, video yang dihasilkan kamera ponsel ini akan tertampil padat dengan kecepatan yang relatif stabil setara dengan kualitas DVD ketika ditampilkan di layar TV konvensional.

Berikutnya kita bisa menikmati pemutar musik Nokia. Tampilan yang disuguhkan tidak semenarik pemutar musik seri N, namun sudah cukup mumpuni karena memuat semua kemampuan pemutar musik jaman sekarang. Sorting file yang lengkap, serta tampilan Now Playing dengan informasi ID3Tag merupakan kata kunci yang paling tepat untuk menjabarkannya.
Satu hal yang tampak kurang wajar adalah kehadiran Port audio 3,5 mm. biasanya hal ini hanya ada di Ponsel-ponsel Nokia seri N atau XpressMusic dan ini merupakan kabar gembira bagi Anda yang mencari perangkat bisnis dengan fitur multimedia setara.
Selain itu, kita pun tetap disuguhi radio fm. Nokia memiliki data bank nama radio frekuensi-nya dari seluruh duni, termasuk Indonesia. Jadi Anda tidak lagi perlu mengatur dan menyimpan stasiun radio secara manual. Anda tinggal memilih kota tempat Anda tinggal dan stasiun radio yang ada dikota tersebut akan tersimpan di daftar frekuensi radio fm ponsel ini.

A-GPS
Kembali, Nokia membenamkan receiver GPS di ponsel ini. Kemampuannya didukung oleh informasi seluler via bts dan disebut sebagai A-GPS. Akurasinya tidak sehebat perangkat GPS portable, namun cukup bisa diandalkan dikota-kota besar karena memiliki yang terus ter-update oleh Nokia Maps.

Baterai
Bila dibandingkan dengan E71, baterai ponsel ini termasuk mengalami penurunan. Kapasitas yang dibawa hanya sebatas 1000 mAh. Dengan jenis lithium ion, memang besaran seperti ini tampak kurang memadai. Dalam sekali charging, ponsel bisa bertahan 1,5 hari.

Nokia E63 picture gallery

Baca juga artikel yang berhubungan :
Nokia E63
Nokia E71
Nokia E66
Nokia E90
Nokia E61i
Nokia E61
Nokia E60



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “NOKIA E75”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.