Compare: 5 Browser Internet alternatif untuk Ponsel


Ads:

Untuk browsing, Opera Mini dan Skyfire yang terbaik. Selain cepat, keduanya juga memiliki menu dan shortcut yang nyaman. BOLT memiliki menu pencarian paling lengkap, namun kemampuan browsing nya tak sebagus Opera dan Skyfire.
Jika suka mendownload file, gunakan UCEWEB yang memiliki download manager terbaik. Namun jika ingin menonton media online, pilihan jatuh ke skyfire yang secara ajaib menyertakan kemampuan video player langsung di dalam browser. Berikut ini ulasannya.

Tak semua browser bawaan ponsel memiliki kemampuan sesuai yang diinginkan. Misalnya cepat membuka halaman web, hemat pemakaian data, download file, hingga membuka halaman web yang lebih kompleks. Peluang ini nampaknya dimanfaatkan benar oleh pengembang pihak ketiga untuk membuat browser unggulan. Penasaran dengan perkembangan teknologi mobile browser, berikut ini pengujian terhadap 5 mobile browser populer : UCWEB, Opera Mini, TeaShark, Skyfire dan BOLT. Pengujian dilakukan dengan menggunakan ponsel Nokia N78 dan koneksi kartu GSM Indosat.

Uji Buka Halaman Web Kompleks.
Saat diuji untuk membuka halaman CNN.com yang cukup kompleks, Skyfire menjadi yang tercepat dan unggul beberapa detik dari Opera Mini yang menduduki tempat kedua. UCWEB menjadi yang paling lambat dengan catatan waktu hingga 26 detik. Bandingkan dengan Skyfire yang hanya memakan waktu 11 detik.
Faktor instaler Skyfire yang berbasis Symbian, serta tidak adanya cek koneksi sebelum loading halaman merupakan faktor yang mempercepat kinerja Skyfire. Skyfire tidak melewati virtual machine seperti aplikasi browser lain yang berbasis java.

TeaShark, Skyfire dan BOLT menampilkan halaman CNN.com persis seperti yang terlihat pada PC sedangkan UCWEB dan Opera Mini melakukan penyesuaian halaman supaya kompatibel dengan layar ponsel.

Menu dan Navigasi
Kelima browser pada dasarnya menyertakan sistem navigasi yang hampir sama dengan mengoptimalkan, hanya saja penempatan menunya berbeda.

Search Engine
UCWEB menyediakan beragam search engine seperti Baidu, Google, Yahoo, dan lainnya. Pencarian juga dapat dilakukan berdasarkan kategori seperti web page, musik, gambar, atau peta.

Opera Mini, TeaShark, Skyfire dan BOLT sama-sama hanya menyediakan search engine Google. Opera mini menambahkan pencarian ke Wikipedia. BOLT juga dilengkapi dengan Bing Search, Find Dictionary, Search for Twitter, Weather information dan Wikipedia Search.

Tampilan Google pada Skyfire dan BOLT mirip dengan tampilan PC. Ketika menginput kata yang dicari Skyfire dan BOLT memungkinkan Anda langsung mengetikkan kata yang dicari pada layar browser. TeaShark mengharuskan Anda masuk ke menu pengetikan lebih dulu.

Kemampuan Streaming Video
Opera Mini dan TeaShark tidak dapat memainkan file video. Sedangkan UCWEB sebenarnya memiliki fitur online media playback untuk menikmati streaming. Namun pada percobaan membuka halaman Youtube, browser ini hanya menampilkan halaman blank.

Saat membuka halaman www.youtube.com dengan Skyfire, video streaming dapat tertampil dengan baik di datam halaman browser. suara dan gambar terlihat jelas. Memang, Skyfire sudah kompatibel dengan format Adobe Flash dan QuickTime.

BOLT menampilkan video streaming dari situs penyedia video seperti YouTube.com dan Vids.MySpace.com dalam video player yang terpisah. Tersedia wizard untuk video player ketika memainkannya pertama kali. Saat diuji membuka YouTube.com, video streaming yang muncul hanya menghasilkan suara tanpa gambar.

Download Manager
TeaShark dan Opera Mini tidak memiliki fitur download manager. Namun, Opera Mini bisa menyimpan halaman web jika ponselnya memiliki kemampuan dukungan JSR 75.

Download manager pada UCWEB mendukung unduhan file ukuran besar dengan kemampuan resume dan pause untuk melanjutkan kembali download file yang terputus.

BOLT dan Skyfire memiliki kemampuan download dan menyimpan image. Skyfire sedikt unggul karena memiliki beberap opsi penyimpanan.

Kadang mengakses menu menyita banyak waktu. Cara tercepat untuk mengakses sebuah fitur adalah dengan menggunakan shortcut.

Semua browser yang diuji memiliki shortcut, namun UCWEB dan Opera Mini lah yang memiliki shortcut yang lengkap. Shortcut pada Skyfire dan BOLT hanya terbatas pada tanda bintang, pagar dan beberapa angka.

Fitur Unggulan
Masing-masing browser mengusung fitur unggulan yang menjadi daya tarik penggunanya. UCWEB mendukung fungsi RSS subscription sehingga informasi terbaru dapat Anda peroleh. Anda dapat melakukan login langsung lewat ponsel atau dengan membuka http://my.ucweb.com/.

Opera Mini mengklaim memiliki kemampuan kompresi hingga 90% lebih kecl dari web aslinya, meskipun dari pengujian kecepatan buka halaman kalah tipis dari Skyfire.

TeaShark memliki 2 tipe zoom. Pertama zoom untuk tampilan, kedua zoom berdasarkan section. Dengan begitu Anda akan dimudahkan untuk melihat sebuah halaman yang besar dalam tampilan selebar layar ponsel. TeaShark juga memiliki fitur bookmark smart web address entry, find text, built-in web search, RSS reader, in-line editing dan permanent history.
Skyfire tidak hanya sekedar browser melainkan juga memberi kemudahan Anda untuk mengaktifkan akun Gmail, Facebook, Twitter, YouTube serta beberapa situs berita lainnya langsung dari browser.

BOLT juga menyediakan aplikasi yang dapat didownload seperti calendar widget dan simple calculator.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Compare: 5 Browser Internet alternatif untuk Ponsel”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.