Nokia E5, review Internet dan Fitur lainnya


Ads:

Aktivitas bisnis yang padat memerlukan pendamping yang handal, termasuk di dalamnya adalah ponsel. Selain memiliki OS terbuka serta kamera memadai, Nokia E5-00 juga membawa segudang fitur kantor yang dapat dimaksimalkan untuk menunjang kinerja Anda. Apalagi baterainya tergolong awet, mencapai 2 hari untuk pemakaian cukup aktif, terutama berinternet.

Namun dari review sebelumnya pada Disain dan Display, Kamera, serta Audio yang paling disayangkan dari seri ini adalah ketidakhadiran satu buah permainan pun. Walau Anda bisa mengunduh dengan mudah dari internet, namun tetap saja `feel' yang berbeda akan terasa antara game bawaan dengan game hasil unduhan.

Internet
Ketersediaan HSUPA membuat kemampuan jelajah data pada perangkat ini dapat diandalkan. Ketika berada di luar jangkauan WLAN, Anda masih bisa menggunakan HSDPA yang sayangnya tidak dilengkapi dengan kamera depan untuk kepentingan video call.

Saat dicoba untuk menjelajah berbagai situs, baik mobile maupun website, halaman demi halaman mampu terbuka dengan baik. Menariknya, ketika menekan tombol Kembali, akan terbuka jendela-jendela yang sebelumnya telah dibuka sehingga Anda bisa memilih dengan cepat halaman sebelumnya yang mana yang ingin dituju.

Namun hal tersebut bukannya tanpa kelemahan. Idealnya, ketika memilih untuk 'kembali', perangkat tidak perlu memuat ulang halaman sehingga selain lebih efisien dari segi waktu, juga menghemat pulsa bagi yang menggunakan koneksi bukan WLAN. Hal ini seperti yang dapat ditemukan di browser Opera Mini.

Setiap kali akan memulai jelajah internet, Anda dapat mengatur 2 opsi dalam memilih profil yang akan digunakan; apakah melalui jaringan operator atau WLAN. Opsi tersebut dapat diatur melalui menu Pengaturan, di mana opsi pertama adalah langsung memilih untuk menggunakan salah satu (tiap kali akan browsing selalu menggunakan jaringan operator atau WLAN) atau opsi kedua adalah perangkat akan menanyakannya terlebih dahulu kepada Anda. Jadi, ketika akan memulai selancar, ponsel akan memunculkan jendela pilihan, profil internet mana yang akan digunakan.

Memiliki layar yang berorientasi melebar (landscape) membuat tampilannya ketika menjelajah cukup nyaman di mata. Jika membuka situs web yang ukuran tulisannya terlalu kecil, perbesar saja dengan tombol * dan # untuk memperkecil kembali. Hal ini juga berlaku saat menyaksikan video di YouTube yang diakses melalui browser. Namun jika mengakses langsung dari aplikasi yang terdapat di folder Internet, video yang diputar akan secara otomatis menyesuaikan dengan layar alias screen fit sehingga lebih nyaman disaksikan.

Sedikit catatan mengenai YouTube, walau masih sama-sama mengalami buffering (dan ini sangat bergantung pada jaringan yang Anda gunakan) ketika pemutaran video, namun buffer maupun loading halaman relatif lebih cepat jika kita langsung mengakses via aplikasinya tersebut.

Fitur
Nokia E5-00 sudah ditanamkan GPS sehingga dapat membantu dalam menemukan suatu lokasi atau memberikan saran terhadap rute suatu perjalanan. Ketika menggunakan Peta, sistem akan mengunduh konten seperti pencitraan satelit, berkas suara, panduan atau informasi lalu lintas serta cuaca sehingga akan membutuhkan transmisi data dalam jumlah cukup besar. Sama seperti dalam modus internet, tekan * atau # untuk melakukan pembesaran pada peta.

Di layar akan tampil informasi berupa bar warna yang mengindikasikan beberapa hal seperti satu bar berarti satu satelit. Jika perangkat mencari sinyal satelit, bar-bar tersebut akan berwarna kuning, dan akan berubah menjadi hijau bila telah memadai untuk menghitung lokasi. Nah, semakin banyak baris hijau ini berarti tingkat keakuratannya semakin baik.

Karena ditujukan untuk kalangan bisnis, tak heran folder Kantor memuat banyak aplikasi, mulai dari kamus, konverter, catatan aktivitas, Microsoft Communicator, Quickoffice (yang mewajibkan Anda untuk mendaftar dahulu), intranet, zip, hingga Adobe PDF, World Traveler, AP Mobile dan Bloomberg, yang merupakan pengumpan ke situs berita pergerakan saham beserta konco-konconya seperti indeks saham, komoditas, obligasi dan valas dari seluruh dunia. AP adalah akronim dari Associated Press, merupakan jaringan berita dunia yang sering menjadi acuan baik berita maupun foto-foto aktualnya.

Ketika menggunakan pertama kali, Anda akan diminta untuk mengisi data seperti usia, jenis kelamin, alamat email (opsional) dan wilayah. Setelah semua entri dimasukkan, perangkat akan mengunduh data-data dari server termasuk foto dan video.

Kebutuhan email pun mampu diakomodir dengan baik lewat fitur push email-nya. Pertama kali menggunakan, Anda akan diminta untuk memilih akun email mana yang ingin disinkronkan dengan ponsel. Ada beberapa yang dapat dipilih seperti OviMail, YahooMail, dan Gmail. Begitu proses konfigurasi berhasil, Anda akan terhubung secara realtime selama akses internet tersedia, baik via jaringan operator maupun WLAN. Bahkan inbox alias kotak masuk Anda dapat tampil di Home Screen.

Klik gambar di bawah untuk membeli ponsel ini:



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

2 comments to “Nokia E5, review Internet dan Fitur lainnya”

good review..lovely phone....incredible price for 5mp camera,3g,wlan,full qwerty,32Gb expandable,gr8 battery life, 600 Mhz processor. I am Thinking to buy it...

Nokia Hindi said...
on 

Maaf . Saya barusan mendapat hadiah berupa hape nokia e5, tapi saya kenemui kendala karena panggilan keluar masuk/miscall g dpt saya tampilkan. Jadikalau ada no baru atau yg sudah ke simpen ttp g bisa saya ketahui. Dan

Tour & travel said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.