Adu ponsel kelas menengah, Wave 533 melawan Nokia X5


Ads:

Nokia sudah terkenal dengan kualitas perangkat kerasnya sementara untuk urusan sistem operasi tampak Symbian sudah masuk ke dalam taraf membosankan. Sedang Wave 533 yang dibekali dengan sistem operasi anyar Samsung Bada menawarkan pengalaman baru berponsel walaupun pada beberapa sisi masih terasa mirip Android.

Internet Fitur Internet pada kedua ponsel memiliki kelebihannya masing-masing. Berselancar di dunia maya menggunakan browser X5 cukup memuaskan berkat kecepatan akses data HSDPA yang sudah didukung oleh ponsel ini. Selebihnya, tak ada yang istimewa dari browser bawaan Nokia X5 ini.

Beralih ke Wave 533, pengalaman ber-internet menggunakan browser Samsung Dolphin 2.0 pada ponsel ini lebih atraktif. Browser Wave 533 mendukung lebih banyak fitur ketimbang lawannya, sebut saja multi windows browsing dan multi touch zooming yang membuat kegiatan browsing lebih mengasyikkan.

Soal jaringan yang sebatas mampu berjalan pada jaringan GPRS EDGE, bisa terbantukan dengan fitur wi-fi jika Anda berada pada area hotspot. Fitur wifi juga tersedia pada Nokia X5.
Selain browser, kedua ponsel menyediakan berbagai aplikasi berbasis Internet seperti Facebook, Twitter dan Youtube.

Kamera
Seperti yang pernah disampaikan CEO Apple Inc., Steve Jobs, pada event tahunan Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2010 yang lalu, bahwa ketika berbicara tentang fotografi, besaran megapixel bukanlah segalanya, masih banyak faktor lain yang menentukan kualitas hasil foto, diantaranya kualitas sensor dan software yang berjalan.

Berangkat dari hal tersebut, rasanya tidak ada salahnya untuk membandingkan fitur kamera kedua ponsel. X5 dipersenjatai kamera 5 megapixel yang dilengkapi dengan LED flash. Tersedia 7 pilihan scene mode yang bisa disesuaikan dengan keadaan sekitar objek foto. Di samping itu tersedia fitur self timer dan sequence mode dimana pengguna bisa melakukan pengaturan agar kamera menangkap serangkaian gambar secara berurutan.

Sedikit di bawah X5, Wave 533 hanya dibekali kamera 3.2 megapixel tanpa lampu flash. Wave 533 juga menyediakan pilihan scene mode yang jumlahnya sedikit lebih banyak yaitu 12 buah. Selain scene mode, Wave 533 juga memberikan 6 pilihan shooting mode, diantaranya single, smile shot, continuous, panorama, mosaic.dan frame. Keberadaan tombol fisik shutter kamera juga menjadi poin tersendiri bagi kamera Wave 533.

Fitur Lain
Selain fitur berbasis internet yang sudah disebutkan sebelumnya, kedua ponsel juga diperkaya berbagai fitur yang terbilang tidak biasa.
Pada Samsung Wave 533 misalnya, tersedia fitur Social Hub yang mengintegrasikan email dan fitur jejaring sosial secara terpadu. Untuk menambah atau mengubah informasi akun yang terhubung dengan Social Hub, pengguna dapat mengakses aplikasi My Accounts.

Untuk menambahkan berbagai aplikasi ke dalam Wave 533, Samsung juga menyediakan Samsung Apps yang fungsinya berbeda dengan milik ponsel Android ketuaran Samsung. Pada pasar aplikasi ini tersedia berbagai pitihan aplikasi untuk sistem operasi Bada yang digunakan Wave 533.
Sedang X5 menyediakan aplikasi Quick Office yang berperan sebagai pengganti software Microsoft Office yang biasanya berjalan pada PC. Disamping itu X5 juga memberi bonus 4 aplikasi games yang cukup bermanfaat untuk menghabiskan waktu.

Audio Video
Untuk fitur hiburan, kedua ponsel juga ditanamkan pemutar video dan musik. Pemutar video Samsung tersedia secara tersendiri, sementara untuk memutar video pada X5 pengguna dapat memutar melalui gallery.

Selain pemutar musik, pada pilihan menu musik nokia X5 pengguna juga dapat menemukan berbagai fitur yang berhubungan dengan musik, seperti Shazam yang berfungsi untuk mencari tag (informasi judul, penyanyi, album dan lainnya) dari sebuah tagu dan Playlist DJ yang akan memudahkan pengguna untuk membuat playlist secara otomatis mengikuti suasana hati. Selain fitur yang sudah disebutkan tersedia juga pilihan internet radio, podcast, recorder dan music search.

Pada pemutar musik milik X5, terdapat pilihan pengaturan standar seperti equalizer, shuffle, dan repeat. Sedang interfacenya sama seperti ponsel Symbian kebanyakan yang menampilkan panel kontrol dan detail tagu. Berbeda dengan tampilan pemutar musik X5, milik Samsung Wave 533 sedikit lebih atraktif dengan tampitan equalizer yang menjadi foreground dari album art musik yang sedang diputar. Tersedia pula fitur sejenis Shazam yang terintegrasi dengan pemutar musik. Fitur ini bisa diakses dengan menggeser ke atas atau menyentuh tombol virtual bergambar tiga titik yang terletak di bagian bawah layar, kemudian pitih 'music recognition'.

Selanjutnya...



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Adu ponsel kelas menengah, Wave 533 melawan Nokia X5”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.