Nokia 500, ponsel Symbian dengan OS Anna


Ads:

Nokia 500Nokia bisa jadi merasa tertinggal dalam melakukan revolusi pada smartphonenya. OS Symbian yang sudah menjadi trademarknya, telah diperbaiki dengan update bernama Anna. Bersama rumor bahwa Anna akan digantikan oleh update berkode Belle dan sudah diperkenalkannya Nokia Windows Phone Mango, maka Nokia 500 kali ini nampaknya akan menjadi produk Symbian Anna terakhir. Apakah kemudian prosesor 1 Ghz sudah cukup untuk perpisahan ini?

Desain

Nokia 500 masih menggunakan bentuk yang mirip dengan produk touchscreen Nokia sebelumnya. Memanjang dan agak tipis. Yang membedakan adalah lengkungan pada bagian belakang. Inilah yang membuatnya terasa nyaman digenggam. Efek nyaman tersebut juga disokong oleh material plastik tebal bertekstur dof di bagian belakang.

Nokia 500
Uniknya Nokia memberikan 3 casing belakang dengan warna yang berbeda pada setiap paket penjualan. Jadi kalo Kita bosan tinggal ganti saja dengan warna leinnya. Dari Nokia 500 yang kita test kali ini kita dapatkan casing belakang berwarna Biru, Merah dan Hitam.

Nokia 500
Ukuran layar masih sama dengan Nokia sebelumnya, yang membedakan adalah backlight cahayanya terbilang lebih cerah. Pancaran warna tampilannya memanjakan mata saat digunakan untuk menonton tv atau browsing. Tapi sayang di luar ruangan pancaran ini harus diatur kembali lebih maksimum supaya lebih terlihat.

Koneksi dan Internet

Saat masuk dalam jaringan maksimal HSDPA atau wifi stabil, koneksi Nokia 500 terbilang menjanjikan. Kamampuan browsing jadi terasa lebih baik. Dukungan lainnya juga akan Kita dapatkan saat menggunakan koneksi lainnya juga dapat berfungsi dengan baik dan sempurna.

Multimedia

Symbian tidak pernah mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan music player. Karena pada fitur ini bisa dibilang kemampuannya sangat maksimal. Apalagi Nokia berpengalaman dalam pengemasan tampilan yang lebih user friendly.
Namun ketidak seriusan Nokia bisa dilihat dari kemampuan video player. Karena meski di Nokia 500 belum mampu memutar file yang lebih besar atau berukuran HD dengan resolusi 720p.

Aplikasi Sosial

Integrasi jejaring sosial Facebook dan Twitter malalui aplikasi Social App. Mampu mempermudah pengguna dalam mengupdate status. Selain mudah digunakan, interfacenya juga mudah melampirkan foto atau video yang bisa langsung diposting langsung sesaat setelah Kita mengambil foto/Video. Kemampuan yang sama juga dapat dilakukan pada twitter. Jika masih kurang Kita dapat menambahkan aplikasi lainnya yang bisa download dan Install dari Ovi Store dengan menggunakan akun Ovi.

OS dan Interface

Penggemar Symbian mungkin sudah antusias menanti Nokia 500 dengan dukungan OS Belle. Sayangnya mereka harus kecewa. Pasalnya 500 masih membawa Symbian Anna untuk penjualan saat ini. Belle dijanjikan akan hadir di akhir tahun, sebagai OS native Nokia 500 produksi saat itu dan sebagai update software bagi pengguna Nokia 500 yang membelinya saat ini.

Nokia 500
Kehadiran prossesor 1GHz pada Symbian Anna sedikit banyak bisa dirasakan saat mengakses menu, itupun tidak begitu signifikan. Sementara untuk tampilan interfacenya sendiri Symbian Anna memiliki tiga panel yang dapat diisi dengan widget sesuai keinginan. Tetapi sayang sangat terbatas. Anda tidak dapat menambahkannya lebih dari tiga panel.

Kamera

Nokia melakukan blunder saat mengurangi fitur autofocus pada kamera Nokia 500, meskipun sudah menggunakan kekuatan resolusi yang cukup baik. Hal ini berimbas pada hasil foto yang masih memperlihatkan terlihat noise. Parahnya lagi dengan ketiadaan lampu Flash LED, membuat Kita tidak bisa menggunakan kamera diruang yang gelap.
Beruntung Nokia masih memasukan fitur face detection dan geotagging, yang memungkinkan Kita merekam lokasi foto yag diambil dengan menggunakan bantuan built-in GPS. Selain itu kamera ini masih dapat digunakan untuk merekam video Nokia 500 hanya menyediakan shortcut pengambilan foto, tombol switching untuk camcorder dan pengaturan zoom digital. Pengaturan Iainnya dapat mengatur ISO brightness, White Balance, Tone color dan Exposure.
Kemampuan kamera Nokia 500 memang terbilang standar namun Kita dapat memunculkan fitur dan pengaturan Iainnya untuk berkreasi dengan kamera. Untuk memunculkan pilihan fitur dan pengaturan kamera, Kita dapat mengaksesnya melalui menu option.

Ovi Maps

Unggulkan fitur Ovi Maps, 500 sangat percaya diri dengan fitur ini. Dengan built-in GPS receiver, penangkapan dan menguncian satellite GPS pada lokasi bisa lebih cepat. Saat ditest Ovi Maps mampu menangkap lokasi dalam durasi dua menit.
Melalui dukungan Ovi Maps 3.06, kemampuan navigasi, dan pets menjadi lebih tepat. Apalagi dapat diakses secara gratis tanpa harus terkoneksi dengan Internet, jika Kita sudah mendownloadnya.

Prosesor memang disematkan dengan kecepatan yang lebih baik, namun jika dibandingkan dengan ponsel sebelumnya kecepatan ini tidak begitu terasa. Yang mengecewakan adalah hasil Kameranya yang masih kurang sempurna. Namun beruntung nokia punya Ovi Maps yang memiliki kemampuan sempurna.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Nokia 500, ponsel Symbian dengan OS Anna”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.