Remote PC menggunakan Handphone GPRS


Ads:

Dengan menggunakan handphone yang mempunyai fasilitas GPRS dapat mengendalikan PC dari jarak puluhan kilometer bahkan dimana pun berada tetap bisa mengontrol PC yang letaknya di belahan bumi lain, selama tercakup jaringan internet.

Adalah Remote Desktop for Mobile sebuah aplikasi. Berbasis Java (J2ME) yang didesain untuk handphone ber-GPRS. Aplikasi ini memungkinkan untuk mengakses desktop komputer, menggerakkan muse serta menjalankan fungsi perintah keyboard, dari sebuah handphone.

Software tersebut dapat didownload di www.desktopmobiles.com. Software ini memiliki dua bagian:
1. Modul Server. Software server ini di-instal di PC. Untuk bisa berkomunikasi lewat internet, modul server menggunakan koneksi TCP/IP. Remote Desktop for operasi Windows 98/NT 4.0/2000/2003 dan XP

2. Modul Klien. Softwarenya di-install di handphone. Software ini juga digunakan di handphone berbasis Java MIDP 1 dan MIDP 2, dengan besar file tidak lebih dari 2 MB.

Selanjutnya ikuti langkah berikut :
1. Instal software klien berektensi. Jar di handphone, dan software server berekstensi .exe di PC
2. Pastikan setting GPRS handphone sudah benar. Settingan ini sedikit perbedaan dengan yang biasa dilakukan untuk mengakses WAP. Kali ini, APN-nya (Access Point Name) menggunakan internet APN dan bukan WAP APN. Berikut cara setting internet APN di beberapa handphone :
- Nokia seri 60 (6600, 6620, 7610,dan lain-lain), seri 80 (9300/i dan 9500) untuk membuat mengakses point internet, harus menggunakan 0.0.0.0 pada gateway IP address.

Caranya, masuk ke menu ‘Setting’> ‘Connection’> “Access point’> isi dengan internet. Setelah itu, gateway IP address diset menjadi 0.0.0.0 untuk operator.

- Pada beberapa tipe handphone Motorola, aplikasi internet Java membutuhkan profil khusus “Java Session” untuk koneksi jaringannya Profil WebSession lagi dengan menggunakan nama Java Application., caranya, pilih “Menu’> “ Web Acces’> ‘web Session’> new Entry’ dan beri nama baru:” Java Session”. Kemudian setting Service Types menjadi’ HTTP’, dan masukkan internet APN sesuai dengan operator yang digunakan. Jika akses ke server masih gagal, masukkan alamat DSN IP.

- Konfigurasi Java beberapa tipe handphone Sony Ericsson, sudah bisa diset di awal setting profil internet. APN harus diset menjadi internet akses poin, bukan APN milik WAP atau MMS. Setiap APN memiliki identitas yang unik yang biasa disebut CID. Nah untuk mengganti APN, masuk ke menu ‘Connectivity’ >’Data comm’> ‘Data account’ (APN Name).
Aplikasi Java akan selalu terhubung dengan CID=1, jadi jika settingan APN yang terhubung dengan CID=1 ternyata bukan merupakan GPRS/akses poin internet, Buatlah satu APN yang baru dengan menggunakan APN internet.

3. Setelah melakukan setting GPRS, bisa langsung melakukan tes, server tes ini sudah disediakan, caranya:
- Jalankan aplikasi Remote Desktop
- Is format “Address” untuk menentukan alamat server, user name (nama pengguna) dan
Passwordnya.Server address=zzzmobiles.comUser
name = test Password = kosongkan / tidak diisi)
Selanjutnya simpan, (klik tombol ‘More’ pilih ‘Save’)
- Klik ‘More; pilih ‘Connect’, setelah terhubung dengan server akan muncul informasi seperti gambar berikut.
- Untuk mengakses desktop server, klik ‘More’ pilih desktop. Tampilan yang terlihat adalah desktop for mobiles. Selanjutnya bisa mencoba untuk menggerakkan mouse.

Untuk bisa menikmati layanan ini, harus melakukan registrasi terlebih dahulu, dan tentunya ada sejumlah uang yang harus dibayar. lalu setting servernya sebagai berikut :
1. Jalankan software ‘Remote desktop for mobiles’ di PC

2. Akan muncul jendela seperti di bawah ini. Pada sub jendela ‘server’ klik tombol ‘start’.

3. Klik sub jendela ‘ Account’ untuk mengisi nama pengguna (user name) dan kata kuncinya (password)

4. Klik ‘add’, untuk memasukkan Account. Isi username, password dan confirm password, setelah selesai klik ‘OK’.

5. Dari handphone, aktifkan aplikasi remote Desktop

6. Buat account baru, jika sudah ada account, klik ‘More’ dan pilih ‘ New Address’, kemudian isi form ini sebagai berikut
Server Address = zzzmobiles.com
User name = username (sama dengan user name yang isi pada setingan server PC)
Password = xxxxx ( sama dengan yang diisi pada saat setingan server PC)

7. Simpan setingan account tadi kemudian klik ‘More’ dan pilih ‘Connect’ untuk mulai mengakses PC.

Kelebihan software ini bisa untuk mengkopi file dari PC ke handphone, bisa menjalankan fungsi file manager, menonaktifkan komputer dari mana saja. Dan perlu diketahui, PC tersebut bisa diakses selama PC terhubung dengan internet dan handphone terhubung dengan internet melalui GPRS.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

2 comments to “Remote PC menggunakan Handphone GPRS”

merk hp yg sudah suport apa aja yach klw ada sich yg murah ,he,he

pulsa said...
on 

Semua ponsel java tentunya bisa menggunakannya

Anonymous said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.